Pemanfaatan Pos Layanan Hukum Gratis di Payakumbuh Masih Rendah


Senin, 06 Januari 2020 - 19:25:32 WIB
Pemanfaatan Pos Layanan Hukum Gratis di Payakumbuh Masih Rendah Gedung kantor Pos pelayan hukum gratis di Kejaksaan Negeri setempat.

PAYAKUMBUH, HARIANHALUAN.COM - Layanan Hukum Gratis yang disediakan Kejaksaan Negeri Payakumbuh, sejak beberapa waktu lalu belum dimanfaatkan warga di Luak Limopuluah (Kota Payakumbuh dan Kabupaten Limapuluh Kota, red) secara maksimal.

Layanan kepada masyarakat itu, pihak Kejaksaan menyediakan ruangan khusus yang berada di bagian kanan Halaman Kantor Kejaksaan yang berada di Kelurahan Bulakan Balai Kandi Kecamatan Payakumbuh Barat.

Selain menyediakan ruangan khusus, pihak Kejaksaan juga menyiagakan beberapa orang Jaksa yang akan melayani masyarakat terkait berbagai hal yang menyangkut persoalan hukum. Untuk hal tersebut, masyarakat tidak dipungut biaya. Sejauh ini, perharinya masyarakat yang mengakses layanan tersebut bisa dihitung dengan jari.

"Kita buka di Kantor Kejaksaan ini, telah sejak lama kita sediakan. Namun sejauh ini, untuk pemanfaatan oleh masyarkat Payakumbuh, maupun Kabupaten Limapuluh Kota, masih terbilang rendah. Kedepan kita berharap masyarakat bisa memanfaatkan layanan yang kita sediakan secara gratis ini," ujar Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Payakumbuh, Nur Tamam, SH didampingi Kasi Datun, Ricko Za Musti, SH, kepada wartawan Senin 6 Januari 2020.

Menurut Nur Tamam yang bakal segera pindah tugas ke Kejaksaan Tinggi Gorontalo itu menambahkan, selama ini kasus atau perkara yang terjadi di dua daerah bertetantangga itu terbilang tinggi. Baik perkara Pidana maupun perkara Perdata. Namun, masyarakat tidak memanfaatkan Pos Bantuan Hukum Gratis.

“Untuk perkara pidana maupun perdata yang terjadi di wilayah kerja kita memang cukup tinggi setiap tahunnya. Tapi pemanfaatan Pos Layanan Hukum yang kita sediakan belum dimanfaatkan secara maksimal oleh masyarakat. Bantuan hukum gratis adalah perkara yang belum memasuki persidangan,” tandasnya.

Kasi Datun Ricko juga menambahkan, layanan yang diberikan Kejaksaan adalah berbentuk informasi terkait hukum, baik Pidana maupun Perdata. "Bantuan yang kita berikan di Pos Pelayanam Hukum adalah informasi dan bukan mengenai pokok perkara yang sedang berjalan,” lanjutnya.

Dikatakan, masyarakat bisa bertanya terkait permasalahan hukum, langkah hukum yang akan ditempuh. Intinya masyarakat yang ingin mendapatkan/mencari keadilan akan kita bantu. Sejauh ini, masyarakat yang memanfaatkan layanan hukum tersebut hanya mencapai 5 hingga 10 orang.

Selain membuka Pos Layanan Hukum Gratis di Kantor Kejaksaan Negeri Payakumbuh di Kawasan Koto Nan IV, Nur Tamam juga membuka layanan untuk masyarakat di Mall Pelayanan Publik (MPP) Kota Payakumbuh di Lantai 1 Kantor Balaikota Payakumbuh di Eks. Lapangan Sepakbola Kapten Tantawi Kelurahan Bunian Kecamatan Payakumbuh Barat. (h/zkf)

 

Reporter : Zulkifli /  Editor : Heldi

Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Sabtu, 25 November 2017 - 04:15:47 WIB

    Petani dan Penyuluh Belajar Pemanfaatan Limbah

    Petani dan Penyuluh Belajar Pemanfaatan Limbah SAWAHLUNTO, HALUAN - Setiap petani dan penyuluh pertanian harus senantiasa meningkatkan kompetensi, sehingga mampu mengimbangi perkembangan zaman dan teknologi untuk terus berinovasi menambah produksi hasil pertanian yang dig.
  • Ahad, 21 Juni 2015 - 18:18:47 WIB

    Payakumbuh Dukung Perda Pemanfaatan Jalan

    PAYAKUMBUH, HALUAN — Rencana Pem­prov bersama DPRD Sumatera Barat mem­buat Perda tentang Pemanfaatan dan Peng­gunaan Bagian Badan Jalan, direspon positif oleh Pemko Payakumbuh. Saat tim Pansus pembaha.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM