Panen Belum Merata, Harga Jesigo Fluktuatif


Ahad, 05 Januari 2020 - 17:57:14 WIB
Panen Belum Merata, Harga Jesigo Fluktuatif Jesigo

LIMAPULUH KOTA, HARIANHALUAN.COM - Harga Jesigo (Jeruk Siam Gunung Omeh di Nagari Koto Tnggi, Limapuluh Kota fluktuasi disebakan panen jetuk belum merata. Produksi jeruk ukuran super di nagari penghasil jeruk tersebut sulit mendapatkannya.

"Kebanyakan panen jeruk di Koto Tinggi ukuran buah sedang atau menengah dan ukuran kecil. Sehingga hargs Komoditi andalan Limapuluh kota fluktuasi,” ungkap salah seorang petani Jesigo Nagari Koto Tinggi, Damseh Sabtu, 4 Januari 2019.

Dikatakan, buah Jesigo yang mempunyai rasa yang manis termasuk ukuran buah yang super, sufah jarang didapstkan namun sekarang sulit didapatkan. dipasar pasar tradisional Limbanang, Dangung Dangung dan pasar Ibuh Payakumbuh, kebanyakan buah ukuran sedang dan kecil.

Ia mengaku harga Jesigo di tingkat petani rata rata besar kecil saat ini Rp9 ribu hingga Rp10 ribu per kg, sebulan lampau masih berharga Rp8 ribu hingga Rp9 ribu. Para pedagang pengumpul menjemput Jesigo dari rumah patani. Bahkan ada yang dari pasar Koto Tinggi.

Hal yang sama juga disampaikan petsni jeruk, M.Rizal yang memiliki kebun jeruk di pinggir jalan tak begitu jauh pasar Koto Tinggi. Ia menjual Jesigo miliknya ke pengepul Rp10 ribu rata rata. Ketika yang membeli pengunjung, dia mematok harga Rp15 ribu per kg. Karena produksi buah jeruknya dengan rasa sangat manis, mempunyai kelebihan dalam segi keseragaman bentuk, warna, aroma dan rasa, sehingga disukai konsumen.

Menurut dia, buah jeruk Gunung Omeh, lebih tahan disimpan. Sehingga pemasarannya semakin luas sampai ke propinsi Riau, jambi dan Kepri, jakarta, Jogya, namun kini produksi jeruk belum merata. “Lagipula saat ini banyak bermunculan kebun Jesigo yang baru,” ujarnya pada harianhaluan.com.

Kebun Jeruk Siam Gunung Omeh serta di nagari nagari penghasil Jesigo di Kabupaten Kota terus berkembang dan salah satu pendukung ekonomi potensial masyarakat daerah penghasil jeruk ini. "Mudah mudah kedepan afa infestor yang akan menanamkan modalnya di sektor jeruk ini utamanya mendirikan pabrik jetuk segar, sehingga punya nilai tambah," harap M Rizal (h/zkf)

 

Reporter : Zulkifli /  Editor : Heldi

Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Sabtu, 21 Maret 2020 - 19:58:24 WIB

    BRI Simpang Empat Undi Panen Hadiah Simpedes

    BRI Simpang Empat Undi Panen Hadiah Simpedes PASAMAN BARAT, HARIANHALUAN.COM -- Bank Rakyat Indonesia (BRI) Cabang Simpang Empat, Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar) laksanakan pengundian Simpedes periode ke 2 tahun 2019 dengan panen hadiah yang bertempat di ruangan Bankin.
  • Jumat, 13 Maret 2020 - 15:44:33 WIB

    Meski Hanya 5 Batang, Alfrimen Bisa Panen Duku hingga 1 Ton

    Meski Hanya 5 Batang, Alfrimen Bisa Panen Duku hingga 1 Ton SAWAHLUNTO, HARIANHALUAN.COM -- Tak hanya di wilayah perkebunan seperti Sijunjung dan Dharmasraya, masyarakat Sawahlunto ternyata juga mendapat berkah dari panennya buah duku. Siapa sangka duku ternyata juga banyak ditanam ol.
  • Selasa, 10 Maret 2020 - 20:07:26 WIB

    Pakai Pupuk Organik, Keltan Bungo Tanjung Panen 7,8 Ton GKP per Hektare

    Pakai Pupuk Organik, Keltan Bungo Tanjung Panen 7,8 Ton GKP per Hektare SIJUNJUNG, HARIANHALUAN.COM - Hasil uji coba penggunaan pupuk organik Bios 44 di lahan persawahan Kelompok Tani (Keltan) Bungo Tanjung Nagari Pamuatan Kabupaten Sijunjung menuai hasil yang menggembirakan..
  • Kamis, 13 Februari 2020 - 18:03:36 WIB

    20 Hektare Kebun Kopi Arabica Keltan Citra Mekar Siap Panen

    20 Hektare Kebun Kopi Arabica Keltan Citra Mekar Siap Panen PASAMAN, HARIANHALUAN.COM - Kelompok masyarakat adat Air Dingin, Nagari Simpang Tonang, Pasaman, yang tergabung dalam Kelompok Tani (Keltan) Citra Mekar, merintis pengembangan budidaya kopi jenis Arabica..
  • Jumat, 18 Agustus 2017 - 10:15:26 WIB

    Manfaatkan Lahan Kosong, Hasil Panen Bawang Menggembirakan

    Manfaatkan Lahan Kosong, Hasil Panen Bawang Menggembirakan PAINAN, HARIANHALUAN.COM—Anggota Kelompok Tani Mandi Angin Kenagarian Salido Saribulan, Kecamatan IV Jurai, Pesisir Selatan melakukan panen perdana bawang merah para areal seluas 1 hektar, Senin (15/8). Para petani ini mera.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM