Revitalisasi Lima Pasar, Pemkab Pessel Ajukan Proposal ke Pusat


Kamis, 09 Januari 2020 - 21:21:53 WIB
Revitalisasi Lima Pasar, Pemkab Pessel Ajukan Proposal ke Pusat 5 pasar di Pessel yang akan direvitalisasi. Efrizal

PAINAN, HARIANHALUAN.COM - Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan mengajukan proposal senilai Rp20 miliar ke pemerintah pusat untuk membangun dan merevitalisasi lima pasar yang ada di daerah itu pada 2020.

"Ya, Kelima pasar itu adalah Pasar Lakitan, Air Pura, Lunang, Air Haji dan Sago," ucap Kepala Bidang Perdagangan, Dinas Koperasi, UMKM, Perdagangan dan Perindustrian Pessel, Hendro Kurniawan di Painan, Kamis (9/1).

Pembangunan masing-masing pasar, lanjut dia, diperkirakan menelan anggaran Rp5 miliar, sehingga total anggaran yang diajukan mencapai Rp20 miliar pula.

"Proposal pengajuan sudah kami sampaikan beberapa waktu lalu, kepastian dipenuhi atau tidaknya kami masih menunggu keputusan dari menteri perdagangan, setidaknya anggaran ini dapat direalisasikan untuk dua atau tiga pasar," ucapnya lagi.

Ia menuturkan, sejak beberapa tahun terakhir pembangunan pasar di daerah berjuluk Negeri Sejuta Pesona itu, intens dilakukan sebagai upaya mewujudkan pasar nyaman, bersih, dan indah bagi pembeli maupun penjual.

Ia mencatat, sepanjang 2019 lebih kurang sekitar Rp24,7 miliar anggaran baik dari kabupaten maupun pusat sudah digelontorkan untuk membangun dan merevitalisasi 11 pasar.

Pasar tersebut yakni, Pasar Batang Kapas, Pasar Cupak, Kambang, Mandeh, Lumpo, Sungai Sirah Silaut, Tapan, Inderapura, Muara Sakai, Balai Selasa, dan Labuhan.

Pada 2020 ini, selain mengandalkan pembangunan pasar melalui anggaran pusat, pihaknya juga menyiapkan anggaran APBD kabupaten sekitar Rp8 miliar.

"Alokasi anggaran dari APBD juga kami siapkan, sehingga dengan dana yang ada pasar-pasar di Pesisir Selatan bisa dibangun dengan maksimal," katanya.

Ia menambahkan, di Pesisir Selatan terdapat 50 pasar yang terdiri dari 11 pasar kecamatan, tiga pasar serikat dan 36 pasar nagari,” tutupnya. (h/efz)

Reporter : Efrizal /  Editor : Heldi

Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Ahad, 21 Juli 2019 - 23:08:51 WIB

    Revitalisasi Pasar Koto Baru Solusi Atasi Kemacetan Arus Lalulintas 

    Revitalisasi Pasar Koto Baru  Solusi Atasi Kemacetan Arus Lalulintas  TANAH DATAR, HARIANHALUAN.COM-Revitalisasi Pasar Koto Baru Kecamatan X Koto merupakan hal yang sudah lama diidam-idamkan. Masalah utamanya adalah menjadi penyebab kemacetan yang sudah menjadi momok bagi masyarakat. Saat ingin.
  • Ahad, 21 Juli 2019 - 15:49:45 WIB

    Revitalisasi Pasar Koto Baru Dimulai

    Revitalisasi Pasar Koto Baru Dimulai TANAH DATAR, HARIANHALUAN.COM - Revitalisasi Pasar Koto Baru Kecamatan X Koto merupakan hal yang sudah lama diidam-idamkan. Masalah utamanya adalah menjadi penyebab kemacetan yang sudah menjadi momok bagi masyarakat. Saat ing.
  • Senin, 01 Juli 2019 - 11:59:44 WIB

    Revitalisasi Aset Bersejarah Cikal Bakal Menuju Warisan Dunia

    Revitalisasi Aset Bersejarah Cikal Bakal Menuju Warisan Dunia SAWAHLUNTO, HARIANHALUAN.COM - Kebijakan besar yang diambil Pemerintah Kota Sawahlunto tahun 2004 silam, berupa revitalisasi aset bersejarah kota tambang, ternyata memiliki pengaruh besar, dalam mengantarkan Sawahlunto sebag.
  • Kamis, 27 Juni 2019 - 12:42:34 WIB

    Dua Pasar Tradisional Pasaman Direvitalisasi

    PASAMAN, HARIANHALUAN.COM - Pemerintah Kabupaten Pasaman, pada tahun anggaran 2019 akan melakukan revitalisasi bangunan dua pasar tradisional guna meningkatkan kenyamanan pedagang dan pembeli di pasar itu..
  • Selasa, 25 Juni 2019 - 16:01:47 WIB

    Revitalisasi Pasar Angkat Ekonomi Masyarakat Pessel

    Revitalisasi Pasar Angkat Ekonomi Masyarakat Pessel PESSEL, HARIANHALUAN.COM - Bupati Pessel, Hendrajoni menyatakan, program revitalisasi pasar bertujuan mengangkat perekonomian masyarakat, sekaligus meningkatkan minat masyarakat berbelanja di pasar..
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM