Tabuh Genderang Perang Lawan Iran, Trump Didemo di AS


Ahad, 05 Januari 2020 - 09:20:09 WIB
Tabuh Genderang Perang Lawan Iran, Trump Didemo di AS Donald Trump

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Amerika Serikat (AS) menabuh genderang perang dengan Iran. Negeri Paman Sam itu menyerang sebuah kawasan di dalam Bandara Internasional Baghdad, Irak, dengan pesawat tak berawak, Jumat lalu.

Peristiwa ini berujung pada tewasnya pemimpin militer Iran, Qasem Soleimani. Aksi ini pun membuat ketegangan terutama AS dan Iran memuncak.

AS mengatakan serangan tersebut merupakan balasan pada Iran, yang membiarkan kelompok Hizbullah menyakiti warga AS di Irak. Bahkan Pentagon menegaskan serangan sesuai dengan instruksi Presiden AS Donald Trump.

Meski demikian, publik AS banyak mengkritik langkah tersebut. Bahkan dari dalam negeri, sebagaimana dilaporkan AFP, Presiden AS Donald Trump "banjir" demo dari masyarakat.

Di luar Gedung Putih di Washington DC, setidaknya sekitar 200 demonstran berkumpul dan meneriakkan tuntutan. Diantaranya "No War on Iran (jangan ada perang di Iran) dan "No Justice, No Peace, US out of the Middle East (Tak ada keadilan, tak ada perdamaian, AS keluar dari TImur Tengah)".

Menurut salah satu pendemo, perang adalah hal yang tak berguna. Kami tidak akan membiarkan negara kami menjadi pemimpin sebuah perang tak berguna lainnya," kata salah seorang pendemo.

Selain itu, pengunjuk rasa juga meneriakkan soal pengalihan isu yang tengah dilakukan Trump. Sebagaimana diketahui, Trump tengah berkutat dengan isu pemakzulan di dalam negeri.

"Butuh pengalihan? Mulailah perang," tulis seorang demonstran bernama Sam Cook.

"Negara ini berada di dalam genggaman seseorang yang secara mental tidak stabil, Saya jelas mengatakan Donald Trump, demikianlah. Dia tak beres di dalam kepalanya," katanya.

Bukan hanya di Washington saja, demonstrasi juga digelar di 70 kota lain di Amerika. Di kota New York, para demonstran berkumpul di Times Square. Mereka menuntut penarikan mundur 5.000 tentara AS dari Irak.(*)

 Sumber : CNBC /  Editor : NOVA

Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM