WhatsApp Jadi Aplikasi Paling Menderita


Jumat, 10 Januari 2020 - 18:58:52 WIB
WhatsApp Jadi Aplikasi Paling Menderita WhatsApp

TEKNO, HARIANHALUAN.COM -- Seiring popularitasnya, WhatsApp menjadi aplikasi paling menderita tahun silam. Menderita di sini adalah WhatsApp menjadi aplikasi yang paling banyak diblokir terkait penutupan internet di berbagai negara. WhatsApp menderita 6.236 jam gangguan, berdasarkan studi dari Top10VPN. 

User di negara seperti Sri Landa dan Sudan menjadi yang paling banyak terdampak. Dikutip dari Independent, bukan tanpa alasan WhatsApp kena banyak cekal. Dia sering jadi andalan warga sipil untuk koordinasi saat terjadi kericuhan di sebuah negara.

"Menutupnya membuat hampir tidak mungkin bagi orang-orang untuk berkomunikasi di situasi seperti itu, memudahkan otoritas untuk menjaga cengkeraman kekuasaan," kata Samuel Woodhams, penulis laporan tersebut.

"Menakutkan betapa mudah pemerintahan otorites mematikan platform seperti WhatsApp atau bahkan internet secara keseluruhan. WhatsApp bergantung pada lisensi pemerintah dan dipaksa mematuhi permintaan pemerintah agar terus bisa beroperasi," paparnya.

Platform lain yang menderita gangguan signifikan tahun 2019 silam selain WhatsApp adalah Facebook, Twitter dan YouTube.
Studi ini mengestimasi kerugian ekonomi akibat pemblokiran internet secara global mencapai USD 8 miliar. Terjadi 122 pemblokiran skala besar di 21 negara.

Negara-negara yang paling terimbas adalah Irak, Sudan, India, Venezuela dan Iran. Pemblokiran internet atau WhatsApp seperti diketahui, biasanya dilakukan jika ada kerusuhan sipil. (*)

 Sumber : HiTekno /  Editor : Agoes Embun

Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Jumat, 03 April 2020 - 08:01:48 WIB

    Mau Akses Token Listrik Gratis? Lewat WhatsApp Saja

    Mau Akses Token Listrik Gratis? Lewat WhatsApp Saja JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -- Pemerintah melalui Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perppu) Nomor 1 tahun 2020 memutuskan untuk membebaskan biaya listrik pelanggan listrik golongan 450 VA. Per Desember 2019, terdap.
  • Jumat, 20 Maret 2020 - 07:44:42 WIB

    Akun Chatbot WhatsApp Corona Pemerintah Sudah Bisa Digunakan, Ini Caranya!

    Akun Chatbot WhatsApp Corona Pemerintah Sudah Bisa Digunakan, Ini Caranya! TEKNO, HARIANHALUAN.COM -- Setelah diumumkan Menkominfo Johnny G Plate, akun chatbot virus corona Covid-19 resmi pemerintah bisa dijajal masyarakat pada hari ini, Jumat (20/3/2020)..
  • Kamis, 19 Maret 2020 - 08:14:17 WIB

    Antisipasi Corona, WhatsApp Sediakan Pusat Informasi COVID-19

    Antisipasi Corona, WhatsApp Sediakan Pusat Informasi COVID-19 TEKNOLOGI,HARIANHALUAN.COM-Guna mendukung melawan pendemi COVID-19, WhatsApp meluncurkan Pusat Informasi COVID-19 WhatsApp, yang berkolaborasi dengan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), Dana Anak-Anak Perserikatan Bangsa-Bangsa.
  • Selasa, 17 Maret 2020 - 07:02:48 WIB

    WhatsApp Rilis Fitur Disappearing Messages, Apa Itu?

    WhatsApp Rilis Fitur Disappearing Messages, Apa Itu? JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -- Layanan pesan instan milik Facebook, yakni WhatsApp telah merilis fitur hapus pesan otomatis (Disappearing Messages) versi beta untuk WhatsApp versi 2.20.83 dan 2.20.84..
  • Kamis, 12 Maret 2020 - 06:41:01 WIB

    WhatsApp di Afrika Lebih Banyak Fiturnya, Kok Bisa Ya?

    WhatsApp di Afrika Lebih Banyak Fiturnya, Kok Bisa Ya? JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -- Bukan rahasia lagi kalau WhatsApp adalah aplikasi pesan instant terpopuler di dunia. Di luar fakta tersebut, banyak pengguna menginginkan lebih banyak fitur seperti pesan yang bisa dijadwalkan, a.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM