Hilangkan Jejak, Tersangka Curat Tukar Barang Bukti Hasil Curian


Kamis, 09 Januari 2020 - 19:43:10 WIB
Hilangkan Jejak, Tersangka Curat Tukar Barang Bukti Hasil Curian Sebanyak 5 orang pelaku Curat diekspos Kapolres Bukittinggi di Aula Mapolres Bukittinggi, Kamis (9/1).

BUKITTINGGI, HARIANHALUA.COM -- Seorang tersangka Pencurian Kendaraan Bermotor (Curanmor) satu unit mobil Kijang Grand Nopol BA 1832 KH tahun 1994 warna abu abu berhasil diamankan Tim Opsnal Polsek Baso di Jalan Kubu Karambia Nagari Batipuh Baruah, Kecamatan Batipuh, Tanah Datar, Rabu (8/1) sekitar pukul 18,00 WIB.

Modus tersangka berinisial AS (30), warga Jorong Kampuang XI, Nagari Sabu Mudiak, Kecamatan Batipuh, Kabupaten Tanah Datar ini adalah berpura-pura sebagai pedagang yang sedang mencari barang dagangan di rumah korban Afrizal di Gelanggang Jorong Koto Gadang, Nagari Koto Tinggi, Kecamatan Baso.

Setelah berkenalan dengan korban, tersangak pergi dan kembali datang ketika rumah korban kosong. Awalnya pelaku mengincar uang korban, namun karena melihat ada BPKB dan kunci kontak serta STNK, tersangka langsung membawa kabur semuanya. 

Untuk menghilangkan jejak, tersangka tidak menjual Barang Bukti (BB) itu, tapi menukarnya dengan satu unit Hyundai Atoz milik orang lain di daerah Batagak Kabupaten Agam.

"Modus yang dilakukan tersangka tergolong aneh. Dia menukar BB tersebut dengan mobil milik orang lain untuk menghilangkan jejak," kata Kapolres Bukittinggi AKBP Iman Pribadi Santoso ketika menggelar Konferensi Pers di Mapolres Bukittinggi, Kamis (9/1).

Kasus Curanmor itu, jelas mantan Kapolres Pasaman Barat ini, kemudian viral di medsos sehingga diketahui oleh  pemilik mobil Hyundai Atoz tersebut. 

Merasa tertipu, pemilik mobil Hyundai Atoz melaporkan kasus tersebut ke Polsek Baso. Hanya berselang satu hari dari kejadian, tersangka berhasil ditangkap dan saat ini diamankan di Mapolres Bukittinggi.

Kapolsek Baso, Iptu Yustian Syaiful mengatakan, tersangka berhasil masuk ke rumah korban dengan cara mencongkel jendela pada saat rumah sedang kosong karena ditinggal penghuni ke ladang

Dalam Konferensi Pers tersebut, Kapolres Bukittinggi juga mengungkap kasus Pencurian dan Pemberatan (Curat) dan Narkoba. 

Kedua kasus Curat dan Narkoba itu saat ini sangat meresahkan masyarakat. Sebanyak lima tersangka Curat dan 5 tersangka narkoba berhasil diamankan petugas.

"Untuk kasus Curat, Tim Cobra Polres Bukittinggi berhasil mengungkap kasus pembongkaran kedai di Kamang dan di Bukittinggi pada Selasa kemarin dengan 4 orang tersangka masing masingnya berinisial RM (30), RR (26), R 41 dan NA 42, sedangkan, satu orang berinisial AS (30) terlibat kasus Curanmor mobil kijang di Baso," kata Iman.

Dua orang diantaranya RM dan RR merupakan residivis kasus Curat dan Narkoba, bahkan RM terpaksa ditembak pada kaki ketika mencoba melarikan diri. Barang Bukti yang diamankan berupa 1 unit televisi dan tiga unit speaker aktif.

Kemudian, Satresnarkoba Polres Bukittinggi berhasil mengungkap kasus peredaran narkoba di Bukit Ambacang dengan lima tersangka diantaranya, OS (27), AAP (26). Dari tangan tersangka, petugas berhasil mengamankan barang bukti sebanyak 1,2 gram Sabu.

"Selanjutnya kita lakukan pengembangan dan kita amankan 3 orang lagi di daerah Sungai Tanang, Banuhampu, masing-masing AS (22) AH (24) dan DR (27). Dari tangan tersangka petugas berhasil mengamankan barang bukti berupa sabu seberat 1,8 gram sabu," ungkap Iman. (*)

Reporter : Yursil Masri /  Editor : Agoes Embun

Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM