Setelah 11 Hari Hanyut, Penjala Ikan Temukan Jenazah Rusdiyanto di Sungai Batang Bangko


Kamis, 09 Januari 2020 - 16:49:28 WIB
Setelah 11 Hari Hanyut, Penjala Ikan Temukan Jenazah Rusdiyanto di Sungai Batang Bangko Jenazah Rusdiyanto dievakuasi ke rumah duka. (Ist)

SOLOK SELATAN,HARIANHALUAN.COM- Empat orang penjala ikan di Catuih Api, Sungai Batang Bangko, Nagari Koto Baru temukan mayat Rusdiyanto (45) yang hanyut pada akhir Desember 2019 pada Rabu (8/1) sekira pukul 18.00 WIB.

"Para penjala ikan itu secara tidak sengaja melihat ada sosok jasad yang tidak utuh, tanpa kepala dan hanya tinggal tulang," kata Sudirman salah seorang Tokoh Masyarakat Nagari Pulakek ditempat domisili korban.

Sudirman mengatakan, Rusdiyanto meninggalkan dua orang anak dan seorang istri yang tinggal di Jorong Pulakek Tengah, Nagari Pulakek. "Proses evakuasi korban cukup lama dikarenakan akses menuju lokasi tidak bisa dilewati kendaraan. Setelah berhasil dievakuasi, korban langsung dikebumikan hingga selesai pukul 05.00  WIB pada Kamis (9/1). Pihak keluarga korban sudah mengikhlaskan kepergian korban sehingga tidak dilakukan lagi otopsi," sebutnya.

Dilingkungan, tempat tinggalnya imbuhnya Rusdiyanto dikenal cukup baik dan tidak pernah bermusuhan dengan tetangga. "Hobinya memancing, semasa hidup nyaris dilakukan tiap hari hobi tersebut. Tentunya, setelah mencari nafkah sebagai tukang ojek," katanya.

Ia mengatakan, keyakinan pihak keluarga akan jasad korban disebabkan ditemukannya baju dan mantel dari almarhum di sekitar lokasi penemuan mayat. "Mewakili warga Pulakek, Kami turut berduka cita atas kepergian korban semoga keluarga yang ditinggalkan tabah," ujarnya.

Terpisah, Kalaksa BPBD Solsel, Richi Amran melalui Sekretaris, Dicky Nanda Utama, mengatakan, kondisi mayat  tidak bisa dikenali karena berada di dalam sungai selama 11 hari.

"Sepertinya keluarga yakin mayat tersebut merupakan Rusdiyanto dari baju dan mantel yang ditemukan sehingga menolak untuk otopsi," sebutnya.

Jasad itu, imbuhnya ditemukan oleh Yon, Ar, Afdan dan Sis saat itu kondisnya tersangkut di aliran sungai Batang Bangko."Lokasi itu cukup jauh dan tidak bisa ditempuh dengan kendaraan sehingga petugas melakukan evakuasi dengan berjalan kaki," katanya. (h/jef)

Reporter : JEFLI /  Editor : Dodi

Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM