Wow..! Puncak HUT Dharmasraya Besok Malam Dimeriahkan Dewa Bujana dan Tri Utami


Sabtu, 04 Januari 2020 - 23:27:48 WIB
Wow..! Puncak HUT Dharmasraya Besok Malam Dimeriahkan Dewa Bujana dan Tri Utami Jumpa pers Pers Jelang malam puncak HUT Dharmasraya di Rumah Dinas Bupati Dharmasraya. BADRI

DHARMASRAYA, HARIANHALUAN.COM - Kabar menggembirakan di hari puncak Kegiatan Artevat Kuno Pameran Cagar Budaya Festival Pamalayu. Acara yang sekaligus memeriahkan hari jadi Kabupaten Dharmasraya ke-16 tahun 2020 dimeriahkan penampilan musisi ternama, Dewa Bujana, Trie Utami salah seorang Budayawan, dan Purwa Caraka juga seorang musisi.

Acara yang digelar pada malam puncak, Senin (6/1) itu digelar di Candi Padang Roco, Jorong Sei Lansek, Nagari Siguntur, Kecamatan Sitiung, Kabupaten Dharmasraya. Acara akan isi oleh 

Hal ini di ungkapkan Bupati Dharmasraya Sutan Riska Tuanku Kerajaan, Sabtu (4/1) saat konferensi pers di rumah dinasnya.

Menurutnya, puncak Pamalayu nanti pemerintah Dharmasraya sengaja mengundang beberapa orang musisi dan seorang budayawan untuk mengisi acara dengan musik gendang, suling Borobudur ini bagai mana pemerintah dan masyarakat menyaksikannya nanti perjalanan festival Pamalayu ini.

"Dengan adanya penampilan dari musisi nanti hendaknya kita dapat pengalaman musik tradisional tentang sejarah Pamalayu ini,"ungkap Bupati.

Jelasnya dengan terlaksananya festival Pamalayu itu, hendaknya bisa menguatkan budaya kita di Dharmasraya yang kita cintai ini, dengan tujuan utama supaya anak-anak muda Dharmasraya tau lagi budaya dan musik tradisional masa silam.

Harap Bupati, semoga musisi-musisi yang tampil nantinya bisa meninggalkan ilmu-ilmu yang baik di Kabupaten Dharmasraya. 

“Dengam adanya penampilan musik tradisional nanti oleh musisi bisa hendaknya anak-anak Dharmasraya menggali sejarah lagi,"harap Riska.

Sementara, Purwacaraka, awal sambutannya memberikan apresiasi terhadap Bupati Dharmasraya Sutan Riska Tuanku Kerajaan, dimana Bupati sangat konsen sekali terhadap kebudayaan.
“Semoga festival Pamalayu ini hendaknya berkelanjutan nantinya jangan berhenti sampai disini saja," ujar Purwacaraka.

Selain itu, kata Tri Utami, sengaja diangkat kesenian Borobudur karena spiritnya sama dengan Kabupaten Dharmasraya. Dharmasraya sudah dinobatkan kota malayu dari dulu kala, dan ini menjadi penting sejarah untuk diingat oleh generasi masa depan.

Menurutnya, di Candi pulau sawah Jorong Siluluk, Nagari Siguntur, banyak hal yang bisa dibicarakan tentang peradaban, ekspedisi Pamalayu, ekspedisi sayang, dan semua ini sudah ada dan kembali ke Dharmasraya dengan menghidupkan lagi musik-musik tradisional. (*).

loading...
Reporter : Badri /  Editor : DavidR
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]