Ini Prediksi Penyakit yang Bisa Mewabah di Indonesia Tahun 2020


Senin, 06 Januari 2020 - 14:07:23 WIB
Ini Prediksi Penyakit yang Bisa Mewabah di Indonesia Tahun 2020 Ilustrasi

KESEHATAN, HARIANHALUAN.COM - Seperti di tahun-tahun sebelumnya, masyarakat juga mulai penasaran prediksi di bidang kesehatan atau penyakit yang bisa mewabah di 2020. Tidak hanya ingin sekedar tahu, informasi ini akan menjadi suatu antisipasi untuk menekan perkembangan penyakit tersebut.

Dirjen Pencegahan dan Pengendalian penyakit Kementerian Kesehatan, dr Anung Sugihantono, MKes, mengatakan sesuai dengan rilis dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) ada beberapa penyakit meningkat.

"BMKG menyebutkan curah hujan di tahun ini akan lebih tinggi dari 2019. Kalau benar, pasti akan ada implikasi terhadap beberapa penyakit yang masih ada hubungannya dengan hujan," ujarnya saat ditemui di Gedung Adhyatma Kemenkes RI, Kuningan, Jakarta Selatan, Jumat (3/1/2020).

Beberapa penyakit yang diperkirakan akan melonjak naik seperti demam berdarah, leptospirosis (kencing tikus), dan malaria. Selain itu, penyakit umum lainnya misal diare, pneumonia, gangguan pencernaan, hingga keracunan makanan juga bisa jadi ancaman karena lingkungan yang tidak cukup bersih.

Tak hanya itu, dr Anung juga menuturkan berdasarkan BMKG musim kemarau akan lebih kering dari tahun 2019 lalu.

"Ya kalau itu terjadi, tentu penyakit yang terkait dengan mata misal memerah, pencernaan, pernapasan seperti ISPA, atau yang kontak langsung ke kulit juga pasti akan meningkat. Itu yang harus diantisipasi saat ini sampai seterusnya," katanya.

"Kalau dari data Kemenkes sendiri, yang harus diwaspadai seperti demam berdarah, antraks, dan hepatitis A yang meningkat hingga saat ini," tambahnya.(*)

 Sumber : detik.com /  Editor : NOVA

Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Rabu, 25 Maret 2020 - 14:22:53 WIB

    Unik! Lahir Ketika Pandemi, Bayi Ini Diberi Nama 'Korona'

    Unik! Lahir Ketika Pandemi, Bayi Ini Diberi Nama 'Korona' HARIANHALUAN.COM -- Memberi nama anak yang baru lahir dengan sebuah peristiwa yang terjadi pada masanya merupakan salah satu budaya masyarakat Jawa. Hal itu juga dilakukan oleh orang tua bayi yang lahir pada 17 Maret 2020, ke.
  • Selasa, 24 Maret 2020 - 15:36:32 WIB

    Korban Virus Corona Syahid Fil Akhirah, Begini Cara Pemulasaraan Jenazahnya

    Korban Virus Corona Syahid Fil Akhirah, Begini Cara Pemulasaraan Jenazahnya JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Pengurus Besar Nahdlatul Ulama mengeluarkan fatwa bahwa korban meninggal dunia karena virus corona atau COVID-19 statusnya syahid fil akhirah. Perlakuan atas jenazah pasien Covid-19 muslim sama den.
  • Ahad, 15 Maret 2020 - 23:44:19 WIB

    Pohon Ini Diklaim Bisa Hambat Perkembangan Virus Corona

    Pohon Ini Diklaim Bisa Hambat Perkembangan Virus Corona JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Kandungan klorokuin dalam pohon kina disebut-sebut menjadi obat atau vaksin virus korona/Coronavirus Disease 2019 (COVID-19). Namun peneliti masih melakukan studi lebih lanjut terkait temuan ini..
  • Ahad, 08 Maret 2020 - 06:55:59 WIB

    Ramadhan Sebentar Lagi Tiba, Masih Punya Utang Puasa? Ini Solusinya

    Ramadhan Sebentar Lagi Tiba, Masih Punya Utang Puasa? Ini Solusinya JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Bulan Ramadhan tiba pada April mendatang. Artinya sebentar lagi bulan puasa akan segera tiba. Namun terkadang seseorang masih punya utang puasa karena keadaan tertentu. Misalnya sedang sakit atau .
  • Kamis, 13 Februari 2020 - 17:53:33 WIB

    Ruqyah, Mungkinkah Mengatasi Virus Corona? Ini Sejarah, Dampak dan Ayatnya

    Ruqyah, Mungkinkah Mengatasi Virus Corona? Ini Sejarah, Dampak dan Ayatnya JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Metode pengobatan ruqyah yang dilakukan dengan mengucapkan doa tentu tak asing bagi masyarakat umum. Hadist shahih yang dinarasikan Anas telah membuktikan manfaat ruqyah dalam bidang pengobatan gen.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM