Ada Apa..? Tiga Apotek dan 4 Toko Obat di Solsel Dapat "Warning" Dinkes


Kamis, 09 Januari 2020 - 21:11:49 WIB
Ada Apa..? Tiga Apotek dan 4 Toko Obat di Solsel Dapat Ilustrasi obat

SOLOK SELATAN, HARIANHALUAN.COM - Sebanyak tiga Apotek dan empat Toko obat di Solsel mendapatkan peringatan (warning) serta pembinaan dari Dinas Kesehatan (Dinkes) setempat, sepanjang 2019. Warning diberikan lantaran menjual obat yang kadaluarsa ataupun menjual obat yang dicabut edaranya dan dilarang oleh pemerintah.

"Tapi setelah diberikan peringatan dan pembinaan, pada umumnya Apotek dan Toko obat mematuhi sehingga tidak dicabut izinnya," kata Kepala Dinkes Solsel, Novirman pada Kamis (9/1) kepada Harianhaluan.com.

Ia mengaku, terhadap Apotek ataupun Toko obat tetap dilakukan pengawasan rutin secara berkala tiap enam bulan. "Apalagi jika ada pengaduan atau keluhan dari masyarakat, maka akan ditindaklanjuti," katanya.

Setelah mendapatkan laporan ataupun pengaduan dari masyarakat, maka selanjutnya pihak Dinkes bakal menyidak Apotek dan Toko obat tersebut. "Apabila benar ditemukan melanggar aturan dan ketentuan yang berlaku, sehingga diberikan peringatan dan pembinaan. Dan jika tidak diindahkan maka dicabut izinnya," sebutnya.

Disamping pengawasan dari Dinkes Solsel, imbuhnya juga dilakukan pengawasan dari Balai Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) Sumbar, secara berkala tiap empat bulan. Ia juga mengimbau masyarakat untuk selalu memperhatikan massa kadaluarsa obat ketika membeli dan sebelum mengkonsumsi. "Hal ini menghindari dampak negatif yang ditimbulkan," ujarnya.

13 Apotek yang berizin di Solsel yakni, di Kecamatan Koto Parik Gadang Diateh (KPGD) berjumlah 2, di Sungai Pagu 3, di Pauh Duo 2, di Sangir 4, Sangir Jujuan 1, Sangir Balai Janggo 1.

Untuk 20 Toko obat tersebar di Sungai Pagu berjumlah 5, di Sangir 6, Kecamatan Sangir Jujuan 5, Sangir Balai Janggo 1, Sangir Batang Hari 3. "Dari 20 Toko obat ini ada lima yang belum menjual obat dikarenakan belum ada asisten apoteker sebagai Penanggungjawab. Dan 2 Toko obat masih proses perizinan," tutupnya. (h/jef)

Reporter : Jefli /  Editor : Heldi

Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM