Disdukcapil Pasbar Luncurkan Aplikasi Android


Ahad, 05 Januari 2020 - 13:32:41 WIB
Disdukcapil Pasbar Luncurkan Aplikasi Android Bupati Pasbar Yulianto didampingi oleh Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Pasaman Barat Yulisna ketika peluncuran aplikasi Android. Osniwati

PASBAR, HARIANHALUAN.COM - Pemerintah Kabupaten Pasaman Barat dihari jadi ke 16 telah meluncurkan aplikasi kependudukan berbasis Android (Dukcapil Prima Mobile/DPM). Aplikasi berbasis Android untuk memudahkan masyarakat mengurus dokumen kependudukan melalui dunia digital.

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Pasaman Barat Yulisna menyampaikan bahwa aplikasi DPM sudah diluncurkan pada 3 Januari 2020 oleh Bupati Pasbar Yulianto.

Inovasi aplikasi berbasis android yang sengaja dihadirkan untuk memudahkan masyarakat dalam mengurus dokumen kependudukannya dengan fitur yang tersedia yakni cek blanko KTP, cek status KTP-el, urus Perubahan KK, urus Akta Kelahiran, urus Akta Kematian, urus pindah domisili, cek anggota keluarga, laporan pengaduan, indeks kepuasan masyarakat, Informasi persyaratan dokumen.

"Sesuai dengan kebutuhan masyarakat saat ini yang sudah mulai dengan teknologi, kita sebagai pelayan masyarakat juga akan mengikuti perkembangan zaman yang sudah dunia digital," papar Yulisna.

Selain itu, peluncuran aplikasi android ini juga sesuai dengan Perpres no.19 Th 2018 tentang Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik dan Permendagri No.7 Tahun 2019 tentang Pelayanan Adminduk secara Daring atau Dalam Jaringan.

"Caranya cukup mudah unduh dukcapil prima mobile melalui play store. Tidak perlu lagi antri mengurus dokumen di kantor Disdukcapil Pasbar," jelas Yulisna.

Sebab, lanjut Yulisna pemerintah hadir untuk memberikan kemudahan bagi masyarakat dalam mengurus dokumen kependudukan dan untuk meningkatkan kualitas layanan Disdukcapil. Selain itu, untuk menuju Dukcapil Go Digital. (h/ows)

Reporter : osniwati /  Editor : Heldi

Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM