Bulog Sumbar Salurkan Beras 51 Ton untuk Korban Bencana, Kabupaten Solsel Penerima Terbanyak


Kamis, 09 Januari 2020 - 23:24:09 WIB
Bulog Sumbar Salurkan Beras 51 Ton untuk Korban Bencana, Kabupaten Solsel Penerima Terbanyak Kepala Bulog Divre Tomy Despalingga. Ist

PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Badan Urusan Logistik (Bulog) Divisi Regional (Divre) Sumbar menyebutkan sepanjang tahun 2019 lalu sudah menyalurkan bantuan beras untuk korban bencana alam di daerah itu sekitar 51 ton.

"51 Ton itu dari Januari hingga Desember ini. Paling banyak itu dua bulan terakhir ini, karena memang Sumatera Barat sedang dilanda berbagai bencana alam seperti banjir, banjir bandang, dan longsor," kata Kepala Bulog Divre Tomy Despalingga, baru-baru ini.

Menurut Tomi Despalingga, penyaluran bantuan beras paling banyak untuk Kabupaten Solok Selatan mencapai sekitar 30 ton. Sebab bencana banjir dan banjir bandang yang melanda Kabupaten Solok Selatan beberapa waktu yang lalu memang menyebabkan banyak masyarakat terdampak, sehingga membutuhkan bantuan beras yang cukup banyak.

Sementara itu, untuk di Kabupaten Limapuluh Kota pemerintah daerah masih melakukan pendataan untuk meminta bantuan cadang beras pemerintah (CBP).

"Namun Pemerintah Kabupaten Limapuluh Kota sudah mengeluarkan Cadang Beras Pemerintah Daerah (CBPD) untuk korban banjir sebanyak 3 hingga 5 ton," ungkap Tomi Despalingga.

Tomy Despalingga menambahkan, Bulog dalam menyalurkan beras untuk bantuan bencana alam melalui tiga cara yakni dari CBP, yang berhak mengeluarkan gubernur, walikota dan bupati. Sementara CBPD dibeli melalui APBD, kemudian dari Bencal Kemensos.

"Pada saat terjadi bencana, kepala daerah dapat langsung memerintahkan Bulog untuk mengeluarkan sejumlah beras di lokasi yang telah ditentukan. Beras tersebut sebagian dikirim ke dapur umum guna didistribusikan sebagai makanan, tetapi sebagian dibagikan langsung pada masyarakat yang terdampak bencana," tukasnya. (h/milna)

 Editor : Milna

Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis, 26 Maret 2020 - 19:16:26 WIB

    Bulog Sumbar Siapkan 11 Ribu Ton untuk Stok Tiga Bulan ke Depan

    Bulog Sumbar Siapkan 11 Ribu Ton untuk Stok Tiga Bulan ke Depan PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Bulog Divre Sumbar memastikan stok beras yang ada digudang aman untuk masyarakat hingga tiga bulan kedepan, artinya tersedia hingga Lebaran Idul Fitri 1441 Hijriah..
  • Jumat, 28 Februari 2020 - 19:27:01 WIB

    Bulog Sumbar Pastikan Stok Beras untuk Ramadhan Aman

    Bulog Sumbar Pastikan Stok Beras untuk Ramadhan Aman PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Badan Urusan Logistik (Bulog) Divisi Regional (Divre) Sumbar memastikan ketersediaan stok beras mencukupi jelang Ramadhan. Bahkan stok beras dipastikan aman hingga Lebaran 2020..
  • Jumat, 03 Januari 2020 - 19:29:19 WIB

    Banjir Kepung Jabodetabek, Bagaimana Nasib Beras di Gudang Bulog?

    Banjir Kepung Jabodetabek, Bagaimana Nasib Beras di Gudang Bulog? JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Banjir yang melanda Jabodetabek pada Rabu (1/1/2020) sempat melumpuhkan sejumlah aktivitas kegiatan ekonomi. Salah satunya, pendistribusian pangan beras..
  • Jumat, 29 November 2019 - 11:56:37 WIB

    Duh..! 20 Ribu Ton Beras Bulog Terancam Dibuang

    Duh..! 20 Ribu Ton Beras Bulog Terancam Dibuang JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Perum Bulog menghitung ada 20 ribu ton beras cadangan yang terancam di-disposal atau dibuang. Itu adalah beras yang telah disimpan lebih dari empat bulan atau berpotensi mengalami penurunan mutu..
  • Kamis, 21 November 2019 - 17:13:35 WIB

    Dirut Bulog Budi Waseso Minta Rp20 T ke Pemerintah, Untuk Apa?

    Dirut Bulog Budi Waseso Minta Rp20 T ke Pemerintah, Untuk Apa? JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Direktur Utama Perum Bulog Budi Waseso (Buwas) meminta agar pemerintah memberikan modal Rp 20 triliun untuk pengadaan cadangan beras pemerintah (CBP)..
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM