Iran Siap Serang Gedung Putih! Puluhan Orang Tewas Terinjak Saat Pemakaman Jenderal Soleimani


Selasa, 07 Januari 2020 - 20:24:52 WIB
Iran Siap Serang Gedung Putih! Puluhan Orang Tewas Terinjak  Saat Pemakaman Jenderal Soleimani Proses pemakaman Jenderal Qassem Soleimani yang tewas dalam serangan udara oleh Amerika Serikat. (Alireza Mohammadi/ISNA via AP)

TEHERAN,HARIANHALUAN.COM- Proses pemakaman perwira tinggi Angkatan Bersenjata Iran, Jenderal Qassem Soleimani yang tewas ditembaki pesawat nir awak Amerika Serikat, diwarnai insiden tragis. Puluhan orang dilaporkan tewas  terinjak-injak, Selasa (7/1/2020).

Menurut laporan stasiun televisi Iran yang dikutip Associated Press, memperlihatkan sejumlah orang terbaring di jalanan usai terinjak-injak. Beberapa dilaporkan meninggal di tempat.

Setidaknya 35 orang meninggal akibat terinjak-injak. Dalam insiden itu juga menyebabkan 48 orang luka-luka.
Proses pemakaman itu memang dipadati banyak pelayat sehingga mereka berdesakan di jalanan. 
Sejumlah orang terlihat berusaha membantu para korban. 

Menurut Kepala Badan Gawat Darurat Medis Iran, Pirhossein Koulivand, membenarkan ada korban meninggal dalam proses pemakaman Soleimani.

"Sangat disayangkan sejumlah penduduk meninggal dan terluka akibat terinjak-injak dalam proses pemakaman," kata Koulivand.

Sebelumnya, upacara menyambut kedatangan jenazah Soleimani di Ibu Kota Teheran pada Senin, dihadiri sekitar satu juta orang.

Iran menyiapkan hadiah sebesar USD80 juta (Rp1,1 triliun) bagi siapa saja yang bisa membawa kepala Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump. Sayembara ini diumumkan setelah serangan udara Amerika menewaskan komandan Pasukan Quds Iran, Jenderal Qassem Soleimani.

Pengumuman hadiah itu disiarkan langsung stasiun televisi Iran, Channel One, ketika jutaan orang Iran turun ke jalan untuk menghadiri pemakaman Soleimani.

"Iran memiliki 80 juta penduduk. Berdasarkan populasi Iran, kami ingin mengumpulkan USD80 juta, yang merupakan hadiah bagi mereka yang mendekati kepala Presiden Trump," bunyi eulogi pada prosesi pemakaman, yang juga disiarkan Al Arabiya

Sementara itu, Pemimpin Tertinggi Iran Ayatollah Ali Khamenei dan Presiden Hassan Rouhani telah berjanji untuk balas dendam secara keras terhadap AS atas kematian Soleimani. Ancaman balas dendam juga disuarakan kelompok-kelompok milisi pro-Iran, termasuk Hizbullah Lebanon.

Seorang anggota parlemen Iran, Abolfazl Abutorabi, dalam pidatonya yang berapi-api menyerukan warga negaranya untuk menyerang Gedung Putih secara langsung sebagai respons atas kematian Jenderal Soleimani.

"Kami dapat menyerang Gedung Putih itu sendiri, kami dapat merespons mereka di tanah Amerika. Kami memiliki kekuatan, dan insya Allah kami akan merespons pada waktu yang tepat," kata anggota parlemen Abolfazl Abutorabi. (*)

 Sumber : CNNI-SND /  Editor : Dodi

Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM