Sempat Merajalela, Kemendag Blokir 54 Domain Entitas Ilegal Termasuk Binomo


Rabu, 08 Januari 2020 - 20:47:12 WIB
Sempat Merajalela, Kemendag Blokir 54 Domain Entitas Ilegal Termasuk Binomo Ilustrasi

Sempat Merajalela, Kemendag Blokir 54 Domain Entitas Ilegal Termasuk Binomo

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -- Kementerian Perdagangan melalui Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) kembali memblokir 54 situs entitas ilegal di bidang perdagangan berjangka komoditi termasuk Binomo pada November 2019. Pemblokiran ini menambah daftar situs ilegal di bidang perdagangan berjangka komoditi.

Kepala Bappebti Tjahya Widayanti mengatakan total domain yang telah diblokir Bappebti sepanjang 2019 yakni s253 domain. Pemblokiran tersebut dilakukan untuk melindungi masyarakat dari investasi ilegal.

"Pemerintah kembali memblokir 54 situs entitas ilegal di bidang perdagangan berjangka komoditi termasuk Binomo. Langkah ini diambil untuk melindungi masyarakat dari investasi ilegal yang berpotensi merugikan dan mewujudkan persaingan usaha yang sehat dalam kegiatan perdagangan berjangka," ujar Tjahya, dikutip dari laman resmi Kemendag, Rabu (8/1/2020).

Menurut Tjahya, dua domain Binomo sebelumnya yaitu https://binomo.net dan https://binomo.com telah diblokir Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) atas permintaan Bappebti. Akan tetapi pengelolanya tetap mencari celah lain.

Berdasarkan pengamatan dan pemantauan yang dilakukan Bappebti, situs web Binomo muncul kembali dengan alamat https://www.binomo.org dan https://www.binomo.binaryoptionindo.com. Sehingga, pada November 2019 Bappebti bekerja sama dengan Kemenkominfo kembali memblokir situs web Binomo tersebut.

"Bappebti secara rutin melakukan pemantauan dan pengawasan terhadap entitas ilegal yang melakukan penawaran kontrak berjangka tanpa memiliki izin dari Bappebti," tegas Tjahya.

Tjahya juga menjelaskan, penawaran investasi ilegal biasanya ditujukan kepada masyarakat awam atau investor pemula. Investasi tersebut memiliki risiko yang tinggi bagi para investor. Selain berpotensi mendapatkan keuntungan besar, investor juga dapat mengalami kerugian yang besar, bahkan dana investasi dapat hilang seketika.

"Masyarakat agar berhati-hati dengan penawaran investasi dengan menjanjikan keuntungan di luar kewajaran dalam waktu singkat tanpa menjelaskan risiko kerugian yang juga besar," imbau Tjahya.

Kepala Biro Peraturan Perundang-undangan dan Penindakan M. Syist menyatakan, sama seperti entitas-entitas yang pernah diblokir Bappebti sebelumnya, entitas-entitas yang diblokir Bappebti saat ini masih melakukan modus-modus yang serupa. Menurut Syist, modus yang tengah tren yaitu dengan menawarkan opsi biner atas kontrak komoditas seperti emas dan kontrak mata uang.

"Sedangkan modus-modus lama yang masih digunakan yaitu investasi berkedok forex dengan menjanjikan pendapatan tetap dalam bentuk," pungkasnya. (h/milna)

 Sumber : Kemendag RI /  Editor : Milna

Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Sabtu, 21 Maret 2020 - 13:11:40 WIB

    Sempat 'Rontok', IHSG Kembali Bangkit ke Teritori Positif

    Sempat 'Rontok', IHSG Kembali Bangkit ke Teritori Positif PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Setelah selama empat hari berturut-turut dihajar penurunan, Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) berakhir di teritori positif, pada Jumat (21/3/2020) kemarin..
  • Jumat, 25 Oktober 2019 - 16:13:11 WIB

    Dana Asing Sempat Cabut dari RI, Ada Kaitan dengan Kabinet?

    Dana Asing Sempat Cabut dari RI, Ada Kaitan dengan Kabinet? JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Bank Indonesia (BI) mencatat aliran modal asing yang masuk ke Indonesia sejak awal tahun hingga 24 Oktober 2019 tercatat Rp 210 triliun..
  • Kamis, 01 Agustus 2019 - 11:18:49 WIB

    Sempat Naik Dua Hari, Harga Emas Turun Hari Ini

    Sempat Naik Dua Hari, Harga Emas Turun Hari Ini JAKARTA, HARIANHALUAN.COM – Setelah sempat naik berturut-turut selama dua hari, Harga emas dilaporkan dilaporkan turun. PT Aneka Tambang Tbk (Antam) dijual pada harga Rp702,5 ribu per gram pada Kamis (1/8). Posisi ini turu.
  • Jumat, 05 Agustus 2016 - 04:00:05 WIB

    Kominfo Beri Domain Situs Gratis, Kesempatan Pelaku UMKM Promosikan Produk

    PADANG, HALUAN — Kementerian Ko­mu­­nikasi dan Informatika (Kominfo) me­nye­diakan 1 juta domain situs (web­si­te) gratis bagi para pelaku Usaha Mikro Ke­cil dan Menengah (UMKM) untuk mem­ban­tu para wirausaha mem.
  • Kamis, 24 Maret 2016 - 04:07:25 WIB
    Suku Bunga Acuan Turun

    Kesempatan Baik Tiga Sektor di Sumbar untuk Berkembang

    PADANG, HALUAN — Penurunan suku bunga acuan Bank Indonesia (BI rate) dari 7 persen menjadi 6,75 persen, diharapkan bisa memicu pertumbuhan ekonomi di Sumatera Barat (Sumbar). Turunnya suku bunga nantinya dominan akan ber­p.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM