Suhu Panas! Ini Penjelasan BMKG


Rabu, 08 Januari 2020 - 12:07:42 WIB
Suhu Panas! Ini Penjelasan BMKG ilustrasi suhu panas

PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Dua hari belakangan, masyarakat di Kota Padang merasakan panas suhu atau cuaca lain dari biasanya. Kondisi ini dirasakan oleh masyarakat sejak pukul 09.00 WIB hingga pukul 17.00 WIB. Sehingga, banyak masyarakat yang mengurangi aktifitas keluar rumah. 

Kepala Seksi Observasi dan Informasi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Bandara Internasional Minangkabau (BIM), Yudha Nugraha memperkirakan suhu udara panas di beberapa wilayah di Provinsi Sumatera Barat (Sumbar), termasuk Padang akan terus meningkat hingga tiga hari ke depan.

Dia menambahkan, kondisi cuaca di Sumbar sebenarnya dalam kondisi normal. Namun, suhu udara memang lebih tinggi dari sebelumnya yaitu mencapai 35 derajat celsius. "Selain itu, tingkat kelembaban udara pada siang hari juga meningkat yakni mencapai 75 sampai 97 persen dari hari-hari sebelumnya," jelasnya.

Dia menjelaskan, pola angin saling berkaitan antara daerah yang satu dengan daerah lainnya yang terjadi di Sumbar saat ini. "Arah angin berasal dari Tenggara hingga Barat Daya dengan kecepatan 04 sampai 20 kilometer per jam. Kami melihat adanya pola angin tekanan udara rendah dari daerah Jawa," ujarnya. 

Kondisi tersebut menyebabkan tekanan udara yang rendah menarik masa udara basah di beberapa daerah sekitarnya seperti di beberapa wilayah di Sumbar. "Itulah yang menyebabkan beberapa wilayah di Sumbar menjadi panas, khususnya di Padang karena  tidak ada pertumbuhan awan sehingga panas yang dirasakan lebih terik dari hari biasanya," tuturnya kemudian.

Yudha memperkirakan peningkatan suhu di wilayah Sumbar tersebut akan terjadi hingga tiga hari ke depan. Sementara, potensi hujan hanya berupa hujan lokal dengan durasi waktu yang singkat yakni sekitar dua jam yang hanya terjadi pada sore hari di beberapa wilayah di Sumbar seperti di Bukittinggi, Padang Panjang dan Solok Selatan. (*)

 Editor : Agoes Embun

Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM