Gubernur Sumbar Intruksikan Bupati dan Wali Kota Siaga Antisipasi Bencana


Jumat, 10 Januari 2020 - 13:48:06 WIB
Gubernur Sumbar Intruksikan Bupati dan Wali Kota Siaga Antisipasi Bencana Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno. Ist

PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Cuaca yang tidak menentu beberapa waktu ini membuat Pemerintah Provinsi Sumbar mengeluarkan instruksi kepada bupati dan wali kota untuk bersiaga menghadapi dan mengantisipasi bencana. Pasalnya, Sumbar sangat berpotensi terjadi bencana terutama banjir, banjir bandang, tanah longsor, gempa, tsunami, angin puting beliung, abrasi pantai, dan kebakaran hutan.

Instruksi yang tertuang dalam surat bernomor 360/80/BPBD/2020 tertanggal 10 Januari 2020 itu menyikapi informasi terkini dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) dan Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Kementerian Energi dan Sumberdaya Mineral.

Pertama, Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno mengintruksikan kepala daerah untuk melakukan inventarisasi, pemetaan/mapping daerah rawan bencana dan mensosialisasikan kepada masyarakat melalui kegiatan mitigasi dan pencegahan.

Kedua, menyiapkan sumber daya perangkat daerah, masyarakat dan dunia usaha dengan melakukan koordinasi secara teratur dengan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait, Basarnas, TNI/Polri, masyarakat/relawan penanggulangan bencana.

Ketiga, mengiventarisasi dan memastikan kondisi peralatan kebencanaan yang dimiliki masing-masing kabupaten/kota dalam keadaan berfungsi.

Keempat, melakukan upaya mitigas struktural, dan mitigasi non struktural dalam pengurangan resiko bencana. Kelima, mengaktifkan pos siaga pada daerah rawan bencana untuk percepatan penanganan.

Keenam, memprioritaskan anggaran untuk upaya penanggulangan bencana (mitigasi, kesiapsiagaan, peringatan dini, dan kedaruratan) di masing-masing daerah.

"Selanjutnya, melaporkan upaya mitigasi dan kesiapsiagaan yang telah dan sedang serta yang akan dilaksanakan di kabupaten/kota ke Gubernur Sumatera Barat melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah Provinsi Sumatera Barat," kata Irwan Prayitno.

Surat ini ditembuskan kepada Menteri Dalam Negeri, Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Kepala BMKG Pusat, Ketua DPRD Sumbar, DPRD Kabupaten/Kota Se-Sumbar, Kepala BMKG Statiun Geofisika Kelas I Padang Panjang, Kepala BMKG Statiun Meteorologi Kelas II Minangkabau. (*)

 Editor : Milna

Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM