Harga BBM Turun, Ini Cara Tepat Pilih Bensin yang Cocok


Ahad, 05 Januari 2020 - 17:39:10 WIB
Harga BBM Turun, Ini Cara Tepat Pilih Bensin yang Cocok Ilustrasi

OTOMOTIF, HARIANHALUAN.COM - Harga bahan bakar minyak (BBM) di SPBU BUMN maupun swasta turun. Pertamina, Shell, dan Total menurunkan harga bahan bakar minyak. Untuk Pertamina, produk BBM seperti Pertamax, Pertamax Turbo, Pertamina Dex dan Dexlite turun harga. Sementara Shell dan Total menurunkan harga bensin dengan RON 90, RON 92, RON 95 dan bahan bakar diesel.

Dengan semakin murahnya harga bensin, pemilik kendaraan diberikan beragam pilihan. Namun, sangat disarankan pemilik kendaraan tetap memilih bahan bakar yang sesuai dengan spesifikasi kendaraannya.

Setiap bensin memiliki RON (Research Octane Number) atau oktan yang berbeda-beda. RON tersebut bisa menjadi acuan memilih bahan bakar yang sesuai dengan spesifikasi mesin.

Dilansir laman Federal Oil, ada beberapa cara untuk memilih bensin yang cocok dengan kendaraan. Apa saja?

Yang pertama, pemilik kendaraan harus membuka buku petunjuk atau buku manual pemilik kendaraan. Setiap pabrikan otomotif pasti menyertakan buku manual pemilik. Di sana terdapat petunjuk penggunaan bahan bakar yang direkomendasikan. Atau paling tidak disajikan spesifikasi rasio kompresi mesin kendaraan.

Kedua, pemilik kendaraan harus mengetahui rasio kompresi kendaraan. Kompresi mesin pada kendaraan adalah salah satu yang menentukan bahan bakar apa yang paling ideal.

Misalnya, motor dengan rasio kompresi mesin 7:1 sampai 9:1 disarankan untuk menggunakan bahan bakar dengan oktan 88 seperti Premium atau paling mentok oktan 90 seperti Pertalite, Shell Reguler dan Total Performance 90.

Sedangkan untuk mesin dengan rasio kompresi 9:1 sampai 10:1 bisa menggunakan bahan bakar dengan oktan 90. Untuk RON 92 bisa digunakan oleh mesin dengan rasio kompresi 10:1 sampai 11:1.

Untuk kompresi yang lebih tinggi lagi, bisa menggunakan bahan bakar RON 95 untuk rasio kompresi 11:1 sampai 12:1. Di atas itu, bisa menggunakan RON 98 seperti Pertamax Turbo.

Rasio kompresi kendaraan mungkin bisa dimodifikasi jika ingin menggunakan bahan bakar kualitas terbaik. Tapi sebelum memodifikasinya, cek dulu motor mempunyai sistem pendingin yang bisa mendukung atau tidak.

Laman Federal Oil menulis, motor dengan pendingin radiator mungkin lebih minim overheat sehingga bisa menggunakan bahan bakar dengan oktan tinggi. Disebutkan, semakin tinggi RON sebuah bahan bakar, semakin tinggi juga suhu yang dihasilkannya.(*)

 Sumber : detik.com /  Editor : NOVA

Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa, 07 April 2020 - 08:02:30 WIB

    Harga Minyak Tergelincir usai Pemangkasan Produksi

    Harga Minyak Tergelincir usai Pemangkasan Produksi JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -- Harga minyak mentah dunia melemah pada perdagangan Senin (6/4) usai menguat pekan lalu. Pelemahan dipicu ketidakpastian pemotongan produksi oleh Arab Saudi dan Rusia..
  • Senin, 06 April 2020 - 18:04:38 WIB

    Harga Cabai Anjlok karena Pasar Sepi Pembeli, Petani di Pesisir Selatan Menjerit

    Harga Cabai Anjlok karena Pasar Sepi Pembeli, Petani di Pesisir Selatan Menjerit PAINAN, HARIANHALUAN.COM - Para petani dan pedagang cabai di Pesisir Selatan mengeluh akibat anjloknya harga cabai keriting di berbagai pasar tradisional di Kabupaten Pesisir Selatan berkisar Rp 15 ribu sampai dengan Rp 18 ri.
  • Sabtu, 04 April 2020 - 18:19:03 WIB

    Harga Emas Naik, Jual Beli di Padang Pariaman Lesu

    Harga Emas Naik, Jual Beli di Padang Pariaman Lesu PADANG PARIAMAN, HARIANHALUAN.COM - Harga emas murni mengalami kenaikan sejak beberapa waktu yang lalu. Yang sebelumnya RpRp817 ribu/gram, kini menjadi Rp835 ribu/gram..
  • Sabtu, 04 April 2020 - 17:39:10 WIB

    Harga Cabai Merah Turun, Gula Pasir Masih Tinggi di Kota Pariaman

    Harga Cabai Merah Turun, Gula Pasir Masih Tinggi di Kota Pariaman PADANGPARIAMAN, HARIANHALUAN.COM - Harga gula pasir sejak sepuluh hari terakhir ini melonjak naik. Sebelumnya gula pasir ini harganya Cuma Rp14 ribu perkilogram, kini menanjak menjadi Rp19 ribu/kg..
  • Jumat, 03 April 2020 - 10:51:43 WIB

    Makin Berkilau, Harga Emas Melonjak Rp944 Ribu per Gram

    Makin Berkilau, Harga Emas Melonjak Rp944 Ribu per Gram JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -- Harga jual emas PT Aneka Tambang (Persero) Tbk atau Antam berada di posisi Rp944 ribu per gram pada perdagangan Jumat (3/4/2020) atawa naik Rp26 ribu dari Rp918 ribu per gram pada Kamis (2/4/2.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM