Mau Beli Rumah Bebas Banjir? Ini Tipsnya


Ahad, 05 Januari 2020 - 12:15:04 WIB
Mau Beli Rumah Bebas Banjir? Ini Tipsnya Ilustrasi

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Di musim hujan seperti sekarang ini, memilih hunian yang bebas banjir biasanya jadi pertimbangan penting. Ada sejumlah hal yang harus diperhatikan dalam memilih hunian yang tak rawan banjir.

Pengamat properti dari Savills Indonesia Anton Sitorus mengatakan, banjir merupakan bencana alam yang sulit ditebak. Menurutnya, tak ada lokasi perumahan yang bisa dijamin bebas dari banjir.

"Sekarang kadang-kadang bingung, ada juga lokasi yang sebelumnya nggak pernah banjir, terus kemudian kemarin banjir. Itu juga kan enggak bisa ditebak," kata Anton kepada detikcom, Sabtu (4/1/2020).

Yang bisa dilakukan para pencari rumah, kata Anton, adalah melakukan riset sebanyak-banyaknya mengenai rumah yang hendak dibeli. Hal ini penting dilakukan untuk mengetahui apakah lokasi rumah bebas banjir atau tidak.

"Jadi dipelajari daerah-daerah mana yang rawan banjir, kalau hujan besar airnya susah surut. Itu mesti kumpulkan informasi. Kemudian disesuaikan dengan kebutuhannya dia. Kalau dia ingin lokasi di mana, ya itu disesuaikan terhadap kondisi rawan banjir atau tidaknya," jelasnya.

Selain itu, tambah Anton, calon pembeli juga harus memperhatikan kondisi pengembang perumahan. Yang harus diperhatikan ialah bagaimana cara pengembang mengatasi banjir di perumahannya.

"Mesti dibedakan dengan daerah-daerah yang establish dengan daerah-daerah yang baru. Kalau yang baru tentu pengembang harus memperhatikan. Dan pembeli juga harus tahu," katanya.

"Contohnya dulu Jakarta Green City, itu kan daerah banjir. Tapi pengembangnya punya strategi bikin danau besar untuk nampung air. Jadi cara-cara seperti itu, dan pembelinya juga harus jeli. Cari informasi," tuturnya.(*)

 Sumber : detik.com /  Editor : NOVA

Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM