Wow..! Gelar Tiga Iven Besar, Kota Padang Bakal Jadi Pusat Kunjungan Awal Tahun Ini


Rabu, 08 Januari 2020 - 18:11:27 WIB
Wow..! Gelar Tiga Iven Besar, Kota Padang Bakal Jadi Pusat Kunjungan Awal Tahun Ini Wali Kota Padang Mahyeldi Ansharullah (tengah) saat jumpa pers dengan awak media di Balaikota Padang, Rabu (8/1/2020).


PADANG, HARIANHALUAN.COM- Pemerintah Kota (Pemko) Padang bakal menggelar tiga (3) iven besar yang akan dihelat pada bulan April 2020 nanti. Yakni Festival Bakcang Lamang Baluo, Selaju Sampan, dan Padang Kulineran. Iven ini dalam rangka meningkatkan angka kunjungan wisatawan dan UMKM di Kota Bingkuang.

Wali Kota Padang, Mahyeldi Ansharullah mengatakan, pada bulan April Pemko Padang akan mengadakan tiga iven yang luar biasa. Yaitu, Festival Bakcang dan Lamang Baluo, Selaju Sampan, dan iven Padang Kulineran. Agenda tersebut didukung oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) RI.

"InsyaAllah tahun 2020 ini kita sudah membuat kalender iven. Dalam kalender iven itu telah diagendakan kegiatan pada tanggal 3, 4, 5 April 2020. Yaitu pertama festival bakcang lamak baluo, kedua selaju sampan, dan padang kulineran," kata Mahyeldi, Rabu (8/1/2020).

Dengan adanya tiga iven yang ditabuh ini, Mahyeldi berharap promosi yang dilakukan kali ini juga maksimal. Promosi dilakukan dengan melibatkan media agar bisa dipublikasikan kepada masyarakat. Sehingga ditargetkan minimal hadir 10.000 orang pada perhelatan iven tersebut.

"Kita maksimalkan, kita hadirkan bapak/ibu semuanya untuk membantu mempublikasikan acara ini. Sehingga kita targetkan nanti hadir minimal 10 ribu orang," harap Mahyeldi.

Bahkan saat ini, kata Mahyeldi, pihaknya telah mempersiapkan iven 2021dan 2022. Dengan begitu, dapat meningkatkan dan meramaikan kunjungan hotel. Sebab, sudah menjadi kewajiban Pemko Padang untuk menghidupkan sektor perhotelan di Kota Padang.

"Kita telah mempersiapkan iven 2021 supaya dapat meningkatkan okupansi hotel di kota Padang, juga menggairahkan perekonomian. Apalagi pendapatan kota Padang tahun 2019 meningkat lebih kurang Rp80 miliar dibandingkan 2017, dan 2018," ujar Mahyeldi.

Sementara itu, Tim Pelaksana Calendar of Event (CoE) 2019 Kementerian Pariwisata, Raseno Arya mengapresiasi kinerja Mahyeldi sebagai Wali Kota Padang yang terus membangun pariwisata di kota Padang selama lima tahun terakhir.

"Alhamdulillah kalau beliau semampunya dikerjakan, jadi apapun kegiatan di kota Padang pasti kita dukung. Karena pariwisata ini yang bisa memberikan kesejahteraan UMKM, dan segala macam, hanya dari sektor pariwisata," kata Raseno Arya.

Penggagas even Tour de Singkarak (TdS) itu juga mengatakan agar banyak wisatawan berkunjung ke Kota Padang maka perlu digagas sejumlah iven. Kendati demikian jika setiap iven yang dilakukan tidak ada promosi dari media maka akan kurang gaungnya alias diam-diam saja.

"Jadi kami dari kementerian akan juga mempromosikan iven tersebut. Apalagi ini tiga iven sekaligus, jadi dimulai dulu dari pemerintah, setelah itu masyarakat yang datang dari Pekanbaru, Medan, Jakarta, dan sebagainya," ucap Raseno Arya.

Senada dengan Panitia Festival Bakcang Ayam dan Lamang Baluo,  Alam Gunawan mengatakan keberhasilan dan kemajuan suatu daerah juga bergantung terhadap kemajuan pariwisata daerah itu sendiri. Momen ini harus dipergunakan dengan sebaiknya.

"Kita dan semua orang mengetahui Padang memiliki pariwisata andalan  terdapat hamparan laut nan indah disertai sungai-sungai, perbukitan dan adanya kawasan kota lama  yang ada di samping kulinernya yang enak sekali," katanya. (*)

 Editor : Milna

Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM