Retribusi Parkir di Kota Solok Amburadul


Selasa, 07 Januari 2020 - 12:16:01 WIB
Retribusi Parkir di Kota Solok Amburadul Kondisi parkir di Lapangan Merdeka, Kota Solok

SOLOK KOTA, HARIANHALUAN.COM -- Sejumlah pihak meminta Pemerintah Kota (Pemko) Solok untuk menolehkan perhatian kepada penarikan restribusi parkir di depan lapangan Merdeka dan terminal Bareh Solok dalam upaya menambah Pendapatan Asli Daerah ( PAD) karena dua kawasan itu sangat potensial sekali.

Saat ini, parkir di tepi jalan umum itu dikelola perorangan dan uangnya tidak masuk ke kas daerah. Padahal, kawasan di depan Lapangan Merdeka itu merupakan kawasan jalan umum. 

"Parkir di tepi jalan umum sudah diatur melalui Surat Keputusan (SK) Walikota Solok," jelas beberapa orang pemuka masyarakat, Senin lalu.

Hanya saja didepan lapangan merdeka belumlah termasuk titik parkir yang ditentukan namun aktifitas parkir sudah berjalan sejak 1 tahun lalu. 

“Pemerintah Kota Solok perlu menerbitkan SK agar parkir didepan lapangan Merdeka memiliki legalitas," ujarsalah satu tokoh, A. Dt Rj Darek.

Kepala Unit Pelaksana Teknis Dinas ( UPTD) Perparkiran pada Dinas Perhubungan Kota Solok, Hendrizal kepada Haluan mengakui kawasan parkir di tepi jalan umum depan lapangan Merdeka belum termasuk dari 20 titik parkir yang ditentukan. 

Namun aktifitas parkir baik roda dua dan roda empat sudah berlangsung. Untuk mengelola parkir di titik tersebut harus diterbitkan SK Walikota Solok, Hendrizal sendiri sudah pernah membicarakan dengan pihak Badan Keuangan Daerah untuk dilakukan uji petik agar diketahui berapa target penerimaan di titik tersebut. 

Begitu juga di lokasi pasar sayur terminal Bareh Solok. Kepala bidang pendapatan pada Badan Keuangan Daerah Kota Solok, Susi Sofianti membenarkan kalau terjadi pemungutan uang parkir di depan lapangan Merdeka Solok. 

Pungutan yang dilakukan sejumlah orang disana tidak masuk ke kas daerah karena memang belum ditetapkan sebagai kawasan parkir. Logisnya Dinas Perhubungan mengajukan surat ke Walikota Solok untuk dilakukan kajian  uji petik. 

"Jika pimpinan memerintahkan BKD dilakukan uji petik segera dilaksanakan, BKD melalui bidang pendapatan tidak gentar sedikitpun melakukan uji petik karena kita mengabdi untuk negara khususnya di Kota Solok," papar putri mantan Walikota Solok Saidani (almarhum).

Jangankan untuk uji petik kawasan parkir di depan lapangan Merdeka Solok, sejumlah kios di Ruangan Terbuka Hijau ( RTH) pusat Kota Solok saya segel karena menunggak restribusi walaupun saat itu pengontrak atas nama mantan sejumlah anggota DPRD Kota Solok periode 10 tahun lalu. 

Tapi apa jadinya, setelah disegel baru dibayar restribusi dan sekarang kios di lokasi RTH dikontrak masyarakat umum, paparnya. (*)

Reporter : Alfian /  Editor : Agoes Embun

Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM