BNPB Surati Seluruh Kepala Daerah, Ada Bahaya Banjir?


Sabtu, 04 Januari 2020 - 11:21:44 WIB
BNPB Surati Seluruh Kepala Daerah, Ada Bahaya Banjir? Ilustrasi

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Doni Monardo mengatakan setiap daerah perlu meningkatkan upaya kesiap-siagaan terhadap musim hujan, mengingat hingga Februari diperkirakan akan turun hujan.

Menurutnya masih diperlukan kesiapsiagaan di seluruh daerah. Bahkan Presiden Joko Widodo berpesan kepada seluruh pemimpin di daerah agar dapat berkolaborasi dengan pemerintah pusat dan TNI/POLRI serta relawan, untuk menjadi suatu kekuatan dalam upaya pencegahan dan kesiapsiagaan agar mengurangi korban jiwa.

BNPB pun telah memberikan surat edaran kepada gubernur dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) se-Indonesia tentang pengurangan risiko bencana dan kesiapsiagaan menghadapi musim hujan 2019 -2020.

Merujuk pada prakiraan cuaca dari BMK, BNPB sebelumnya juga telah mengadakan rapat kordinasi penanganan darurat bencana banjir, tanah longsor dan angin puting beliung pada selasa 17 Desember 2019 di Graha BNPB Jakarta yang dihadiri oleh seluruh kepala pelaksana BPBD, Polda dan Danrem seluruh Indonesia serta Kementerian/Lembaga terkait. Hal itu untuk mengantisipasi potensi bencana yang disebabkan oleh hujan.

Mengutip laman setkab.go.id, Doni Monardo juga mengimbau kepada masyarakat dan perangkat daerah yang rumahnya berada di sepanjang aliran sungai dan berisiko banjir bandang untuk segera mengevakuasi diri.

"Jadi masyarakat di sepanjang aliran sungai yang berisiko menjadi korban banjir bandang untuk mengevakuasi diri ke tempat lebih aman, serta ketegasan kepala daerah tingkat desa dan lurah mengingatkan ke masyarakatnya agar tidak berada ditempat yang sangat berisiko, karena bisa saja hujan terjadi di hulu bukan di tempat mereka, namun mereka mereka bisa terkena aliran deras dari hulu," kata Doni.

 Sumber : CNBC /  Editor : NOVA

Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Sabtu, 14 Maret 2020 - 19:17:49 WIB

    Selain Pandemi, BNPB Tetapkan Corona Bencana Nasional Non Alam

    Selain Pandemi, BNPB Tetapkan Corona Bencana Nasional Non Alam JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -- Badan Kesehatan Dunia atau WHO telah menyatakan virus corona Covid-19 sebagai pandemi. Menindaklanjuti hal ini, pemerintah juga menyatakan masalah virus corona sudah menjadi bencana nasional non a.
  • Selasa, 31 Desember 2019 - 08:57:09 WIB

    BNPB: Waspada Gempa Disusul Tsunami Tahun 2020

    BNPB: Waspada Gempa Disusul Tsunami Tahun 2020 JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) meminta masyarakat mewaspadai jenis bencana geologi seperti gempa bumi disusul tsunami dan jenis bencana vulkanologi seperti erupsi gunung api pada kuru.
  • Rabu, 25 Desember 2019 - 19:25:59 WIB

    BNPB Sebut Sumbar Status Waspada Banjir

    BNPB Sebut Sumbar Status Waspada Banjir JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyebut sejumlah wilayah berpotensi terdampak banjir. Hal ini berdasarkan peta prakiraan berbasis dampak hujan lebat di Tanah Air..
  • Kamis, 12 Desember 2019 - 07:22:07 WIB

    Musim Pancaroba, BNPB Imbau Waspada Bencana

    Musim Pancaroba, BNPB Imbau Waspada Bencana JAKARTA, HARIANHAALUAN.COM - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mengingatkan masyarakat agar waspada terhadap potensi bencana banjir, angin puting beliung, dan tanah longsor memasuki musim hujan dan pancaroba..
  • Sabtu, 14 September 2019 - 16:33:05 WIB

    Panglima TNI dan Kepala BNPB Rapat Tertutup dengan Bupati/Walikota di Riau

    Panglima TNI dan Kepala BNPB Rapat Tertutup dengan Bupati/Walikota di Riau PEKANBARU, HARIANHALUAN.COM – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau melakukan rapat koordinasi penanggulangan dan pencegahan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) Riau, di Gedung Daerah Pekanbaru, Sabtu (13/9/2019)..
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM