Banjir Jakarta, Anies Klaim 85 Persen Air Bisa 'Ditaklukkan'


Ahad, 05 Januari 2020 - 10:41:03 WIB
Banjir Jakarta, Anies Klaim 85 Persen Air Bisa 'Ditaklukkan' Anies Baswedan

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan turun ke salah satu kawasan terdampak banjir di Kampung Makassar, Jakarta Timur, Minggu (5/1) pagi. Dalam aktivitasnya, Anies melakukan kegiatan kerja bakti dan mengajak serta seluruh masyarakat.

Sebelum melakukan kerja bakti, Anies memberi pengarahan kepada petugas dan jajarannya. Dalam arahannya tersebut, ia menyebutkan ratusan Rukun Warga (RW) terendam banjir.

Dari total 742 RW di Jakarta, Anies mengklaim berhasil menyelamatkan sebagian besar wilayah Jakarta dari banjir.

"Ada 390 RW yang terendam. 85 persen, alhamdulilah bisa kami kendalikan airnya," kata Anies di kutip dari siaran langsung media sosial Instagram Anies @aniesbadwedan, Minggu (5/1).

Karena itu, hari ini Anies mengajak seluruh jajarannya untuk membersihkan 15 persen kawasan yang tersisa dampak banjir. Ia meminta kegiatan ini bukan dipandang sebagai ajang seremonial belaka, namun penuh makna solidaritas.

"Untuk itu, kita mau kerja, mau bersihkan, mau menunjukkan solidaritas kepada saudara kita yang kemarin mengalami bencana banjir. Ini bukan soal kerja pemerintah saja," ungkap dia.

"Pemerintah TNI dan Polri bisa mengerahkan jajaran untuk bekerja. Tapi kenapa kita tidak mengajak seluruh rakyat kita untuk gerakan bersama, Jakarta kita perbaiki sama," imbuh Anies.

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan ini juga menambahkan giat kerja bakti ini dimaksudkan agar seluruh masyarakat memiliki rasa kepedulian. Ia berharap agar kegiatan ini bisa mempercepat pemulihan fisik di ibu kota.

"Kita turun tangan langsung bukan panggil orang lain untuk turun tangan. Insyaallah ini mempercepat pemulihan. Tidak hanya secara fisik tapi juga semangat karena semua sebagai saudara sekota," tutup dia.

Diketahui, akibat hujan deras sejak 31 Desember 2019 malam hingga 1 Januari 2020 pagi mengakibatkan banjir di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi (Jabodetabek) serta ribuan orang harus mengungsi.(*)
 

 Sumber : cnnindonesia /  Editor : NOVA

Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM