Bupati Hendrajoni Bagikan Ribuan Bibit Manggis di Kambang Utara


Sabtu, 04 Januari 2020 - 10:06:31 WIB
Bupati Hendrajoni Bagikan Ribuan Bibit Manggis di Kambang Utara Bupati Hendrajoni mekakukan penanam perdana bibit manggis di Lubuk Sariak Nagari Kambang Utara, Sabtu (4/1/2020) M JONIPessel ( M Joni)

PAINAN,HARIAN HALUAN.COM. Bupati Pessel  Hendrajoni menyerahkan sebanyak 3800 batang bibit manggis  kepada petani  Nagari Kambang Utara, Kecamatan Lenggayang Pessel,  kata kabag Humas Pemda Pessel,Sabtu ( 4/12)

Selain itu , bupati juga  melakukan penanaman perdana bibit manggis  di Lubuak Sariak nagari setempat, kegiatan tersebut diikuti Kepala Dinas Pangan Alvis Basir dan sejumlah kepala perangkat daerah, Camat Lenggayang Zoni Eldo, Wali Nagari Kambang Utara Ul Sabri dan tokoh masyarakat setempat.

Menurut Hendrajoni,penebaran bibit manggis   pada lahan pertanian masyarakat, diharapkan nanti tanaman ini bisa sebagai komoditi unggulan daerah,terutama dalam meningkatkan perekonomian masyarakat Nagari Kambang Utara Pessel.

Keberhasilan yang dicapai membutuhkan kerja keras dalan pemeliharaannya,kemudian adanya pembinaan secara kontiniu kepada petani oleh dinas terkait,ulasnya

Saya tidak menginginkan petani giat hanya pada saat melakukan penanaman, tapi setelah itu dibiarkan saja, sehingga bibit menjadi sia sia. Hal ini jelas akan merugikan petani,dan Pemda Pessel.

Menurutnya, sektor pertanian dan perkebunan  merupakan bagian dari prioritas pembangunan untuk meningkat perekonomian masyatakat Pesisir  Selatan.

Sementara itu,Kepala Dinas Pangan Pesisir Selatan Alvis Basir menjelaskan, sebanyak 3800 batang tersebut, 3500 batang  berasal dari bantuan Balai Penelitian Buah Sumbar dan sisanya 300 batang dari Dinas Pangan provinsi Sumbar.

Penanaman bibit manggis merupakan keinginan masyarakat Nagari Kambang Utara yang juga sebagai  nagari mandiri pangan Pesisir Selatan dengan  memilih komoditi    manggis sebagai produk unggulannya.

Wali Nagari Kambang Utara, UL Sabri mengungkapkan, masyarakat sudah sepakat untuk mengganti sawit dengan manggis dan durian.

Tingginya antusias masyarakat menebarkan bibit sawit dan durian cukup beralasan, selama ini sebagai faktor memicu keringnya sumber air di nagari setempat,air juga merupakan kebutuhan kehidupab masyakat(*)

Reporter : M JONI /  Editor : DODI NJ

Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Ahad, 05 April 2020 - 14:58:03 WIB

    Bupati Pasbar Serahkan Bantuan Pangan untuk 600 KK

    Bupati Pasbar Serahkan Bantuan Pangan untuk 600 KK PASAMAN BARAT, HARIAN HALUAN.COM-- Bupati Pasaman Barat (Pasbar), Yulianto serahkan bantuan Sosial Pangan, Program Sembako 2020 Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar) kepada 600 Kepala keluarga di Jorong Tanjung Beruang, Nagari Kaj.
  • Sabtu, 28 Maret 2020 - 18:37:57 WIB

    Bupati Pessel Apresiasi Tenaga Medis Tangkal Virus Corona

    Bupati Pessel Apresiasi Tenaga Medis Tangkal Virus Corona PAINAN, HARIANHALUAN.COM -- Bupati Pesisir Selatan, Hendrajoni mengapresiasi upaya tenaga medis serta relawan yang bekerja secara maksimal di daerah setempat guna meminimalisir paparan virus corona atau COVID-19..
  • Sabtu, 28 Maret 2020 - 18:17:36 WIB

    Bupati 50 Kota: Posko Penanganan Corona di Perbatasan Itu Kewenangan Provinsi

    Bupati 50 Kota: Posko Penanganan Corona di Perbatasan Itu Kewenangan Provinsi LIMAPULUH KOTA, HARIANHALUN.COM -- Pro kontra terhadap adanya penghentian pengoperasian posko penanganan Covid-19 di perbatasan Sumbar-Riau, mendapat tanggapan langsung dari Bupati Limapuluh Kota, Irfendi Arbi..
  • Selasa, 24 Maret 2020 - 12:34:07 WIB

    Bupati Pasaman Wajibkan SOPD Siapkan Cairan Antiseptik Pembersih Tangan

    Bupati Pasaman Wajibkan SOPD Siapkan Cairan Antiseptik Pembersih Tangan PASAMAN, HARIANHALUAN.COM -- Bupati Pasaman, Yusuf Lubis mewajibkan seluruh Satuan Organisasi Perangkat Daerah (SOPD) di daerah itu, untuk menyiapkan fasilitas cuci tangan serta cairan pembersih tangan steril. Dia mengatakan,.
  • Kamis, 19 Maret 2020 - 20:03:11 WIB

    Wabah Corona, Bupati Dharmasraya Rumahkan Siswa Selama 14 Hari

    Wabah Corona, Bupati Dharmasraya Rumahkan Siswa Selama 14 Hari DHARMASRAYA, HARIANHALUAN.COM -- Akhirnya Bupati Dharmasraya, Sutan Riska Tuanku Kerajaan memutuskan untuk merumahkan anak-anak sekolah dengan instruksi bupati No 425.1/519/disdik-2020, mulai 20 Maret hingga 02 April 2020. Ha.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM