Ilegal..? Tes Darah HIV oleh Yayasan Akbar Resahkan Warga Sawahlunto


Selasa, 07 Januari 2020 - 15:29:48 WIB
Ilegal..? Tes Darah HIV oleh Yayasan Akbar Resahkan Warga Sawahlunto Kegiatan pengambilan darah tes HIV oleh petugas dari Yayasan Akbar Padang, kegiatan yang tidak koordinasi dengan dinas kesehatan setempat, membuat resah masyarakat termasuk warga net. Ist

SAWAHLUNTO, HARIANHALUAN.COM -  Adanya aktivitas pemeriksaan darah HIV/AIDS disekitaran Muaro Kalaban Kecamatan Silungkang Kota Sawahlunto yang dilakukan oleh salah satu yayasan HIV/AIDS dari Padang, membuat tidak nyaman dn resah masyarakat sekitar, pasalnya kegiatan tersebut tidak melibatkan Dinas Kesehatan setempat atau tidak adanya koordinasi dengan OPD terkait termasuk pihak kepolisian.

Menanggapi hal itu Kepolisian Sektor Muarokalaban langsung melakukan penyelidikan dengan menemui aktivis yang melakukan kegiatan tersebut.

"Meski yayasan tersebut memang resmi dan bisa melakukan kegiatan tes darah HIV/AIDS itu, akan tetapi dalam pelaksanaan tidak melakukan koordinasi dengan pihak terkait dan juga dari pihak keamanan," ujar Kapolsek Muarokalaban, Iptu Usman Nurwidi kepada Haluan, Selasa (7/1).

Untuk sementara lanjut Kapolsek, kita menghentikan kegiatan tersebut sampai ada koordinasi dengan dinas terkait dalam hal ini Dinas Kesehatan Kota Sawahlunto.

"Kami juga meminta untuk memperlihatkan data legalitas yayasan yang bersangkutan. Meski yayasan resmi, karena melakukan aktivitas yang dinilai meresahkan masyarakat tentu kamiturun tangan untuk meminta penjelasan," ujarnya.

Senada dengan itu, Kepala Bidang Kesmas P2P Dinas Kesehatan Kota Sawahlunto, dr. Alansari menjelaskan, pihaknya tidak mengetahui aktivitas yang tengah dilakukan yayasan tersebut.

"Yayasan Akbar yang bermarkas di Jati Padang, memang lembaga resmi yang bisa melakukan kegiatan tersebut. Dan untuk wilayahnya bisa dilakukan sesuai dengan regional luasanya, dan biasanya yayasan tersebut melakukan kegiatan langsung tanpa melakukan koordinasi," ujarnya.

Sebelumnya terjadi keresahan masyarakat setelah adanya postingan warga net di media sosial menyampaikan informasi agar masyarakat tudak sembarangan diambil darahnya dan tolong cari tahu darimana orang tersebut.

Akun atas nama Khen noprianto menginformasikan kepada teman teman yang tinggal sekitaran muarokalaban, sudah dua malam ini ada orang yang keliling periksa darah masyarakat alasannya untuk tes HIV dan mengatasnamakan dari puskesmas, sementara dari puskesmas dan dinas tidak ada kegiatan tersebut, jadi tolong diinformasikan kemasyarakat agar tidak sembarang diambil darahnya dan tolong cari tahu darimana orang tersebut, hubungi kader dan aparat desa untuk konfirnasi dan informasikan ke Bhabinkamtibmas Mkb, jika ada di desa lain tolong diinfokan juga..terimakasih. (h/rki)

Reporter : Riki Yuherman /  Editor : Heldi


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com


[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM