Tahun Baru, Harga Kebutuhan Pokok Merangsek Naik


Sabtu, 04 Januari 2020 - 15:13:56 WIB
Tahun Baru, Harga Kebutuhan Pokok Merangsek Naik Situasi pasar di Pasar Nagari Campago Kampung Dalam Kabupaten Padang Pariman, pada hari balai atau hari pasar, Sabtu (4/1). (Trisnaldi)

PADANG PARIAMAN, HARIANHALUAN.COM -- Harga sejumlah kebutuhan bahan pokok seperti cabai merah, minyak goreng dan gula pasir mengalami kenaikan dari harga biasa. 

Pantauan harianhaluan.com di Pasar Nagari Campago Kampung Dalam Kabupaten Padang Pariaman pada hari balai atau hari pasar, Sabtu (4/1), harga cabai merah mencapai angka Rp55 ribu per kilonya.

Begitupun dengan harga gula pasir saat ini  Rp14 ribu per kilo, dimana sebelumnya Rp13 ribu per kilo. Harga minyak goreng pun naik dari Rp11 ribu menjadi Rp12.500.

Menurut St. Eri, pedagang PMD di Pasar tersebut, kenaikan harga gula pasir dan minyak goreng itu sudah sejak seminggu yang lalu.   

Namun, bagi Jon, seorang penjual bawang, cabai, seledri dan sejumlah kebutuhan harian pada hari balai tersebut di pasar Nagari Campago Kampung Dalam mengatakan, kenaikan harga  kebutuhan harian karena petani banyak gagal panen lantaran cuaca.

"Seperti tanaman cabe, karena hari sering sekali hujan, buah cabe yang masih mudapun sudah jatuh ke tanah, jadi panen jauh dari maksimal, bahkan petani ada yang gagal panen," kata Jon. 

Begitu juga dengan sejumlah harga kebutuhan harian atau sembako lainnya di Pasar Nagari tersebut. Mulai dari bawang merah Rp30 ribu per kilo sebelumnya Rp20 ribu sampai Rp23 ribu per kilo.

Kemudian, bawang putih dari Rp25 ribu pwr kilo naik menjadi Rp28 ribu per kilo. Tomat Rp10 ribu per kilo dari sebelumnya Rp5.000 per kilo. Lalu, bawang prei Rp14 ribu per kilo dari sebelumnya Rp10 ribu per kilo.

Harga seledri juga mengalami kenaikan dari Rp5.000 per kilo menjadi Rp15 ribu per kilo. Cabe merah Rp55 ribu per kilo, sebelumnya Rp35 ribu per kilo.   

Cabai rawit pun menjadi Rp40 ribu per kilo daei sebelumnya Rp32 ribu per kilo, sedangkan beras lokal masih stabil di angka Rp12 ribu per kilo

Gula pasir Rp14 ribu per kilo sebelumnya hanya Rp13 ribu per kilo. Minyak goreng curah juga ikut naik menjadi Rp12.500 per kilo dari sebelumnya Rp11 ribu per kilo.   

Sementara, harga telur ayam ras 1 papan Rp43 ribu dari sebelumnya Rp38 ribu.  Harga kacang tanah turun dari Rp26 ribu per kilo menjadi Rp23 ribu per kilo.

Untuk harga kacang padi masih stabil,  Rp19 ribu per kilo, Jahe 36 ribu per kilo, lobak putih Rp3.000 per kilo dan bunga kol  atau brokoli Rp10 ribu per kilo. (*)

Reporter : Trisnaldi /  Editor : Agoes Embun

Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM