Jokowi Beri Batas Waktu Turunkan Harga Gas Sampai Maret 2020


Senin, 06 Januari 2020 - 19:43:11 WIB
Jokowi Beri Batas Waktu Turunkan Harga Gas Sampai Maret 2020 Presiden Jokowi memberikan tenggat waktu penurunan harga gas industri sampai Maret 2020.

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan tenggat waktu penurunan harga gas industri sampai Maret 2020. Pemerintah saat ini tengah mengkaji tiga opsi penurunan harga gas industri yang telah disampaikan Jokowi.

Hal itu disampaikan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto usai Rapat Terbatas tentang 'Ketersediaan Gas untuk Industri', di Kantor Presiden, Jakarta, Senin (6/1).

"Itu dikaji sampai bulan Maret. Sampai Maret diputuskan, sebetulnya Perpres sudah diputuskan," kata Airlangga.

Namun, Airlangga tak menyebutkan berapa kisaran harga gas industri nantinya. Ia hanya menyebut sesuai dengan Peraturan Presiden Nomor 40 Tahun 2016 tentang Penetapan Harga Gas Bumi.

Sejalan dengan Airlangga, Menteri ESDM Arifin Tasrif menyatakan bahwa Jokowi memberikan batas waktu tiga bulan untuk menentukan opsi penurunan harga gas industri. Ia berjanji akan menyelesaikan masalah ini dalam kuartal pertama 2020.

"Nanti dalam kuartal ini akan kami coba selesaikan," kata Arifin.

Arifin menyatakan porsi pemerintah US$2,2 per MMBTU memang dinilai memberikan beban tersendiri terhadap komponen harga gas. Menurutnya, dalam waktu tiga bulan ini pihaknya akan memutuskan opsi untuk menurunkan harga gas.

"Kan porsi pemerintah itu ada fiskal, yang digunakan terhadap komoditi gas. Jumlahnya kan US$2,2 (per MMBTU). Ini dianggap memberikan beban tersendiri terhadap komponen harga gas," ujarnya.


Sementara itu, Sekretaris Kabinet Pramono Anung menyatakan Jokowi meminta agar Perpres Nomor 40/2016 dijalankan. Pramono menyebut Jokowi memberikan waktu tiga bulan agar harga gas industri sekitar US$6 per MMBTU.

Pramono mengatakan Jokowi sudah menyampaikan tiga opsi kepada para jajarannya. Saat ini, kata Pramono, pemerintah akan fokus untuk menurunkan harga menjadi US$6 per MMBTU pada kuartal I 2020.

"Maka sekarang konsentrasinya adalah bagaimana bisa diturunkan menjadi US$6 per MMBTU pada kuartal I 2020," ujarnya. (h/cnn)

 Sumber : CNN Indonesia /  Editor : Heldi

Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Jumat, 27 Maret 2020 - 21:41:27 WIB

    Jokowi Akan Umumkan Kementerian Berkinerja Buruk ke Media!

    Jokowi Akan Umumkan Kementerian Berkinerja Buruk ke Media! JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan memberi sanksi ke kementerian/lembaga (k/l) dan pemerintah daerah (pemda) yang berkinerja buruk. Sanksi berupa teguran tertulis, publikasi di media massa nasional.
  • Jumat, 27 Maret 2020 - 18:37:16 WIB

    Ojol Ditagih Cicilan, Leasing Dianggap Tak Hiraukan Jokowi

    Ojol Ditagih Cicilan, Leasing Dianggap Tak Hiraukan Jokowi JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Sejumlah pengemudi transportasi online mengeluhkan masih ada perusahaan pembiayaan atau leasing yang tetap menagih cicilan kredit kendaraan mereka. Pengemudi menilai leasing tidak menghiraukan inst.
  • Jumat, 27 Maret 2020 - 12:30:56 WIB

    Pak Jokowi 'Please' Lockdown Wilayah Jabodetabek!

    Pak Jokowi 'Please' Lockdown Wilayah Jabodetabek! JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -  Pemerintah Kota Tegal telah mengambil keputusan untuk melakukan lockdwon parsial guna mencegah penyebaran virus corona atau COVID-19 pada Kamis, 26 Maret 2020. Kini, desakan keputusan lockdown wi.
  • Kamis, 26 Maret 2020 - 17:01:17 WIB

    Demokrat ke Jokowi: Apa Tunggu Korban Banyak Baru Lockdown?

    Demokrat ke Jokowi: Apa Tunggu Korban Banyak Baru Lockdown? JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Anggota DPR RI dari Fraksi Partai Demokrat Putu Supadma Rudana mengkritik Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang berkukuh tak mengambil langkah karantina wilayah (lockdown) untuk mengatasi penyebaran v.
  • Kamis, 26 Maret 2020 - 14:47:08 WIB

    Ibunda Jokowi Dimakamkan, Pelayat Cuma Bisa Pantau dari Jauh

    Ibunda Jokowi Dimakamkan, Pelayat Cuma Bisa Pantau dari Jauh SOLO, HARIANHALUAN.COM - Prosesi pemakaman mendiang Sudjiatmi Notomiharjo, Ibunda dari Presiden Joko Widodo atau Jokowi digelar di Pemakaman Keluarga Mundu, Selokaton, Gondangrejo, Kabupaten Karanganyar, Kamis (26/3/2020). Na.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM