Jembatan Anak Aia Lakuak Kuai Sungai Limau Sementara Sudah Bisa Dilewati


Selasa, 07 Januari 2020 - 16:18:10 WIB
Jembatan Anak Aia Lakuak Kuai Sungai Limau Sementara Sudah Bisa Dilewati KONDISI jembatan komposit Anak Aia Lakuak Kuai di Nagari Koto Tinggi Kuranji Hilir yang dihantam banjir akhir akhir November 2019 lalu. TRISNALDI

PADANG PARIAMAN, HARIANHALUAN.COM - Pasca amblas beberapa waktu lalu, jembatan beton komposit Anak Aia Lakuak Kuai di Kalampaian Hulu, Nagari Kuranji Hilir Kecamatan Sungai Limau Kabupaten Padang Pariaman sudah dilantai batang kelapa agar bisa dilalui masyarakat.

Jembatan beton komposit itu, menghubungkan Nagari Koto Tinggi Kuranji Hilir dengan Batu Gadang Kuranji Hulu Kecamatan Sungai Geringging.

Sarana penghubung yang amblas, merupakan jalur urat nadi perekenomian masyarakat sebab, banyak hasil pertanian dan perkebunan masyarakat yang dibawa ke pasar menggunakan jalan ini.

Runtuhnya jembatan komposit, akibat hantaman banjir, pada akhir November 2019. Selain itu fondasi jembatanpun digerus air, itulah jadinya.

Bahagian lantai jembatan yang amblas dilantai dengan pohon kelapa, agar bisa dilewati masyarakat,

Kendaraan roda dua dan pejalan kaki yang bisa melewati jembatan tersebut, mobil tidak bisa, karena selain kondisi lantai jembatan, fondasi jembatanpun terkikis air banjir, berbahaya kalau dipaksakan.

Saat ini masyarakat bermobil berputar lalu ke Kampung Koto untuk menuju ke Korong Kalampaian hulu.

Nagari sudah memberi tahukan kondisi jembatan komposit yang amblas itu ke BPBD Kabupaten Padang Pariaman dan sudah ditinjau ke lokasi jembatan yang rusak.
Mudah-mudahan, dari apa yang diusulkan dan ditinjau BPBD itu, membuahkan hasil. Sehingga manfaat sarana fisik sarpras tersebut termanfaatkan secara maksimal,” sebut Wali Nagari Koto Tinggi Kuranji Hilir, Kecamatan Sungai Limau, Amizuir Dt Tansati kepada harianhaluan.com, Senin (6/1) kemarin.

Jembatan itu, sebutnya, berada pada jalur jalan Kabupaten Padang Pariaman. Jadi perbaikanyapun tidak bisa dengan dana desa, melainkan dengan dana APBD Kabupaten Padang Pariaman. (h/tri)

 

Reporter : Trisnaldi /  Editor : Heldi
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]