Baralek Gadang Putri ke-5 Gubernur Sumbar, Digelar 3 Hari 3 Malam


Selasa, 07 Januari 2020 - 16:31:19 WIB
Baralek Gadang Putri ke-5 Gubernur Sumbar, Digelar 3 Hari 3 Malam Gubernur Sumbar, Prof. Dr. H. Irwan Prayitno, Psi, M.Sc-Hj. Nevi Zuairina baminantu. Resepsi pernikahan putri ke-5 Gubernur Sumbar, yang bernama Atika, SE, M. Mgt (HR) dengan Naufal Muhammad, B. Eng (Hons) putera pertama dari pasangan Ir. H. Mugiono, MM dan dr. Hj. Harmiyati, MM, dilangsungkan di kediaman Auditorium Gubernuran, Minggu (5/1/2020).

Baralek Gadang Putri ke-5 Gubernur Sumbar, Digelar 3 Hari 3 Malam

PADANG, HARIANHALUAN.COM

Gubernur Sumbar, Prof. Dr. H. Irwan Prayitno, Psi, M.Sc Datuak Rajo Bandaro Basa menggelar pesta pernikahan untuk anaknya, Atika, SE, M. Mgt (HR). Putri ke-5 Irwan Prayitno-Hj. Nevi Zuairina itu resmi menikah dengan Naufal Muhammad, B. Eng (Hons) putra pertama dari pasangan Ir. H. Mugiono, MM dan dr. Hj. Harmiyati, MM.

Pesta mewah tersebut berlangsung tiga hari tiga malam dimulai dari hari Jumat, 3 Januari 2020 hingga Minggu, 5 Januari 2020.

Pada hari pertama, Jumat (3/1/2020) digelar akad nikah. Kemudian dilanjutkan dengan "Malam Bagurau" yang dihelat di panggung terbuka gubernuran bersama sanak saudara dan handai tolan. Acara tersebut juga diiringi dengan dendang di Minangkabau, serta diselingi dengan hiburan kasidah.

Pada Sabtu (4/1/2020) digelar acara "Babako" yang dimulai dari rumah gadang Taratak Paneh, Korong Gadang, Kuranji menuju Gubernuran dengan baarak babendi. Rombongan "Induak bako" atau saudara perempuan dari pihak ayah di Minangkabau berjalan mulai dari gerbang pintu masuk sambil membawa persyaratan adat menuju rumah "Anak pisang" atau anak dari saudara laki-laki ibu saat tadisi "babako" di Sumbar.

Tak lupa pula, keluarga besar Irwan Prayitno menjamu anak yatim, fakir miskin dan kaum dhuafa sekitar 100 orang. Setelah itu, dilanjutkan dengan membaca dan Khataman Al Quran dari 100 orang anak Yatim Dhuafa secara bergantian untuk mengaji masing-masing 3 lembar Al Quran. Diakhir acara Ustadz Asriyal. S.Sos memberikan Tausyiah dan Doa sebagai penutup.

Sementara, acara resepsi nan megah itu dilangsungkan di Auditorium Gubernuran, Jalan Jenderal Sudirman, Kota Padang, Sumbar, Minggu (5/1/2020). Rangkaian kegiatannya, diisi dengan nuansa islami yang membuat undangan berdecak kagum. Meskipun tampak mewah, namun adat istiadat Minangkabau tak luput pada acara pernikahan tersebut.

Acara pernikahan putri Gubernur Sumbar itu juga dihadiri banyak petinggi-petinggi di Indonesia maupun daerah. Mereka yang hadir antara lain Menteri, Wakil Menteri, pejabat Kementerian Pusat, DPR RI, DPRD Sumbar, Bupati Walikota se Sumbar, anggota DPRD, Forkopimda, pejabat eselon II, serta ribuan tamu undangan lainnya.

Pada kesempatan itu, Irwan Prayitno sekaligus mewakili keluarga kedua mempelai menyampaikan terima kasih yang tidak terhingga atas budi baik dan sumbangan tenaga serta pikiran Bapak/Ibu berikan. Semoga Allah SWT membalasnya dengan berlipat ganda pahala dan senantiasa memberikan limpahan rahmat dan hidayah-Nya serta meridhoi usaha kita bersama. Amin Ya Rabbal Alamin.

"Kami kedua mempelai mengucapkan terima kasih yang tidak terhingga kepada semua pihak, panitia yang berkenan membantu dengan ikhlas, sehingga acara pernikahan ini sukses terlaksana," ungkap Irwan.

Irwan juga turut mengucapkan selamat atas pernikahan puteri kelima beliau. Dan, mendoakan kedua mempelai selalu bahagia dalam menjalani kehidupan berumah tangga.

"Anakku, semoga Allah SWT memberi berkah padamu disaat rumah tanggamu dalam keadaan harmonis, dan semoga Allah SWT tetap memberi keberkahan dalam mengarungi bahtera rumah tangga menjadi keluarga Sakinah, Mawadah dan Warohman. Semoga Allah SWT mengumpulkan kalian berdua dalam kebaikan, Aamiiin Ra rabbal Alamin," ucap Irwan.

"Semoga kedua pengantin hidup bahagia diberi keberkahan dalam mengarungi bahtera rumah tangga menjadi keluarga samara. Amin ya rabbal alamin," ucap Irwan lagi.

Sementara itu, Wagub Sumbar Nasrul Abit mengucapkan terima kasih untuk semua pihak, termasuk sanak keluarga kedua mempelai, tetangga, teman sejawat, handai tolan dan tamu undangan, khususnya kepada segenap panitia yang tulus ikhlas meluangkan waktu dan tenaga demi suksesnya acara ini.

"Kami menyadari bahwa resepsi pernikahan ini tidak mungkin dapat terlaksana dengan baik dan meriah tanpa bantuan Bapak dan Ibu semua," ucap Nasrul Abit.

Selanjutnya Wagub Nasrul Abit memberikan selamat kepada Atika dan Naufal yang telah menjadi Suami Istri. Semoga menjadi keluarga Sakinah Mawadah Warohman (Samawa).

"Semoga ananda berdua bisa saling mencintai hingga maut memisahkan, menjaga kehormatan dikala jauh, menghibur dikala duka, mengingatkan dikala suka, mendo'akan dalam kebaikan serta saling menyempurnakan dalam beribadah kepada Allah SWT. Aamiiin YRA," katanya.

“Kita doakan Atika dan Naufal selalu bahagia sepanjang hidupnya. Barakallahu laka, wa baraka 'alaika, wa jama'a bainakuma fî khairin wa 'afiyah," imbuh Wagub Sumbar. (h/milna)

Reporter : Milna /  Editor : Milna

Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Ahad, 29 Maret 2020 - 13:53:35 WIB

    Imbauan Social Distancing, Polisi di Pasaman Bubarkan Acara Baralek

    Imbauan Social Distancing, Polisi di Pasaman Bubarkan Acara Baralek PASAMAN, HARIANHALUAN.COM -- Cegah penyebarluasan Virus corona (Covid-19) di tengah masyarakat, Kepolisian Sektor (Polsek) Bonjol, Kabupaten Pasaman membubarkan sejumlah pesta pernikahan warga. Kapolsek Bonjol, Iptu Yeeni Bra.
  • Selasa, 04 Oktober 2016 - 01:09:50 WIB

    Lengayang Baralek Gadang, Ribuan Warga Meriahkan Tahun Baru Islam

    Lengayang Baralek Gadang, Ribuan Warga Meriahkan Tahun Baru Islam PAINAN, HALUAN — Ribuan warga Ke­camatan Lengayang Kabupaten Pesisir Selatan sambut tahun baru Islam 1 Muharram 1438 H di Lapangan Hijau Telaga Hara­pan Kambang Barat Minggu (2/10). Penyam­butan tahun baru tersebut diisi.
  • Selasa, 30 Agustus 2016 - 04:07:07 WIB

    IKKTD Baralek Gadang dan Halalbihalal

    IKKTD Baralek Gadang dan Halalbihalal JAKARTA HALUAN — Ba­ra­lek Gadang & Halal Bihalal IKKTD Ikatan Kerukunan Keluarga Tanah Datar (IKKTD), Luhak Nan Tuo Jabodetabek ya­ng diselenggarakan di Ge­dung Serba Guna Gelora Bung Karno Senayan Jakarta, Minggu (2.
  • Senin, 23 Mei 2016 - 05:39:36 WIB
    Penobatan Urang Tuo, Monti dan Pandito

    Suku Caniago Pematang Panjang Baralek Gadang

    Suku Caniago Pematang Panjang Baralek Gadang SIJUNJUNG, HALUAN — Suku Caniago di Nagari Pematang Panjang, baralek gadang.Tiga putera terbaik di suku tersebut, dinobatkan gelarnya sebagai urang tuo, Monti dan Pandito di kaumnya..
  • Kamis, 08 Januari 2015 - 19:21:33 WIB

    Nagari Aia Tabik Baralek Gadang

    BATAGAK PENGHULU DIHADIRI GUBERNUR

    PAYAKUMBUH, HALUAN —Gelar batagak penghulu di nagari Air Tabik, Payakumbuh Timur, meriah. Anak nagari Aia Tabik, beralek gadang mambangun soko, melibatkan 15 ni.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM