Anda Sering Buang Air Kecil? Mungkin Ini Sebabnya


Jumat, 10 Januari 2020 - 16:03:24 WIB
Anda Sering Buang Air Kecil? Mungkin Ini Sebabnya ilustrasi buang air kecil

HEALTH, HARIANHALUAN.COM -- Sering bolak-balik ke toilet untuk buang air kecil tentu membuat risih. Di sisi lain, seberapa sering buang air kecil atau kencing sebenarnya adalah tanda yang sangat penting bagi kesehatan secara keseluruhan.

Dilansir dari Healthline, orang yang sehat dapat buang air kecil sebanyak empat hingga sepuluh kali dalam sehari. Jumlah rata-rata, bagaimanapun, biasanya antara enam dan tujuh kali dalam periode 24 jam. Meski demikian, seberapa banyak Anda kencing tergantung pada banyak faktor, antara lain:

  1. Usia
  2. Berapa banyak kamu minum dalam sehari
  3. Apa yang kamu minum (alkohol dan kafein dapat menyebabkan buang air kecil lebih banyak)
  4. Kondisi medis, seperti diabetes atau infeksi saluran kemih
  5. Penggunaan obat-obatan
  6. Ukuran kandung kemih

Beberapa kondisi medis pun dapat memengaruhi seberapa sering Anda buang air kecil, seperti inkontinensia atau retensi urine maupun masalah prostat untuk pria. Kondisi lain yang dapat menyebabkan buang air kecil berlebihan termasuk:

1. Diabetes
Jika Anda menderita diabetes atau diabetes yang tidak terdiagnosis, tambahan gula dalam aliran darah menyebabkan cairan bergeser sehingga Anda lebih sering buang air kecil.

2. Hipo atau hiperkalsemia
Jika kadar kalsium dalam tubuh Anda tidak seimbang, apakah terlalu tinggi atau terlalu rendah, ini dapat mengganggu aliran urine dalam tubuh Anda.

3. Anemia sel sabit
Kondisi ini dapat mempengaruhi fungsi ginjal dan konsentrasi urin. Hal ini dapat menyebabkan orang dengan anemia sel sabit berkemih lebih sering.

4. Infeksi saluran kemih (ISK)
Baik pria maupun wanita dapat mengembangkan kondisi medis ini. ISK dapat membuat Anda merasakan kebutuhan mendesak untuk buang air kecil. Biasanya disertai sensasi terbakar saat buang air kecil.

5. Hamil
Selama kehamilan, seorang wanita lebih sering berkemih karena perubahan cairan bersamaan dengan tekanan kandung kemih dari janin yang sedang tumbuh. Setelah lahir, seorang wanita akan mengalami peningkatan produksi urine hingga delapan minggu.

Jika Anda merasa terlalu sering kencing setiap hari dan dibuat khawatir, ada baiknya untuk menemui dokter. Terlebih jika disertai gejala berikut:

  • Demam dan sakit punggung
  • Ada darah di urine
  • Urine berwarna putih dan keruh
  • Urine berubah warna
  • Urine berbau kuat atau tidak normal

 Sumber : HiMedik /  Editor : Agoes Embun

Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Senin, 23 Maret 2020 - 21:50:48 WIB

    Anda Merasa Tertular Virus Corona? Ini yang Harus Dilakukan

    Anda Merasa Tertular Virus Corona? Ini yang Harus Dilakukan JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Screening massal virus corona COVID-19 mulai dilakukan pada kelompok berisiko, terutama yang memiliki riwayat kontak dengan pasien positif. Jika merasa sakit atau curiga tertular dari seseorang, ma.
  • Sabtu, 21 Maret 2020 - 09:34:21 WIB

    Hati-Hati! Makanan Enak Ini Malah Buat Imunitas Tubuh Anda Melemah

    Hati-Hati! Makanan Enak Ini Malah Buat Imunitas Tubuh Anda Melemah JAKARTA, HARIANHAALUAN.COM - Salah satu cara agar selamat dari virus Corona COVID-19 adalah dengan meningkatkan imunitas kita. Imunitas memang didapat dengan gaya hidup sehat dan makanan yang bergizi..
  • Sabtu, 21 Maret 2020 - 07:39:41 WIB

    Waspadai Diare, Jangan-jangan Anda Terinfeksi Corona

    Waspadai Diare, Jangan-jangan Anda Terinfeksi Corona JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Infeksi virus corona COVID-19 selama ini banyak dikaitkan dengan gejala khas demam, batuk, dan sesak napas. Penelitian terbaru mengungkap, diare juga banyak dikeluhkan pasien corona..
  • Sabtu, 21 Maret 2020 - 05:23:48 WIB

    Tetap Waspada Ya! Ini 5 Tanda Imun Tubuh Melemah

    Tetap Waspada Ya! Ini 5 Tanda Imun Tubuh Melemah JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -- Di tengah pandemi COVID-19 yang semakin banyak memakan korban dan belum ada vaksin yang ampuh untuk menyembuhkan, maka sistem imun atau daya tahan tubuh menjadi satu-satunya 'penyelamat' dalam k.
  • Kamis, 19 Maret 2020 - 19:45:52 WIB

    3 Tanda Terinfeksi Corona, Kamu Harus Isolasi Diri

    3 Tanda Terinfeksi Corona, Kamu Harus Isolasi Diri JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Virus Corona saat ini sudah dinyatakan sebagai pandemi virus oleh WHO. Pemerintah juga sudah mengharuskan setiap orang yang memiliki tanda-tanda terinfeksi Corona untuk mengisolasi diri di dalam ru.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM