Sering Pakai Earphone? Anda Berisiko Terkena Penyakit Ini


Selasa, 07 Januari 2020 - 12:02:20 WIB
Sering Pakai Earphone? Anda Berisiko Terkena Penyakit Ini Ilustrasi

KESEHATAN, HARIANHALUAN.COM - Kebanyakan orang biasanya memilih mendengarkan musik menggunakan perangkat tambahan, seperti earphone dan semacamnya. Tapi, ternyata terlalu sering menggunakannya bisa berisiko terkena penyakit tinnitus. Hal ini dijelaskan oleh konsultan sekaligus dokter bedah spesialis THT di Rumah Sakit Aster CMI, dr Girish Anand.

"Kebiasaan mendengarkan musik dengan keras menggunakan perangkat seperti earphone bisa menyebabkan gangguan pendengaran tinnitus, tergantung dari intensitas dan frekuensi suaranya," ujarnya yang dikutip dari Times of India.

Menurut dr Santosh S, salah satu konsultan senior THT di Columbia Asia Hospital Hebbal, tinnitus merupakan gejala kerusakan pada saraf yang ada di telinga. Suara yang dihasilkan akan langsung mengarah ke gendang telinga dan bisa berbahaya.

"Jika ini tidak diatasi secepatnya, bisa merusak saraf secara permanen. Saat tinnitus tidak ditangani dengan baik, bisa menimbulkan suara yang mengganggu di telinga secara permanen. Selain itu, suara yang ditimbulkan bisa menyebabkan frustasi pada yang mengalaminya," jelasnya.
 

Gejala tinnitus

Di telinga muncul bunyi dengungan, mendesis, bersiul yang terjadi sesaat tapi berlangsung terus menerus. Gejala yang paling parah bisa menyebabkan kecemasan, depresi, mudah marah, gangguan tidur, dan stres.

Tinnitus juga dikaitkan dengan risiko tekanan darah tinggi, penyebab tumor di kepala dan leher, penyumbatan di pembuluh leher, neuroma akustik (tumor di area otak dengan masalah pendengaran dan keseimbangan), gangguan tiroid, otosklerosis yang melibatkan tulang telinga, penyakit Ménière (telinga bagian dalam) gangguan yang mempengaruhi keseimbangan dan pendengaran).

Pencegahan tinnitus

Sebagai pencegahannya, para ahli merekomendasikan untuk mulai hindari paparan suara yang keras, jauhi kafein, dan nikotin. Bila ingin gunakan perangkat tambahan, dianjurkan untuk menggunakan headphone. Ini karena suara tidak langsung menekan pada gendang telinga. (*)

 Sumber : detik.com /  Editor : NOVA

Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis, 23 Januari 2020 - 11:31:42 WIB

    Jokowi Bela Prabowo Sering ke Luar Negeri

    Jokowi Bela Prabowo Sering ke Luar Negeri JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Presiden Joko Widodo (Jokowi) 'pasang badan' terkait kunjungan kerja Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto yang kunjungan kerja ke luar negeri. Jokowi menyebut Prabowo melakukan diplomasi pe.
  • Jumat, 10 Januari 2020 - 16:03:24 WIB

    Anda Sering Buang Air Kecil? Mungkin Ini Sebabnya

    Anda Sering Buang Air Kecil? Mungkin Ini Sebabnya HEALTH, HARIANHALUAN.COM -- Sering bolak-balik ke toilet untuk buang air kecil tentu membuat risih. Di sisi lain, seberapa sering buang air kecil atau kencing sebenarnya adalah tanda yang sangat penting bagi kesehatan secara .
  • Jumat, 10 Januari 2020 - 08:30:21 WIB

    Makan Nasi Padang Jangan Terlalu Sering, Begini Penjelasan Ahli Gizi...

    Makan Nasi Padang Jangan Terlalu Sering, Begini Penjelasan Ahli Gizi... JAKARTA, HARIANHALUAN.COM- Masakan minang atau yang lebih dikenal dengan nasi padang memang terkenal dengan rasanya yang lezat, bahkan rendang pun menjadi salah satu masakan terenak di dunia. Namun, terlalu banyak mengonsumsi.
  • Rabu, 11 Desember 2019 - 15:19:19 WIB

    Terlalu Sering Olahraga Justru Membuat Tubuh Tidak Sehat, Mengapa?

    Terlalu Sering Olahraga Justru Membuat Tubuh Tidak Sehat, Mengapa? HEALTH, HARIANHALUAN.COM -- Olahraga memang bermanfaat bagi kesehatan, baik fisik maupun mental. Selain itu, juga efektif dalam menurunkan berat badan. Namun, kita juga sebenarnya butuh istirahat dari olahraga rutin, lho! .
  • Senin, 09 Desember 2019 - 17:54:48 WIB

    Ladies.., Jangan Sering Warnai dan Luruskan Rambut Ya, Ini Risikonya...

    Ladies.., Jangan Sering Warnai dan Luruskan Rambut Ya, Ini Risikonya... JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Rambut adalah mahkota wanita. Tak heran jika sejumlah wanita rela mengeluarkan banyak biaya demi rambut yang terlihat indah..
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM