Guspardi Gaus Ingatkan Pemerintah Daerah Kreatif Atasi Pengangguran


Ahad, 05 Januari 2020 - 21:57:23 WIB
Guspardi Gaus Ingatkan Pemerintah Daerah Kreatif Atasi Pengangguran Anggota DPR dari Fraksi PAN, H. Guspardi Gaus memberikan tausyiah kepada jemaah Masjid Al-Mujahadah, Nagari Padang Laweh, Kecamatan Sungai Pua, Agam belum lama ini. IST

LUBUK BASUNG, HARIANHALUAN.COM - Anggota DPR RI asal daerah pemilihan (Dapil) Sumbar II, Guspardi Gaus mengingatkan pemerintah daerah agar serius memperhatikan masalah pengangguran. Tak hanya itu, pemerintah daerah juga diimbau untuk mencarikan solusi untuk mengatasi masalah pengangguran ini.

Hal ini disampaikan oleh Guspardi Gaus saat melakukan reses ke Kecamatan Banuhampu Kabupaten Agam, Minggu (5/1).

Politisi PAN ini menuturkan, pengangguran merupakan masalah sosial yang tak boleh dibiarkan berlarut, sebab tingginya  pengangguran merupakan tanda lambannya perkembangan daerah, terutama dari sisi Pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM). Pengangguran juga bisa memicu tingginya angka kriminalitas.

Untuk di Kabupaten Agam, imbuh Guspardi, banyak hal kreatif yang bisa dilakukan untuk mengatasi pengangguran. Salah satunya dengan cara mendorong anak muda yang masih produktif untuk mau menggarap lahan-lahan subur yang belum termanfaatkan secara maksimal. Lahan subur yang dikelola dengan baik juga akan mampu mendongkrak perekonomian masyarakat.

"Diharapkan pemerintah daerah memberi pendampingan terhadap masyarakat yang belum bekerja, membina mereka agar jeli memanfaatkan potensi yang ada disekitarnya," ujar Guspardi.

Lebih lanjut ia mengimbau, pemerintah daerah agar mendukung dan memfasilitasi kelompok ekonomi rumahan yang akan menyerap tenaga kerja di tengah masyarakat.

Selain di Kecamatan Banuhampu, pada resesnya ke Kabupaten Agam kali ini, Guspardi Gaus juga menyambangi konstituennya di Kecamatan IV Koto dan Kecamatan Sei Pua.

Di Kecamatan IV Koto, masyarakat setempat menyatakan rasa bangga atas terpilihnya Guspardi Gaus sebagai anggota DPR RI. Sebab dalam catatan sejarah, pasca reformasi belum pernah ada orang IV Koto menduduki jabatan anggota DPR RI, Guspardi Gaus adalah yang pertama. (h/len)

Reporter : Leni Marlina /  Editor : Heldi

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]