Astagfirullah! Hujan Angin Mengamuk di Sumbar, Atap Rumah Warga Sampai Terbang


Jumat, 10 Januari 2020 - 13:05:36 WIB
Astagfirullah! Hujan Angin Mengamuk di Sumbar, Atap Rumah Warga Sampai Terbang Hujan deras melanda Kota Padang, Kamis (9/1/2020).

PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumbar menerima puluhan kejadian bencana setelah hujan dengan intensitas sedang hingga tinggi disertai angin kencang menerjang sejumlah wilayah Sumbar, Kamis (9/1/2020). Tidak ada korban jiwa dalam bencana tersebut.

Dikutip dari grub WhatsApp resmi Bencana Sumbar, Jumat (10/1/2020), tercatat bencana yang terjadi adalah pohon tumbang, genangan air, banjir dan angin kencang.

Bencana pohon tumbang terjadi di beberapa lokasi. Seperti, Kota Padang di Kecamatan Pauh tepatnya Sekolah MIN 4 Koto Luar Kelurahan Koto Luar, menimpa kabel listrik, pagar, sekolah dan menghambat akses jalan.

Begitu juga, di Kecamatan Nanggalo, Jalan Komplek Taruko Permai RT 04 RW 03, Kelurahan Tabing Banda Gadang, menimpa kabel listrik dan menghambat akses jalan.

Kemudian, di Kabupaten Padang Pariaman (Kecamatan V Koto Timur Nagari Kudu Ganting di Jorong Kampung Tanjung juga terjadi pohon kelapa tumbang pada pukul 17.40 WIB menimpa jalan Kudu Ganting menuju Kampung Dalam. Akibatnya, akses jalan tidak dapat dilewati.

Sedangkan di Jorong Tiga Jorong, pohon kepala tumbang menimpa rumah warga bernama Yevi Erwandi, umur 37 tahun, pekerjaan seorang wiraswasta, bersuku Jambak. Diperkirakan kerugian materi Rp10 juta.

Kabupaten Agam, Kecamatan Tanjung Mutiara Koto Lalang di Jorong Durian Kapeh Nagari Tiku Utara juga terjadi pohon tumbang pada pukul 16.30 WIB menimpa rumah bagian teras rumah warga bernama Wit Sofia Yenti, umur 34 tahun, suku Tanjung dengan jumlah 6 jiwa terdiri dari pasutri dan 4 anak. Ditaksir kerugian Rp1 juta.

Sementara, bencana banjir terjadi di Kabupaten Padang Pariaman, Nagari Lurah Ampalu Jorong Guguak, menyebabkan rumah warga terendam dengan ketinggian air lebih kurang 75 cm. Namun seketika air sudah surut saat hujan reda.

Demikian pula di Kabupaten Agam, Kecamatan Lubuk Basung, Nagari Lubuk Basung, Jorong Parit Panjang, menyebabkan sebanyak 12 unit rumah warga terendam dan badan jalan digenangi air dengan ketinggian mencapai 10 sampai 30 cm.

Hujan deras tersebut juga menyebabkan bencana angin kencang pada pukul 17.30 WIB di Kabupaten Agam, Kecamatan Ampek Nagari Bawan, Jorong Pasar Bawan. Akibatnya, 2 unit rumah rusak dan merobohkan bagian belakang. Pemilik rumah bernama Kutiyono, umur 46 tahun.

Bencana angin kencang tersebut juga menerbangkan atap rumah milik Jamaris dengan total kerugian mencapau Rp20 juta, dan 1 unit atap rumah atas nama Ramadan dengan kerugian materi mencapai Rp10 juta.

Selain itu, hujan deras yang terjadi di wilayah Sumbar juga menimbulkan genangan air di sejumlah titik. Seperti, di Kota Padang, Jalan Tanjung Komplek Dangau Teduh, RT 02 RW 04, Kelurahan Piai Tangah mencapai 20 cm.

Hal serupa juga terjadi di Kecamatan Padang Utara, Sekolah SDN 03 Alai Parak kopi, genangan air mencapai 20 cm. Sedangkan, Kecamatan Padang Selatan, Jalan Raya Jundul Rawang RT 03 RW 04 Kelurahan Rawang Barat terjadi genangan air mencapai 25 cm.

Menindak lanjuti kejadian bencana tersebut, Pusdalops PB BPBD Kota Padang Padang, Tim TRC PB BPBD Kabupaten Padang Pariaman, BPBD Kabupaten Agam serta TNI telah melakukan mengevakuasi pohon tumbang dan akses jalan lancar kembali.

Tidak ada korban jiwa dalam bencana tersebut, dan penanganan dalam memberikan bantuan berupa terpal, tikar, dan selimut juga telah dikirimkan oleh pihak BPBD. (h/milna)

Reporter : Milna /  Editor : Milna

Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Sabtu, 28 Maret 2020 - 22:26:56 WIB

    Astagfirullah! Pantai Kuta Bali Diguncang Gempa Beruntun

    Astagfirullah! Pantai Kuta Bali Diguncang Gempa Beruntun BALI, HARIANHALUAN.COM - Wilayah Pantai Kuta, Pulau Bali, diguncang lima gempa bumi beruntun Sabtu 28 Maret 2020. Berdasarkan data yang disiarkan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika, gempa terkini terjadi pukul 20:38 .

BERITA TERPOPULER Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM