Dubes Iran: Pembunuhan Jenderal Soleimani Akan Dibalas dengan Tegas


Senin, 06 Januari 2020 - 20:56:13 WIB
Dubes Iran: Pembunuhan Jenderal Soleimani  Akan Dibalas dengan Tegas Ratusan ribu warga menghadiri prosesi pemakaman mendiang Mayor Jenderal Qassem Soleimani dan Komandan Milisi Iraq Abu Mahdi al-Muhandis di Teheran, Iran, Senin (6/1/2020). REUTERS/WANA/Nazanin Tabatabaee

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM- Kedutaan Besar Iran untuk Republik Indonesia di Jakarta mengutuk serangan Amerika Serikat (AS) yang menewaskan Komandan Brigade Quds, Garda Revolusi Iran Mayor Jenderal Qasem Soleimani. Serangan itu dianggap pelanggaran atas piagam PBB.

Dalam keterangan resminya, Kedubes Iran di Jakarta menyampaikan belasungkawa atas atas pembunuhan Mayjen Qasem Soleimani dan Wakil Komandan Hashd al-Shaabi Irak, Abu Mahdi al-Muhandis. 

Keduanya merupakan tokoh-tokoh anti terorisme kepada Pemimpin Agung Iran, warga Iran dan seluruh komunitas internasional termasuk masyarakat Indonesia.

”Kami mengutuk aksi AS atas Mayjen Qasem Soleimani yang merupakan simbol dan pahlawan antiterorisme dan radikalisme di kawasan Timur Tengah. Jasa, pengorbanan, keberanian dan keahlian Mayjen Soleimani dalam memerangi ISIS dan kelompok takfiri di Suriah dan Irak merupakan bagian dari sejarah kontemporer yang tak akan terlupakan,” bunyi pernyataan Kedubes Iran, Senin (6/1/2020).

Kedubes menyatakan, tindakan AS merupakan serangan teror terhadap pejabat resmi Republik Islam Iran dan merupakan bentuk nyata dari aksi terorisme yang berbasis pemerintahan atau terorisme negara. Tindakan itu juga pelanggaran yang luas terhadap berbagai peraturan internasional dan piagam PBB.


Berdasarkan pernyataan pejabat tinggi Irak, pasukan asing (pasukan AS) melakukan aksi teror terhadap Mayjen Qasem Soleimani saat berkunjung ke Bagdad sebagai tamu resmi negara. Tindakan itu merupakan sebuah pelanggaran kedaulatan negara Irak sebagai negara yang berdaulat.

”Tindakan jahat yang dilakukan atas konsultasi dan provokasi Rezim Zionis Israel adalah sebuah kesalahan strategis yang akan berujung pada peningkatan rasa ketidakamanan di kawasan,” kata Kedubes.

Aksi teror ini, lanjut pernyataan itu, juga bertentangan dengan komitmen internasional AS dalam memerangi terorisme dikarenakan AS dengan tindakan kejinya sedang melawan orang-orang dan pihak-pihak yang berperang dengan kelompok teroris.

Mati syaahidnya Mayjen Soleimani tidak akan dapat menghentikan perlawanan terhadap terorisme dan ekstrimisme di kawasan, tetapi akan memperkuat pohon muqawama di kawasan dan dunia.

”Republik Islam Iran akan mengerahkan seluruh kapasitas politik, hukum dan internasionalnya untuk membalas teror jahat ini. Iran tidak akan terpancing oleh perkembangan situasi dan akan memberikan pembalasan yang tegas pada waktu dan tempat yang diharapkannya.”

Qasem Soleimani tewas oleh serangan drone AS di Bandara Internasional Bagdad, Irak, Jumat (3/1/2020). Presiden AS Donald Trump menyebut serangan itu untuk melindungi warga dan kepentingan AS di Timur Tengah. Trump juga memperingatkan AS akan memukul Iran lebih keras daripada sebelumnya jika republik Islam membalas pembunuhan salah satu jenderal topnya.*

 Sumber : iNews.id /  Editor : Dodi

Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis, 26 Maret 2020 - 22:22:36 WIB

    Kedubes AS Perintahkan Keluarganya Tinggalkan Indonesia

    Kedubes AS Perintahkan Keluarganya Tinggalkan Indonesia JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -- Kedutaan Besar Amerika Serikat (AS) untuk Indonesia mengimbau anggota keluarga Kedubes mereka yang berusia dibawah 21 tahun untuk meninggalkan Indonesia. Keputusan itu diambil atas dasar pertimban.
  • Selasa, 21 Januari 2020 - 11:59:17 WIB

    Iran Gempur Pangkalan AS di Irak, Kantor Kedubes Nyaris Hancur Kena Serangan Roket!

    Iran Gempur Pangkalan AS di Irak, Kantor Kedubes Nyaris Hancur Kena Serangan Roket! BAGHDAD,HARIANHALUAN.COM- Pihak diduga pendukung Iran,  melancarkan serangan lagi ke pangkalan militer Amerika Serikat (AS) di Irak dan Kedutaan Besar AS, Selasa pagi tadi..
  • Rabu, 06 November 2019 - 07:39:26 WIB

    Ini Respon Dubes AS soal Rencana Prabowo ke Amerika

    Ini Respon Dubes AS soal Rencana Prabowo ke Amerika JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Amerika Serikat menyatakan tetap mengedepankan aspek hak asasi manusia ketika ditanya kemungkinan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto mengunjungi AS..
  • Rabu, 30 Oktober 2019 - 17:27:24 WIB

    Kedubes Israel se Dunia Tutup, Ada Apa?

    Kedubes Israel se Dunia Tutup, Ada Apa? JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Kedutaan besar Israel di seluruh dunia tutup pada hari ini, Rabu (30/10). Penyebabnya adalah diplomat dan atase militer mereka melakukan mogok kerja karena berselisih dengan negara soal sejumlah bi.
  • Ahad, 08 September 2019 - 15:31:12 WIB

    Bom Mobil Meledak di Dekat Kedubes AS di Kabul, 10 Warga Sipil Tewas

    Bom Mobil Meledak di Dekat Kedubes AS di Kabul, 10 Warga Sipil Tewas KABUL, HARIANHALUAN.COM – Sedikitnya 10 orang tewas dalam peristiwa bom mobil di Kota Kabul, Afghanistan, tepatnya dekat kompleks diplomatik yang juga menjadi lokasi kantor Kedutaan Besar Amerika Serikat (Kedubes AS), Kamis.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM