Nagari Salidosaribulan Kembangkan Usaha Kopi Bubuk


Senin, 06 Januari 2020 - 19:32:36 WIB
Nagari Salidosaribulan Kembangkan Usaha Kopi Bubuk Ketua kelompok bubuk kopi Bukik Cubadak nagari Salido Saribulan Kecamatan IV Jurai Pessel Jak ,sedang melakukan proses pengilingan buah kopi asli untuk dipasarkan ke berbagai daerah di Pessel ( M Joni)

PAINAN,HARIANHALUAN.COM-Kelompak tani Bukit Cubadak, nagari Salidosaribulan, Kecamatan IV Jurai Pessel, saat ini  mengembang usaha bubuk kopi Bukit Cubadak, guna untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat

Ketua kelompok Bukit Cubadak Jak Senin(6/1), mengatakan, usaha bubuk kopi ini di pasarkan ke berbagai daerah,sedangkan buah kopi berasal  dari nagari setempat.Tingginya antusias masyarakat melakukan usaha bubuk kopi, karena pemasannya mudah dan hasilnya cukup mengembirakan.

"Mayoritas kehidupan masyarakat berasal dari hasil komoditi buah kopi  sebagai sumber kehidupan keluarga, kondisi saat ini diperkirakan ratusan hektar lahan kopi milik masyarakat  di tebar di sepanjang lahan perbukitan secara terpisah, artinya hasil buah kopi masyarakat mampu menghasilkan puluhan ton setiap bulannya," ulasnya. 

Selama ini  hasil komoditi buah kopi masyarakat dibeli oleh saudagar yang datang dari berbagai daerah langsung membelinya ketingkat petani, dengan adanya mesin pembuat bubuk kopi yang modren, masyarakat tidak lagi menjual buah kopinya ke luar daerah,hasil bubuk kopi masyarakat  dikelola secara kelompok .

Wali Nagari Salido Saribulan  Amrizal mengakui, masyakat kini mulai mengembangkan usaha tanaman kopi  secara mandiri, usaha yang dilakukan masyarakat cukup positif sebagai penghasilan keluarga,pihak merasa optimis pertumbuhan ekonomi masyarakat akan meningkat dengan adanya usaha kelompok ini.

Salah seorang petani perkebunan nagari Salidosaribulan Refa  mengatakan,dengan adanya usaha ini, setidaknya mampu memotivasi masyarakat lain untuk bisa mengembangkan  usaha bubuk kopi, kemudian hasilnya bisa  dipasarkan ke berbagai pasar tradisional yang ada Pessel dan dipasarkan diluar daerah pessel. (*)

Reporter : M JONI /  Editor : Dodi

Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Sabtu, 29 Februari 2020 - 23:58:40 WIB

    Hasil Seleksi Cawanag di 16 Nagari Pasaman Diumumkan

    Hasil Seleksi Cawanag di 16 Nagari Pasaman Diumumkan PASAMAN, HARIANHALUAN.COM -- Hasil seleksi fit and propert tes bakal calon Walinagari (Cawanag) di 16 nagari yang akan melaksanakan Pilwana serentak di Kabupaten Pasaman, resmi diumumkan, Sabtu (29/2)..
  • Kamis, 27 Februari 2020 - 23:28:39 WIB

    RAPB Nagari Campago Padang Pariaman Dibahas dengan Bamus

    RAPB Nagari Campago Padang Pariaman Dibahas dengan Bamus PADANGPARIAMAN, HARIANHALUAN.COM - Rancangan Anggaran Pendapatan Balanja (RAPB) Nagari Campago, Kecamatan V Koto Kampung Dalam, Kabupaten Padang Pariaman tahun ini baru dibahas bersama Bamus, Kamis (27/2)..
  • Kamis, 27 Februari 2020 - 18:36:55 WIB

    DPM Pasaman Imbau Wali Nagari  Kembangkan BUMNag

    DPM Pasaman Imbau Wali Nagari  Kembangkan BUMNag PASAMAN, HARIANHALUAN.COM - Dinas Pemberdayaan Masyarakat (DPM) Kabupaten Pasaman, mengimbau para wali nagari atau kepala desa adat di daerah itu serius mengembangkan potensi Badan Usaha Milik Nagari (BUMNag) di wilayahnya..
  • Rabu, 19 Februari 2020 - 18:04:16 WIB

    Nagari Tigo Jangko Gelar Musrenbang

    Nagari Tigo Jangko Gelar Musrenbang TANAH DATAR, HARIANHALUAN.COM-Nagari Tigo Jangko, Kecamatan Lintau Buo melaksanakan musyawarah rencana pembangunan (Musrenbang) di aula nagari setempat, Rabu (19/2/2020). .
  • Sabtu, 08 Februari 2020 - 20:37:33 WIB

    Nagari Air Haji Tenggara Berhasil Bangun Jalan Usaha Tani

    Nagari Air Haji  Tenggara  Berhasil Bangun Jalan Usaha Tani PAINAN,HARIANHALUAN.COM-Untuk mempermudah dan memperlancar para petani mengangkut  hasil panen,  pemerintah Nagari Air Haji Tenggara, Kecematan Linggo Sari Baganti, Pesisir Selatan, berhasil membangun Jalan Usaha Tani..
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM