Waspada..! Agam Mulai Dikepung Banjir


Jumat, 10 Januari 2020 - 15:34:24 WIB
Waspada..!  Agam Mulai Dikepung Banjir Rumah dan ruko di Jorong Pasar Bawan, Nagari Bawan, Kecamatan IV Nagari rusak akibat angin kencang. RAHMAT HIDAYAT

AGAM, HARIANHALUAN.COM -  Akibat tingginya intensitas hujan sejak sore kemarin sejumlah wilayah di Kabupaten Agam terkepung banjir. Setidaknya terdapat tiga kecamatan terdampak bencana.

Kepala Pelaksana Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Agam, M Lutfi Jumat (10/1) mengatakan, sejumlah wilayah di Kabupaten Agam terdampak bencana akibat curah hujan tinggi. 

"Curah Hujan sangat tinggi ditambah dengan angin kencang  melanda sejumlah wilayah di Kabupaten Agam, sejak Kamis (9/1) sore hingga Jumat. Wilayah rawan dan kerendahan terdampak," katanya 

Sedikitnya tiga kecamatan  terdampak banjir antara lain, Kecamatan Lubuk Basung, Kecamatan Ampek Nagari dan Kecamatan Tanjung Mutiara. Selain itu angin kencang menerbangkan atap rumah masyarakat di Ampek Nagari

"Hujan deras disertai angin kencang merusak rumah dan ruko di Jorong Pasar Bawan, Nagari Bawan, Kecamatan Ampek Nagari. Ada sekitar 2 unit rumah dan 1 ruko mengalami kerusakan," ungkapnya. 

Sementara, Jorong Parit Panjang, Nagari Lubuk Basung, Kecamatan Lubuk Basung terdapat 12 unit rumah terendam banjir.  Kemudian sejumlah rumah di Banda Baru. 

Selain itu angin kencang disertai curah hujan tinggi juga menumbangkan satu pohon yang menimpa rumah warga di Koto Lalang, Jorong Durian Kapeh, Nagari Tiku Utara, Kecamatan Tanjung Mutiara.

Menurut Lutfi, pihaknya sudah melakukan evakuasi evaluasi dan menyiagakan petugas untuk mengantisipasi dampak dari bencana. Tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini. 

"Menanggulangi peristiwa tersebut Tim BPBD Agam bersama pihak terkait sudah berada di masing-masing lokasi untuk melakukan pendataan dan tindakan," jelas Lutfi. (h/yat)

 

loading...
Reporter : Rahmat Hidayat /  Editor : Heldi
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]