Puluhan Hektare Sawah di Sungai Limau Terancam Arus Kamumuan 


Senin, 06 Januari 2020 - 12:23:56 WIB
Puluhan Hektare Sawah di Sungai Limau Terancam Arus Kamumuan  Sebahagian sawah petani yang berada di pinggir sungai dengan hiasan kikisan erosi yang mengancam keberadaan sawah tersebut. TRISNALDI

PADANG PARIAMAN, HARIANHALUAN.COM - Ganasnya aliran arus Batang Kamumuan di Kecamatan Sungai Limau beberapa waktu lalu, membuat berhektare-hektare sawah amblas masuk ke dalam sungai.

Sampai saat ini, kondisi sawah tersebut masih sama dengan semula. Kendati demikian, hingga saat ini, dampak erosi dari arus batang Kamumuan masih tetap mengancam puluhan hektare sawah rakyat yang umumnya berada di pinggiran sungai tersebut.

"Hampir 3 km, bentangan sawah rakyat itu berada di sepanjang aliran sungai batang Kamumuan," kata Wali Nagari Koto Tinggi Kuranji Hilir, Kecamatan Sungai Limau, Amizuir Dt Tansati kepada harianhaluan.com, Senin (6/1).

Batang Kamumuan, sampai saat ini belum juga tersentuh normalisasi. "Karena itu, jika aliran sungai itu mengamuk, sawah petani tak luput dari sasaran," tambahnya.

Makanya pihak desa terus memantau proposal yang sudah dilayangkan ke Balai Wilayah V Sumbar dan Kabupaten Padang Pariaman serta PSDA Sumbar, mudah-mudahan terealisasi.

Realisasi dari propisal yang diajukan nagari sangat menjadi harapan masyarakat, di wilayah itu yang kebanyakan mata pencaharian penduduknya bertani.

Menurut Amizuir Dt.Tansati banyak sawah yang ada di pinggir sungai lebih kurang 60 hektare dan memang perlu penyelamatan, salah satunya dengan melakukan normalisasi batang kamumuan atau membuat tembok penahan tebing. (h/tri)

Sebahagian sawah petani yang berada di pinggir sungai dengan hiasan kikisan erosi yang mengancam keberadaan sawah tersebut. TRISNALDI

Reporter : Trisnaldi /  Editor : Heldi
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]