Pola Makan Tak Sehat Membuat Penglihatan Rusak, Begini Penjelasannya


Senin, 06 Januari 2020 - 11:04:05 WIB
Pola Makan Tak Sehat Membuat Penglihatan Rusak, Begini Penjelasannya ilustrasi kesehatan mata

HEALTH, HARIANHALUAN.COM -- Studi baru yang diterbitkan dalam British Journal of Ophthalmology menemukan adanya hubungan antara pola makan tidak sehat dengan masalah penglihatan, yaitu age-related macular degeneration (AMD) atau degenerasi makula.

AMD merupakan suatu kondisi yang berdampak pada retina seiring bertambahnya usia. Pandangan secara bertahap akan buram, yang dimulai dari penglihatan bagian tengah. Padahal, penglihatan bagian tengah ini membantu orang melihat benda secara jelas, sehingga mereka dapat melakukan pekerjaan sehari-hari.

Menurut penulis utama studi, Dr Amy Millen, dari University at Buffalo di New York, ini adalah studi pertama yang menemukan adanya hubungan antara pola makan dengan AMD.

"Kebanyakan orang mengerti bahwa pola makan memengaruhi risiko penyakit kardiovaskular dan risiko obesitas. Namun, aku tidak yakin masyarakat berpikir tentang pola makan memengaruhi risiko seseorang kehilangan penglihatan di kemudian hari," tutur Millen, dilansir Medical News Today.

Penelitian ini didasarkan pada data orang-orang dalam sebuah komunitas yang terbagi menjadi dua kelompok, yaitu satu kelompok sehat dan satu lagi kelompok kurang sehat. Makanan yang termasuk kurang sehat dalam hal ini termasuk daging merah dan daging olahan, makanan goreng, dessert, telur, biji-bijian olahan, susu tinggi lemak, dan minuman manis.

"Orang yang tidak memiliki kondisi AMD pada awal penelitian kami dan melaporkan sering mengonsumsi makanan tidak sehat, lebih mungkin mengembangkan kondisi ini pada stadium akhir. Sekitar 18 tahun kemudian," lanjutnya.

Millen mengatakan, penelitian ini bertujuan untuk mengingatkan masyarakat bahwa pola makan adalah hal yang penting dan juga dapat mempengaruhi penglihatan mereka. (*)

loading...
 Sumber : HiMedik /  Editor : Agoes Embun
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Ahad, 26 April 2020 - 22:48:59 WIB

    Rekomendasi WHO! Ini Pola Makan Sehat Selama Puasa Ramadhan

    Rekomendasi WHO! Ini Pola Makan Sehat Selama Puasa Ramadhan JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Seluruh umat Muslim di dunia menjalankan ibadah puasa selama Ramadhan. Mereka menahan diri dari makan dan minum serta melakukan perkara-perkara yang membatalkan puasa mulai dari terbitnya matahari .
  • Rabu, 11 Maret 2020 - 04:00:23 WIB

    Jenderal Angkatan Bersenjata Polandia Dilaporkan Positif Corona

    Jenderal Angkatan Bersenjata Polandia Dilaporkan Positif Corona JAKARTA, HARIANHALUAN. COM -- Kementerian Pertahanan Polandia mengatakan Komandan Jenderal Angkatan Bersenjata Polandia, Jaroslaw Mika dilaporkan positif corona. Sang jenderal positif corona setelah melakukan perjalanan dar.
  • Kamis, 13 Februari 2020 - 02:32:37 WIB

    Teman Media Sosial Dapat Mempengaruhi Pola Makan, Kok Bisa?

    Teman Media Sosial Dapat Mempengaruhi Pola Makan, Kok Bisa? HEALTH, HARIANHALUAN.COM -- Sebuah penelitian menunjukkan, orang cenderung mengonsumsi lebih banyak makanan sehat atau junk food yang dapat dipengaruhi oleh teman-teman mereka. Fenomena ini dapat dikaitkan dengan kebiasaan ma.
  • Kamis, 02 Januari 2020 - 17:39:44 WIB

    Menlu Retno Marsudi Sukses Diet, Yuk Contek Pola Makannya

    Menlu Retno Marsudi Sukses Diet, Yuk Contek Pola Makannya JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Punya tubuh yang langsing jadi resolusi banyak orang di tahun baru. Kamu bisa ikuti tips menurunkan badan yang dilakukan Menteri Luar Negeri, Retno Marsudi hingga turun 11 kg.
  • Ahad, 29 Desember 2019 - 20:33:30 WIB

    Begini Pola Diet Tepat yang Sesungguhnya Menurut Ahli, Yuk Jadikan Resolusi Tahun Baru

    Begini Pola Diet Tepat yang Sesungguhnya Menurut Ahli, Yuk Jadikan Resolusi Tahun Baru KESEHATAN, HARIANHALUAN.COM - Jelang tahun baru, tak lengkap rasanya bila tidak memiliki resolusi untuk kebaikan diri. Salah satu resolusi yang paling sering direncanakan adalah hidup lebih sehat dan mencoba melakukan diet un.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]