Putri Bung Hatta Hadiri Peringatan Perjuangan Rakyat Silungkang


Ahad, 05 Januari 2020 - 13:39:44 WIB
Putri Bung Hatta Hadiri Peringatan Perjuangan Rakyat Silungkang Putri Proklamator RI, Muetia Hatta, letakkan karamgan bunga di tugu perjuangan Sikungkang, memperingati perjuangan rakyat Silungkang dan sekitarnya pada 1926/1927. RIKI YUHERMAN

SAWAHLUNTO, HARIANHALUAN.COM - Putri Proklamator Kemerdekaan Indonesia, Bung Hatta, yakni Meutia Hatta dan Halida Hatta merasa bangga dan terharu saat menyaksikan pementasan drama yang menampilkan perjuangan dan perlawan rakyat Silungkang saat melawan penjajah kolonial Belanda 1926/1927. Kedua putri Bung Hatta itu hadir dan memberikan dukungan atas peringatan perjuangan Rakyat Silungkang dan sekitarnya 1926/1927, Sabtu (4/1) di depan Tugu Perjuangan Silungkang Kota Sawahlunto.

"Peringatan ini memiliki arti sangat penting bagi generasi sekarang ini. Perjuangan yang digelorakan saat melawan penjajah itu harus diingat dan menjadi pemicu semangat generasi muda, untuk cinta kepada Tanah Air," ujar Meutia Hatta.

Dengam peringatan ini lanjutnya, akan menjadi pelajaran bagi generasi muda Silungkang dan Indonesia umumnya, untuk senantiasa tidak melupakan sejarah. Sebab katanya, bangsa yang besar adalah bangsa yang ingat akan sejarah dan perjuangan pahlawan bangsanya.

"Kita sedang memperkuat kenangan pada masa - masa perjuangan yang menentukan kemerdekaan bangsa ini. Memperkuat kenangan ini penting, yang harus kita fokuskan sekarang adalah bagaimana kenangan perjuangan pendahulu kita ini membakar dan memacu semangat sekarang dalam mengisi dan membangun bangsa ini," ujarnya.

Ketua Panitia peringatan perjuangan Silungkang, Irland mengungkapkan, Kenagarian Silungkang sengaja melaksanakan peringatan peristiwa perlawanan pada penjajah tersebut, sebagai salah satu cara menghargai pengorbanan para pejuang kemerdekaan serta sebagai momen mengenalkan dan menggelorakan semangat perjuangan itu kepada masyarakat, khususnya generasi muda.

"Kami tidak ingin, peristiwa sejarah penting ini perlahan lapuk dimakan waktu sehingga dilupakan oleh anak cucu kita nanti," ujarnya.

Irland menambahkan, melalui acara peringatan tersebut, turut membuat sejarah itu bisa semakin digali informasinya. Sebab, sebelum acara, kata Irland dirinya dan tim terlebih dahulu melakukan wawancara dengan para tokoh sejarah terkait untuk mengetahui lebih dalam tentang berbagai data dan kisah dalam momen perlawanan rakyat Silungkang ini.

Peletakan karangan bunga di depan tugu perlawanan rakyat Silungkang dan pementasan drama yang menampilkan beberapa adegan dalam peristiwa perlawanan rakyat Silungkang terhadap Belanda menjadi sajian acara puncak di kegiatan tersebut. Kepiawaian para pelajar SDI Silungkang yang dalam drama tersebut memerankan para tokoh - tokoh pejuang Silungkang dengan gigih dan tak kenal takut pada tentara Belanda sukses membuat penonton terenyuh dan terbawa ingatan kembali ke masa saat momen perjuangan itu bergejolak. (h/rki)

Reporter : Riki Yuherman /  Editor : Heldi

Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Senin, 23 Maret 2020 - 22:14:18 WIB

    Menyedihkan! Asrama Putri SMP N 1 Sioban Jadi Kandang Sampan

    Menyedihkan! Asrama Putri SMP N 1 Sioban Jadi Kandang Sampan MENTAWAI, HARIANHALUAN.COM - Kondisi bangunan asrama putri SMP N 1 Sioban, Kecamatan Sipora Selatan, tampak sangat memperihatinkan, pasalnya bangunan yang menelan biaya ratusan juta rupiah tersebut kini jadi kandang sampan..
  • Selasa, 28 Januari 2020 - 10:54:47 WIB

    Pernikahan Putri Kedua Irjen Fakhrizal Dihadiri Sejumlah Tokoh Sumbar

    Pernikahan Putri Kedua Irjen Fakhrizal Dihadiri Sejumlah Tokoh Sumbar JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Irjen Fakhrizal dan Novarida mengadakan pesta pernikahan putri keduanya Julia Novadini dengan Agasta Priyo Prasetyo, Sabtu (25/1) malam di Gedung Balai Sudirman Jakarta, dimana pestanya berlangsung.
  • Selasa, 07 Januari 2020 - 16:31:19 WIB

    Baralek Gadang Putri ke-5 Gubernur Sumbar, Digelar 3 Hari 3 Malam

    Baralek Gadang Putri ke-5 Gubernur Sumbar, Digelar 3 Hari 3 Malam Gubernur Sumbar, Prof. Dr. H. Irwan Prayitno, Psi, M.Sc Datuak Rajo Bandaro Basa menggelar pesta pernikahan untuk anaknya, Atika, SE, M. Mgt (HR). Putri ke-5 Irwan Prayitno-Hj. Nevi Zuairina itu resmi menikah dengan Naufal Mu.
  • Selasa, 13 September 2016 - 03:07:51 WIB

    Diniyyah Putri Juara Keterbukaan Informasi

    Diniyyah Putri Juara Keterbukaan Informasi PADANG PANJANG, HALUAN — Sebagai sebuah yayasan pendidikan agama puteri tertua di Sumatera Barat, Perguruan Diniyyah Puteri Padang Panjang terus berbenah untuk pening­katan kualitas pendidikan di perguruan itu..
  • Selasa, 19 April 2016 - 03:14:49 WIB

    Putri Indonesia Motivasi Para Bidan

    Putri Indonesia Motivasi Para Bidan Agam, Haluan — Putri Indonesia, Kezia Roslin Cikita Warouw me­ngunjungi Kabupaten Agam. Kun­jungannya kali ini guna menghadiri seminar sehari Ikatan Bidan In­donesia (IBI) Cabang Agam, di GOR Padang Baru Lubuk Basung, Se.

BERITA TERPOPULER Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM