Sirine Peringatan Tsunami di Kota Pariaman, Yunaidi: Dua Berfungsi, Satu Rusak Parah 


Jumat, 03 Januari 2020 - 14:55:01 WIB
Sirine Peringatan Tsunami di Kota Pariaman, Yunaidi: Dua Berfungsi, Satu Rusak Parah  Sekretaris BPBD Kota Pariaman, Yunaidi. (TRISNALDI)

PARIAMAN,HARIANHALUAN.COM-Dua dari tiga sirine, alat pendeteksi peringatan dini Tsunami yang rusak berat di Kota Pariaman sudah diperbaiki, dan kini sudah berfungsi kembali.

 "Cuma satu sirie yang tak bisa diperbaiki, karena sudah terlalu parah kerusakanya, akibat dimakan karat dan dihantam badai sudah patah-patah, kata Sekretaris BPBD Kota Pariaman," Yunaidi menjawab harianhaluan.com, Jumat (3/1-2020).

Siriene yang rusak berat itu ada di dekat Nan Tongga Pariaman. Sungguhpun demikian BPBD Kota Pariaman dapat gantinya dua sirene dari BPBD Sumbar.

Dua sirine itu dipasang di dekat stasiun kereta api dan di taluak, tepi pantai. 

"Bantuan itu sudah dipasang,di dekat stasiun kereta api dan Taluak, tepi pantai, jadi total sirene ada 19 unit dalam kondisi baik," kata Yunaidi.

 BPBD Kota Pariaman tahun 2020 menanggarkan Rp4 miliar untuk peningkatan pembangunan dan perawatan alat pendeteksi gempa dan tsunami.

Selain itu, gedung BPBD di Pantai Gandoriah akan direbilitasi atau dibangun baru. Namun karena daerah pariwisata juga akan dibuat posko-posko pengamanan pada sejumlah titik di kawasan pantai tersebut seperti pantai kata dan penyu.(h/tri).

loading...
Reporter : TRISNALDI /  Editor : Dodi

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]