Komisioner Bawaslu Bukittinggi Kunjungi Kejari


Rabu, 08 Januari 2020 - 22:38:53 WIB
Komisioner Bawaslu Bukittinggi Kunjungi Kejari SILATIRAHMI - Komisioner Bawaslu Bukittinggi menjalin silaturahmi dengan Kepala Kejari Bukittinggi diruang kerja Kepala Kejari Bukittinggi, Rabu (8/1). YURSIL

BUKITTINGGI, HARIANHALUAN.COM - Komisioner Bawaslu Bukittinggi bersilaturahmi dengan Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Bukittinggi di ruang kerja Kajari Bukittinggi, Rabu (8/1) siang.

Kedatangan Ketua Bawaslu Bukittinggi Ruzi Haryadi didampingi  dua orang komisioner Eri Vatria dan Asneliwarni disambut oleh Kepala Kejari Bukittinggi  Feri Tas Dt. Toembidjo dan Kasi Pidum Arwin Adinata.

Pertemuan dengan penuh rasa kekeluargaan itu membahas terkait dengan pembentukan sentra  Penegak Hukum Terpadu (Gakkumdu) pada Pilkada Serentak yang akan dilakukan pada tahun ini di Bukittinggi. 

"Selain menjalin silaturahmi, kunjungan kami ke Kejaksaan Bukittinggi untuk berkoordinasi tentang pembentukan sentra Gakkumdu persiapan Pilkada Serentak tahun ini. Kita juga meminta personil Gakkumdu dari unsur Kejaksaan," kata Ketua Bawaslu Bukittinggi Ruzi Haryadi usai pertemuan kepada Haluan.

Sentra Gakkumdu itu sendiri akan dibentuk pada bulan Februari atau Maret mendatang, selain dari unsur Kejaksaan Gakkumdu juga akan diisi oleh personil Kepolisian. 

Terkait dengan Pilkada Serentak, Bawaslu sendiri saat ini mencermati masa cuti kepala daerah yang mencalonkan diri lagi.

"Untuk kepala daerah yang akan mencalonkan diri lagi nantinya Bawaslu mewacanakan cuti pada masa kampanye atau harus mengundurkan diri, dan ini sedang dibahas lagi di Bawaslu," kata Eri Vatria. 

Saat ini tambahnya, Undang Undang Pilkada tersebut saat ini sedang direvew jadi belum tentu kapan akan diberlakukan, tapi sebaiknya calon itu sebelum mendaftarkan diri ke KPU harus mengundurkan diri, hal itu sama dengan anggota dewan yang mencalonkan diri ikut Pilkada yang harus mengundurkan diri.

Sementara itu, Kepala Kejari Bukittinggi Ferri Tas mengatakan, Bawaslu Kota Bukittinggi meminta kesediaan pegawai kejaksaan untuk ditempatkan di sentra Gakkundu.

"Kita diminta untuk mempersiapkan 3 orang pegawai untuk mengisi anggota sentra Gakkundu," kata Feri Tas.

Ia menegaskan, sekecil apapun permasalahan Pilkada Serentak nantinya harus diantisipasi karena suhu politik di Bukittinggi selalu berubah ubah.

Sehari sebelumnya, Walikota Bukittinggi, Kapolres Bukittinggi dan Ketua Pengadilan Bukittinggi juga menjalin silaturahmi dengan Kepala Kejaksaan Nagari Bukittinggi di Kantor Kejari Bukittinggi.

Forkopimda tersebut berdiskusi tentang penanganan kasus kasus hukum diwilayah hukum Polres Bukittinggi. "Kegiatan ini dilakukan dengan tujuan untuk menjalin kemitraan dan sinergitas antar penegak hukum di Kota Bukittinggi, selain itu kegiatan yang seperti ini dilakukan untuk mempererat tali silaturahmi sesama penegak hukum," ungkap Kapolres Bukittinggi AKBP.  Iman Pribadi Santoso.(h/ril)

Reporter : Yursil /  Editor : Heldi

Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis, 25 Februari 2016 - 02:52:38 WIB
    Lakukan Pelanggaran Kode Etik

    Empat Komisioner KPU Sijunjung Dijatuhi Sanksi

    PADANG, HALUAN — Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) Sumbar, memberikan sanski berupa peringatan keras kepada empat orang komisioner KPU Sijunjung. Keputusan tersebut didasarkan kepada fakta yang telah dihimpun dal.
  • Kamis, 12 November 2015 - 18:46:20 WIB

    Mahasiswa Ingatkan Komisioner KPU

    KAWAL KKN

    Limapuluh Kota, Haluan — Ratusan mahasiswa gabungan dari Himpunan Mahasiwa Islam (HMI) cabang Payakumbuh dan Aliansi Mahasiswa 50 Kota, melakukan aksi demo ke.

  • Rabu, 07 Oktober 2015 - 19:43:05 WIB

    Oknum Komisioner KPU Disinyalir Tak Netral

    PASAMAN, HALUAN — Ketua Badan Kehormatan (BK) DPRD Kabupaten Pasaman, Suharjono, meminta para komisioner KPU dan aparatur Pegawai Negeri Sipil (PNS) di daerah itu, untuk bersikap netral pada pemilihan Bu.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM