Maju di Jalur Independen, Petahana Ramlan Nurmatias Gandeng Mantan Birokrat Senior yang Juga Ketua LKAAM


Senin, 06 Januari 2020 - 17:12:34 WIB
Maju di Jalur Independen, Petahana Ramlan Nurmatias Gandeng Mantan Birokrat Senior yang Juga Ketua LKAAM Inilah Syahrizal Dt Palang Gagah, mantan Birokrat senior yang juga Ketua LKAAM Bukittinggi. Gatot

BUKITTINGGI, HARIANHALUAN.COM-Maju sebagai calon independen dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kota Bukittinggi 2020, Petahana Walikota Ramlan Nurmatias, akhirnya resmi menggandeng mantan birokrat senior untuk mendapinginya dalam bursa Pilkada Kota Bukittinggi.

Adapun mantan birokrat yang digandeng petahana tersebut adalah Syahrizal Dt Palang Gagah, yang saat ini dipercaya sebagai Ketua Lembaga Kerapatan Adat Alam Minangkabau (LKAAM) Kota Bukittinggi.

Meski telah memasuki masa pensiun terhitung Januari 2020, Syahrizal Dt Palang Gagah merupakan sosok yang sarat pengalaman di birokrasi. Hampir selama 34 tahun ia menjalankan tugas sebagai Apartur Sipil Negara (ASN) dengan berbagai jabatan yang ia emban. Terakhir, jabatan yang ia emban sebelum memasuki masa pensiun adalah sebagai Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kota Bukittinggi.

Sebagai mantan birokrat yang telang melanglang buana di dunia birokrasi,  Syahrizal Syahrizal Dt Palang Gagah memang dianggap cocok untuk mendampingi petahana Ramlan Nurmatias yang maju secara independen dalam Pilkada Bukittinggi.

Sebelum mengakiri masa tugasnya  sebagai Kepala Dinas Pertanian dan Pangan, ia juga pernah memegang sejumlah jabatan strategis dilingkungan Pemko Bukittinggi, seperti Asisten III Setdako,  Kepala Dinas Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu, Perindustrian  dan Tenaga Kerja, Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Kepala Bagian (Kabag)  Pembangunan Setdako, dan Kepala Bidang (Kabid) pada sejumlah dinas.

“Sebelumnya memang  tidak ada niat dan ambisi untuk  maju dalam Pilkada Bukittinggi  2020, apalagi untuk mendapingi petahana Walikota Bukittinggi Ramlan Nurmatias. Memang keputusan untuk mendampingi petahana sebagai calon Wakil Walikota  bukan keputusan yang mudah. Namun karena izin keluarga dan petunjuk dari Allah, maka saya  putuskan untuk menerima pinangan dari petahana Ramlan Nurmatias,” kata Syahrizal Dt Palang Gagah, Senin (6/1)

Menurutnya Syahrizal Dt Palang Gagah,  sebelum digandeng petahana, dirinya sudah tiga kali dipanggil oleh petahana Ramlan Nurmatias. Petahana ingin agar dirinya bersedia  untuk mendampingi sebagai calon Wakil Walikota.  Namun saat itu  dirinya tetap menolak untuk maju, karna sadar akan kemampuan yang dimiliki.

Mengigat besarnya harapan petahana untuk  meneruskan pembangunan kota ini, maka ia membuka hati dan membulatkan tekad untuk menerima pinangan dari petahana tersebut. “Mungkin ini semua sudah jalannya dan petunjuk dari Allah. Dengan petunjuk dari sang illahi, maka saya menyatakan siap  maju untuk  mendampingi beliau.  Semoga  jalan ini diberikan yang terbaik dan diridhoi oleh Allah SWT," ujarnya.

Ia juga menyampaikan permohonana maaf  atas nama pribadi dan keluarga, jika selama ini ada kesalahan dan kekhilafan selama menjadi ASN dilingkungan Pemko Bukittinggi, mengingat dirinya akan memasuki masa pensiun. “Kami juga meminta maaf, karena secara pribadi kami akan mendapingi petahana dalam Pilkada.  Sebenarnya kami tidak ada niat sedikitpun untuk itu. Tapi kami melihat, mungkin ini perjalanan hidup yang telah disuratkan Allah.,” ucapnya.

Sementara itu petahana Ramlan Nurmatias mengatakan,  keputusan menggandeng Ketua LKAAM Bukittinggi  yang juga mantan birokrat  untuk mendampinginya  pada pilkada 2020, merupakan hasil keputusan yang  penuh pertimbangan. Menurutnya, sosok Syahrizal Dt  Palang Gagah memang telah dilirik sejak lama, karena ketokohannya dalam bidang adat, agama dan masyarakat. Disamping itu ia juga mantan birokrat senior  yang sudah berpengalaman dalam dunia birokrasi.

Ramlan mengakui, bahwa keputusan yang ia ambil untuk mengandeng  Syahrizal Dt Palang Gagah itu sudah keputusan yang bulat, dan ia juga sudah berkomunikasi dengan Wakil Walikota Irwandi. Meski selama ini banyak calon yang mengapung, namu dirinya   sudah membulatkan tekad untuk memilih DT. Palang Gagah  sebagai pendampingnya dalam Pilkada Bukittinggi 2020.

“Memang sebelumnya ia  tidak pernah ada niat untuk menjadi calon Wakil Walikota. Tapi, setelah saya ajak dan  niat saya  untuk meneruskan pembangunan kota, maka beliau bersedia. Dengan Bismillah, InsyaAllah kami akan maju sebagai pasangan calon wali kota dan wakil wali kota Bukittinggi pada Pilkada  2020,” ujar Ramlan. (h/tot)

Reporter : RUDI GATOT /  Editor : DODI NJ

Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM