Gara-gara Angsuran Motor, Pria Ini Bunuh Istri Siri


Kamis, 09 Januari 2020 - 18:27:28 WIB
Gara-gara Angsuran Motor, Pria Ini Bunuh Istri Siri Tersangka pembunuh istri di Payakumbuh

PAYAKUMBUH, HARIANHALUAN.COM -- Dalam waktu cepat akhirnya Polisi Resort (Polres) Payakumbuh berhasil mengungkap kasus pembunuhan dengan korban wanita muda bernama Mutiara Putri (20). 

Korban meninggal di rumah kontrakannya di Simpang 4 Tarok, Kecamatan Payakumbuh Utara, Kota Payakumbuh dengan kondisi tangan dan kaki terikat, mulut dilakban dan berpakaian setengah bugil. 

Tersangka pembunuhan itu, tak lain adalah orang dekat korban yaitu suaminya sendiri. Tersangka yakni Jali Hamid (25), warga Koto Tua, Kecamatan Harau, Kabupaten Limapuluh Kota.

"Tersangka kita tangkap di Pekanbaru," terang AKBP Dony Kapolres Payakumbuh saat menggelar pers di Mapolres Payakumbuh pada Kamis (9/1) siang. 

Dijelaskan Kapolres, tersangka berupaya kabur ke luar Sumbar pasca melakukan pembunuhan terhadap istri nya sendiri. "Tersangka bakal kabur ke Batam, ditangkap ketika sedang menginap di Hotel Palma Pekanbaru," terangnya lagi.

Kronologis pembunuhan itu berawal ketika korban meminta uang kepada suami untuk membayar angsuran kredit sepeda motor. Karena tidak memiliki uang, tersangka sudah berupaya menjelaskan apa adanya kepada korban. 

Tapi, korban malah marah-marah kepada tersangka. "Terjadi cekcok antara korban dan tersangka," kata AKBP Dony. 

Ketika sedang cekcok, ternyata tersangka melihat korban saling membalas chatting di ponselnya dengan orang lain. Tersangka menanyakan korban chat dengan siapa, namun tidak ditanggapi.

"Cekcok menjadi-jadi. Keduanya bertengkar hingga pelaku memukul korban," tambah Kapolres.

Dalam keadaan emosi, tersangka lalu mencekik korban. Karena korban terus bersuara, tersangka malah menutup mulut dan korban dengan kain. 

"Tersangka kemudian melakban mulut dan hidung korban. Dalam keadaan lemah, kaki dan tangan korban diikat tersangka dengan tali," sebut Kapolres.

Penganiayaan korban hingga tewas itu, dilakukan tersangka dari pukul 23.00 WIB. Mengetahui korban tidak bernafas, sekitar pukul 00.30 WIB, tersangka kabur ke rumah orang tuanya yang ada di Taram, Kecamatan Harau, Kabupaten Limapuluh Kota dengan mobil. 

Sesampai di rumah orang tuanya, tersangka meminta kepada adiknya untuk diantarkan ke Tanjung Pati. Dari Taram ke Tanjung Pati, tersangka diantar anggota keluarganya dengan sepeda motor.

"Kemudian tersangka kabur ke Pekanbaru dengan menumpangi travel. Sedangka, keluarga tersangka saat itu belum mengetahui apa yang terjadi," ucap AKBP Dony.

Saat pelarian, tersangka membawa tiga unit ponsel. Yaitu ponsel milik korban, ponsel tersangka dan satu ponsel yang baru dibeli. "Tersangka terus monitor kondisi pasca kejadian di Payakumbuh melalui ponsel dengan menghubungi teman-temannya," ungkap Kapolres lagi. 

Sesampai di Pekanbaru, tersangka sempat kehilangan akal akan kabur arah kemana. Tetapi akhirnya tersangka memilih kabur ke Batam. Di hari itu, tersangka sempat membeli tiket pesawat Lion Air penerbangan Pekanbaru-Batam jadwal penerbangan pukul 18.00 WIB.

"Tersangka berencana akan terbang Rabu sore, tapi niatnya ke Batam batal. Akhirnya tersangka menginap di hotel. Saat menginap itu, tersangka berhasil diciduk. Ini berkat kerjasama tim gabungan, Sat Intel, Satreskrim termasuk keluarga tersangka," tutup AKBP Dony. (*)

Reporter : Dadang /  Editor : Agoes Embun

Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa, 31 Maret 2020 - 07:17:44 WIB

    Juru Parkir Jadi Tersangka Gara-gara Corona

    Juru Parkir Jadi Tersangka Gara-gara Corona PALEMBANG, HARIANHALUAN.COM - Polrestabes Palembang menetapkan D (33), juru parkir (jukir) Rumah Sakit (RS) Hermina Palembang, sebagai tersangka karena diduga menyebarkan video pasien yang disebut positif terpapar virus coron.
  • Ahad, 29 Maret 2020 - 23:00:52 WIB

    Seorang Menteri Bunuh Diri Gara-gara Khawatir Dampak Virus Corona

    Seorang Menteri Bunuh Diri Gara-gara Khawatir Dampak Virus Corona JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Menteri Keuangan Negara bagian Hesse, Jerman, Thomas Schaefer melakukan bunuh diri karena kekhawatiran yang tinggi atas dampak penyebaran wabah corona terhadap perekonomian negara tersebut..
  • Ahad, 01 Maret 2020 - 15:32:30 WIB

    Gara-gara Corona Umrah Luntang-lantung, Bagaimana Nasib Haji?

    Gara-gara Corona Umrah Luntang-lantung, Bagaimana Nasib Haji? JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Pemerintah Arab Saudi melarang kegiatan umrah ke kota suci Mekah dan Madinah bagi semua warga negara lain; tidak terkecuali Indonesia. Pelarangan yang mulai berlaku 27 Februari 2020 ini untuk mence.
  • Senin, 17 Februari 2020 - 12:04:30 WIB

    Dua Wanita Asal Padang Ditangkap Polres Mentawai Gara-gara Narkoba

    Dua Wanita Asal Padang Ditangkap Polres Mentawai Gara-gara Narkoba MENTAWAI, HARIANHALUAN.COM - Dua wanita yang diduga satu pengedar dan satu pengguna narkoba berhasil diamankan jajaran Polres Kepulauan Mentawai, pada Kamis (14/02) malam, sekira pukul 22:30 Wib, di Wisma Bintang, Jalan Raya .
  • Ahad, 09 Februari 2020 - 19:04:12 WIB

    Pekerja China Tewas di Proyek Meikarta, Pasti Bukan Gara-gara Corona?

    Pekerja China Tewas di Proyek Meikarta, Pasti Bukan Gara-gara Corona? JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Polisi menyatakan Tenaga Kerja Asing (TKA) China meninggal di proyek Apartemen Meikarta, Cikarang Bekasi, bukan akibat terinfeksi virus corona. Hasil autopsi sementara, TKA bernama Yuan Haisheng (4.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM