Boleh Dicoba, 3 Cara Hidup Lebih Sehat dan Ramah Lingkungan di 2020


Senin, 06 Januari 2020 - 09:08:24 WIB
Boleh Dicoba, 3 Cara Hidup Lebih Sehat dan Ramah Lingkungan di 2020 Ilusrasi. Kopi non pabrikan bisa jadi alternatif. (punk)

LIFESTYLE,HARIANHALUAN.COM- Perubahan iklim yang terjadi di dunia belakangan ini, membuat pilihan untuk hidup sehat saja tidak cukup. Tetapi, perlu juga memikirkan gaya hidup yang lebih ramah terhadap lingkungan melalui hal-hal sederhana yang dilakukan setiap hari.

Sebab, lingkungan yang lebih baik akan menghasilkan kehidupan lebih baik pula nantinya. 

Ditambah, pola hidup yang ramah lingkungan juga memiliki manfaat kesehatan pada tubuh.

Berikut  tiga cara sederhana memulai gaya hidup sehat sekaligus ramah lingkungan. 

1. Kurangi gunakan kendaraan pribadi

Cara sederhana yang bisa Anda mulai di tahun 2020 adalah lebih sedikit menggunakan kendaraan pribadi untuk bepergian. Apalagi jika itu bepergian jarak dekat atau mudah dijangkau oleh transportasi umum. Selain ramah lingkungan dan turut berkontribusi memperbaiki polusi, Anda bisa lebih sehat karena menggantinya dengan berjalan kaki atau tidak terlalu lama duduk di balik kemudi.

Apalagi dengan jalan kaki, Anda juga bisa membakar kalori Anda. Misalnya, jalan kaki selama 30 menit dapat membakar kalori sebanyak 150-200 kalori.

2. Mengurangi daging merah


Sumber umum daging merah seperti sapi dan sapi jantan menghasilkan sejumlah besar gas yang mengubah iklim seperti metana. Ini adalah alasan untuk mengurangi konsumsi daging merah. Selain itu, mengurangi konsumsi daging merah juga berkontribusi pada penurunan tekanan darah, memperkecil risiko diabetes, memperkecil risiko kanker, hingga gangguan jantung.

3. Menerapkan gaya hidup green living

Menerapkan gaya hidup green living adalah mencoba untuk mengurangi penggunaan sumber daya alam dan harta pribadi yang dilakukan oleh pribadi maupun masyarakat. Pelaku gaya hidup hidup ini sering mencoba untuk mengurangi jejak karbon yang mereka hasilkan dengan mengubah moda transportasi, konsumsi energi, dan konsumsi makanan.

Mulai dari beralih ke transportasi umum, mengonsumsi lebih sedikit daging merah dan berganti ke sayur-sayuran hijau yang lebih sehat, serta mengurangi penggunaan plastik di kesehariannya.*

 Sumber : iNews.id /  Editor : Dodi

Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis, 21 November 2019 - 17:53:44 WIB

    Kabar Gembira bagi Pejuang Asam Lambung, Ranitidin Boleh Dipakai Lagi!

    Kabar Gembira bagi Pejuang Asam Lambung, Ranitidin Boleh Dipakai Lagi! JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Obat asam lambung ranitidin sebelumnya ditarik dari peredaran oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) karena kekhawatiran cemaran zat N-Nitrosodimethylamine (NDMA). Cemaran ini dalam pemakaian .
  • Selasa, 19 November 2019 - 08:57:07 WIB

    Makan Mi Instan Pakai Nasi? Boleh Kok, Asal...

    Makan Mi Instan Pakai Nasi? Boleh Kok, Asal... KESEHATAN, HARIANHALUAN.COM - Dengan berbagai varian rasa baik kuah maupun goreng, mi instan merupakan kelezatan yang hakiki. Pernah terpikir untuk menyantapnya dengan nasi putih?.
  • Selasa, 29 Oktober 2019 - 18:54:16 WIB

    Benarkah Penyandang Diabetes Tak Boleh Makan Manis?

    Benarkah Penyandang Diabetes Tak Boleh Makan Manis? KESEHATAN, HARIANHALUAN.COM - Diabetes hingga kini menjadi salah satu penyakit yang menimpa banyak orang. Penyakit ini seringkali dikaitkan dengan kebiasaan mengkonsumsi makanan manis seperti gula. Sehingga, muncul banyak ang.
  • Senin, 20 Agustus 2018 - 23:48:12 WIB

    Fatwa MUI: Vaksin Rubella Haram, Tapi Diperbolehkan

    Fatwa MUI: Vaksin Rubella Haram, Tapi Diperbolehkan JAKARTA, HARIANHALUAN.COM-- Majelis Ulama Indonesia (MUI) melalui Komisi Fatwa akhirnya menetapkan hukum penggunaan vaksin Measles-Rubella (MR) haram. Fatwa itu keluar setelah melalui pembahasan yang cukup panjang..
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM