Usai Usir China, Jokowi 'Tawarkan' Natuna kepada Jepang


Jumat, 10 Januari 2020 - 11:20:16 WIB
Usai Usir China, Jokowi 'Tawarkan' Natuna kepada Jepang Presiden Joko Widodo

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Menteri Luar Negeri (Menlu) Jepang Toshimitsu Motegi bertemu Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam lawatannya ke Indonesia. Jokowi mengajak Jepang untuk berinvestasi di Natuna, Kepulauan Riau, yang belakangan ramai dibicarakan karena ZEE Indonesia di sana dimasuki oleh China. Kini, China sudah 'hengkang' dari sana.

"Izinkan saya menyampaikan beberapa hal yang berkaitan dengan prioritas Indonesia terkait dengan Jepang. Yang pertama, di bidang investasi. Saya ingin mengajak Jepang melakukan investasi di Natuna," kata Jokowi di Istana Merdeka, Jl Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Jumat (10/1/2020).

Indonesia dan Jepang sudah bekerja sama dalam pembangunan sentra kelautan dan perikanan terpadu fase pertama di Natuna. Jokowi berharap kedua negara menindaklanjuti pendanaan untuk fase kedua.

"Dan saya mengapresiasi kerja sama di Natuna, yaitu pembangunan sentra kelautan dan perikanan terpadu untuk fase pertama. Dan saya harapkan usulan pendanaan untuk fase kedua dapat segera ditindaklanjuti," ujar Jokowi.

Jokowi menilai Jepang salah satu mitra utama Indonesia, khususnya di bidang ekonomi. Pembahasan lebih dalam antara kerja sama Jepang dan Indonesia akan dibahas lebih lanjut hari ini di Kementerian Luar Negeri (Kemlu), Jakarta.

"Jepang adalah salah satu mitra utama Indonesia. Dan saya tahu, setelah ini Yang Mulia akan melakukan pertemuan dengan Menteri Luar Negeri Indonesia (Retno Marsudi, red) membahas kerja sama bilateral secara lebih detail," kata Jokowi.(*)

 Sumber : detik.com /  Editor : NOVA

Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM