Waspada! China Kirim Lagi Tambahan Dua Kapal Coast Guard ke Perairan Natuna


Selasa, 07 Januari 2020 - 19:54:49 WIB
Waspada!  China Kirim Lagi Tambahan Dua Kapal Coast Guard ke Perairan Natuna Kapal Coast Guard China di perairan Natuna Utara. (ANTARA FOTO/HO/Dispen Koarmada I-CNNI).

JAKARTA,HARIANHALUAN.COM-Angkatan Laut China tengah mengirim lagi dua kapal Coast Guard ke perairan Natuna Utara, Kepulauan Riau. Bahkan terpantau dua kapal tambahan itu telah  bergerak dari  pelabuhan Nansha, China, menuju perairan Natuna Utara.

Kepala Badan Keamanan Laut (Bakamla) Laksamana Madya Achmad Taufiqoerrochman menyatakan, Bakamla sudah mendeteksi dua kapal Coast Guard China itu bergerak dari Nansha, China, menuju perairan Natuna Utara. Selain itu pihaknya melihat ada satu kapal logistik China dalam kondisi siaga.

Sejauh ini, sudah ada tiga kapal Coast Guard China, dua di antaranya bertahan di perairan Natuna Utara.Selain itu sejumlah kapal nelayan China juga berada di kawasan tersebut.

Bakamla saat ini tengah mengamati pergerakan dua  kapal Coast Guard China tersebut. 
"Kelihatannya ada perkuatan. Nah apakah perkuatan ini memang memperkuat atau mengganti yang ada, nanti kami akan lihat perkembangannya," ujar Achmad di Kantor Kemenko Polhukam, Jakarta, Selasa (7/1).

Lebih lanjut, Achmad menyampaikan total ada tiga kapal Coast Guard China di kawasan utara perairan Natuna, dua di antaranya stay. 


Terkait dengan hal itu, Achmad mengklaim Bakamla bakal mengambil sikap untuk merespons langkah China tersebut. Meski enggan secara spesifik membeberkan strategi yang bakal diambil, yang jelas Bakamla saat ini juga tengah mengirim dua kapal dari Batam untuk menambah armada yang berpatroli di perairan Natuna Utara.

Dengan mengacu pada Nine Dash-Line atau garis batas imajiner, Cina sebelumnya berkukuh mengklaim wilayah ZEE Indonesia. Kayakinan itu mendorong Cina melanggar garis batas ZEE Indonesia yang telah diakui oleh Konvensi Hukum Laut PBB atau United Nations Convention for the Law of the Sea (UNCLOS) 1982.

Indonesia  tentu tegas menolak klaim Cina tersebut. Menteri Luar Negeri Retno Sumardi mengaskan,  Indonesia secara tegas menolak klaim Cina tersebut."Kami tidak mengakui Nine Dash-Line karena itu line klaim sepihak yang dilakukan oleh Tiongkok (Cina), yang tidak memiliki alasan hukum yang diakui oleh hukum internasional, terutama UNCLOS 1982," tegasnya.
 

 Sumber : Cnnindonesia.com /  Editor : Dodi

Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa, 03 Maret 2020 - 06:21:40 WIB

    Waspada! Pagi Ini Gunung Merapi Erupsi Lagi

    Waspada! Pagi Ini Gunung Merapi Erupsi Lagi JAKARTA,HARIANHAUAN.COM-Gunung Merapi kembali erupsi, Selasa pagi pagu ini. Pantauan mata yang dilakukan warga dari lereng Boyolali menyebutkan, erupsi kali ini lebih besar dibandingkan erupsi 13 Februari lalu..
  • Ahad, 23 Februari 2020 - 09:14:39 WIB

    Waspada! BMKG Keluarkan Peringatan Dini Angin Kencang untuk  7 Daerah di Sumbar

    Waspada! BMKG Keluarkan Peringatan Dini Angin Kencang untuk  7 Daerah di Sumbar PADANG,HARIANHALUAN.COM-Peringatan Dini! Waspadai Potensi terjadi angin kencang dengan kecepatan maksimum 40 – 60 km/jam pada pagi hingga malam hari di wilayah Pasaman Barat, Agam, Padang Pariaman, Pariaman, Padang, Kep Men.
  • Senin, 27 Januari 2020 - 18:11:15 WIB

    Waspada! Penculik Anak Berkeliaran di Padang

    Waspada! Penculik Anak Berkeliaran di Padang PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Waspada! Masyarakat yang ada di Kota Padang kali ini diharapkan lebih hati-hati dalam menjaga anak-anaknya. Pasalnya, aksi penculikan anak kembali mencuat, bahkan sudah ada yang nyaris menjadi korb.
  • Selasa, 15 Oktober 2019 - 23:20:01 WIB

    Waspada! Kabut Asap Tebal Kembali Datang, Udara Sijunjung Tidak Sehat

    Waspada! Kabut Asap Tebal Kembali Datang, Udara Sijunjung Tidak Sehat SIJUNJUNG, HARIANHALUAN.COM- Sempat hilang karena hujan, kabut asap kiriman dari provinsi tetangga kembali menyelimuti Kabupaten Sijunjung..
  • Jumat, 06 September 2019 - 21:22:31 WIB

    Waspada! Warga Padang Terancam Kekeringan Air Bersih

    Waspada! Warga Padang Terancam Kekeringan Air Bersih PADANG, HARIANHAKUAN.CON – Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kota Padang terancam tak bisa beroperasi maksimal, gegara sejumlah intake (sumber air bahan baku) perusahaan daerah itu mengalami kekeringan..
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM