Mantap, Sungai di Sumbar Akan Miliki 'Early Warning System' Banjir


Rabu, 08 Januari 2020 - 22:18:49 WIB
Mantap, Sungai di Sumbar Akan Miliki 'Early Warning System' Banjir Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Sumbar Rumainur

Mantap, Sungai di Sumbar Akan Miliki 'Early Warning System' Banjir

PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumbar berencana memasang sistem peringatan dini (Early Warning System) di sejumlah aliran sungai yang kerap banjir. Nantinya, EWS tersebut akan langsung terkoneksi ke komputer pemantau.

"Sebenarnya kita sudah mulai, dan pak Kalaksa sudah dulu bergerak. Saat ini baru dua daerah yang sudah dipasang EWS yakni di Limapuluh Kota dan Solok Selatan," kata Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Sumbar, Rumainur, Rabu (8/1/2020).

Idealnya, menurut Rumainur, kabupaten dan kota di Sumbar butuh EWS dibanyak tempat. Untuk Kota Padang di Kuranji dipasang CCTV, sehingga ketika hujan turun otomatis debit air mulai meningkat maka akan tampak jelas. Teknologinya tidak melulu EWS, sistemnya bermacam-macam, kalau CCTV kita juga nampak fisiknya.

Untuk di Limapuluh Kota, saat terjadi banjir besar beberapa waktu lalu tiang utama dari pipa itu dihantam oleh kayu dan patah bandulnya putus. Itulah nanti yang akan diprioritaskan sekarang, tapi kalau ada pemasangan baru, pihaknya akan memasang dengan sistim zona (dengan getaran air akan mengirim sinyal.

"Kalau sungainya naik getarannya lebih pendek, nanti di komputer akan ada bulatan di layar bahwasanya air sedang naik)," ujar Rumainur.

Lebih lanjut, kata Rumainur, karena sistimnya masih lama pemasangan bandul di dalam pipa, kalau air naik maka bandulnya terangkat dan akan mengirim sinyal ke komputer yang ada di Limapuluh kota yang kita kasih ke sana.

"Insyaallah, ke depan kalau kita dikasi anggaran pada perubahan maka akan diutamakan ke sana. Terlepas dari potensi tsunami, gempa bumi tapi yang nyata sehari-hari kita ada potensi banjir dan longsor, tidak ada salahnya jika kita juga lebih fokus ke situ," jelas Rumainur.

Banyak tempat yang bisa dipasang itu, nanti komputer untuk melihat itu letaknya dimana maka kita serahkan ke kabupaten kota supaya mereka langsung action. Provinsi tetap melakukan koordinasi dengan kabupaten kota, jika mereka butuh sesuatu yang lebih maka akan dipenuhi.

"Beberapa hal yang menjadi prioritas maka akan difokuskan ke sana, dan kita juga sudah punya ribuan relawan yang mengerti tentang bencana. Yang menggembirakan saat ini adalah komisi IV bersedia untuk mengawal hal tersebut," sambung Rumainur.

Ke depan, pihaknya akan fokus melakukan penyisiran sungai-sungai yang ada di kabupaten kota, tentunya akan bekerjasama dengan sejumlah pihak terkait. (h/milna)

Reporter : Milna /  Editor : Milna

Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Rabu, 21 Agustus 2019 - 15:57:36 WIB

    Mantap, Ada Program Kelas Pra Nikah di Payakumbuh

    Mantap, Ada Program Kelas Pra Nikah di Payakumbuh PAYAKUMBUH, HARIANHALUAN.COM - Bekerja sama dengan Kantor Kementerian Agama dan Dinas Kesehatan Payakumbuh, Yayasan Minang Peduli (YMP) mengadakan program Kelas Pra Nikah bagi sejumlah pasangan calon pengantin (catin) yang di.

BERITA TERPOPULER Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM