Peringati Harlah ke-47, PPP Bukittinggi Usung Rismaidi di Pilkada


Selasa, 07 Januari 2020 - 13:19:46 WIB
Peringati Harlah ke-47, PPP Bukittinggi Usung Rismaidi di Pilkada DPC PPP Kota Bukittinggi peringati Harlah PPP ke-47 di posko PPP Tangah Jua. Gatot

BUKITTINGGI, HARIAN HALUAN.COM - DPC Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Kota Bukittinggi,  memastikan bakal mengusung kader terbaiknya dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada)  Kota Bukittinggi 2020. Salah satu kader yang diusung PPP adalah Rismaidi, yang merupakan Ketua DPC PPP Bukittinggi.

Meski PPP Bukittinggi hanya meraih dua kursi di DPRD Kota Bukittinggi pada pemilu legislatif 2019 lalu, namun PPP tidak ingin menjadi perahu untuk mengantarkan calon kandidat yang akan bertarung di Pilkada 2020. Untuk itu, DPC PPP Bukittinggi akan memprioritaskan mengusung kadernya dalam Pilkada dengan menjalin koalisi partai politik (Parpol).

“Sesuai dengan amanah partai dan rapimnas PPP, bahwa untuk Pilkada 2020 PPP harus memperioritaskan kader untuk maju, bukan menjual perahu partai politik” kata Ketua DPC PPP Bukittinggi Rismaidi, didampingi sekretaris Dedi Fatria, usai memperingati Harlah PPP ke-47 ( 5 Januari 1973- 5 Januari 2020), di Posko PPP Bukittinggi Tangah Jua, Senin (6/1) malam.

Untuk menuju Pilkada 2020 tersebut ujar  Rismaidi,  DPC PPP Bukitinggi telah melakukan tahapan penjaringan dan pendaftaran  bakal calon walikota/wakil walikota bagi tokoh masyarakat,  sekaligus memberikan kesempatan bagi kader-kader PPP  untuk untuk meramaikan kontestasi politik lima tahunan tersebut.

 Adapun tokoh masyarakat dari berbagai kalangan yang telah malakukan pendaftaran ke DPC PPP  yakni Erman Safar, Martias Tanjung dan Trismon.  Sedangkan untuk kader PPP sendiri,  hingga penutupan pendaftaran tidak satupun kader partai yang ikut maju dalam Pilkada 2020, sehingga secara umum kader dan pengurus DPC Bukittinggi mendorong Ketua DPC untuk maju dalam Pilkada.

“Kader dan pengurus  mendorong Ketua DPC  untuk maju dalam Pilkada 2020. Sebagai kader yang menjalankan amanah partai, tentu kita siap dengan keputusan tersebut. Meski dalam Pilkada  DPC PPP tidak bisa mengusung bacalon sendiri, namun kita akan menajalin komonikasi dengan partai koalisi, yang saat ini tengah kita jajaki,” sebut Rismaidi.

Menurutnya, berdasarkan rapat pleno  DPC PPP Bukittinggi, maka PPP  telah menentukan sikap untuk pilkada Bukittinggi. Sikap tersebut diantaranya yakni, sebagai partai politik tidak mendukung pasangan calon independen. PPP mengusung pasangan calon melalui partai, dan PPP mengusung Ketua DPC sebagai bakal calon Walikota/Wakil Walikota.

“Kewenangan untuk penetapan pasangan calon dari PPP,  hanya sampai ketingkat wilayah/propinsi. Kita dari DPC diminta untuk mengusulkan dua nama pasangan calon untuk diajukan ke Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PPP Sumbar. Hal ini sesuai dengan hasil Rapimnas PPP,” ungkap Rismaidi.

Terkait dengan Harlah PPP ke-47 ulas Rismaidi, DPC PPP Bukittinggi melaksanakannya secara sederhana,  namun penuh makna. Sebab tema yang diusung pada Harlah ke-47 ini adalah "Mempertegas Komitmen Keislaman dan Kebangsaan". Dalam artian, seluruh kader harus dekat dengan ulama, santri, dan tokoh tokoh keagamaan lainnya dalam mewujudkan perjuangan partai yang berlandaskan keislaman.

Sementara itu Sekretaris PPP Dedi Fatria menambahkan, berdasarkan rapat pleno DPC PPP  Bukittinggi terkait dengan Pilkada 2020, maka kader dan pengurus partai secara umum sepakat untuk mengusung Rismaidi sebagai calon Walikota/Wakil Walikota. Untuk mengusung bakal calon ini, maka DPC PPP Bukittinggi akan menggandeng semua partai koalisi.

“Saat ini kita tengah menjajaki dan menjalin komonikasi dengan partai koalisi untuk mengusung pasangan calon. Sebab di DPRD Bukittinggi PPP hanya meraih dua kursi. Dengan perolehan dua kursi itu, maka PPP di DPRD bergabung berasama Fraksi Karya Pembangunan, gabungan partai Golkar dan PPP,” ujar anggota DPRD Bukittinggi ini. (h/tot)

Reporter : Gatot /  Editor : Heldi

Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM