Pelabuhan Muara Batang Arau Segera Dirombak, Nelayan Bakal Diberi Rumah hingga Pabrik Es


Jumat, 10 Januari 2020 - 19:18:37 WIB
Pelabuhan Muara Batang Arau Segera Dirombak, Nelayan Bakal Diberi Rumah hingga Pabrik Es Wakil Gubernur Sumbar, Nasrul Abit. Ist

PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Pemprov Sumbar mengungkapkan saat ini PT. Pelindo II Teluk Bayur sedang merencanakan pembangun Pelabuhan Muara Batang Arau Padang dengan nilai investasi sekitar Rp500 miliar. Kini rencana itu tinggal menunggu izin hasil Analisis Mengenai Dampak Lingkungan (Amdal).

"Dalam rangka revitalisasi Pelabuhan Muaro Padang. Jadi Pelindo segera membangun, tinggal menunggu amdal dan andalalit di kota Padang segera akan diselesaikan," kata Wakil Gubernur Sumbar, Nasrul Abit, kemarin.

Karena ini menyangkut yang lain juga, kata Nasrul Abit, pihaknya akan menyiapkan lahan terintegrasi sepanjang 1,2 kilometer (km) mulai dari Muara Batang Arau Padang sampai Jembatan Gantung berwarna kuning. Selain itu, Pelindo juga akan memanfaatkan dermaga sebagai Maritim Center atau Pusat Informasi Maritim.

"Nanti arah hulu disiapkan juga untuk dermaga kapal persiar. Lebih kurang sekarang 20 buah ada di Bungus, mereka akan kita tarik ke Muara Padang, terus kapal barang ke Mentawai ditarik ke hulu, kita siapkan dermaganya, kita minta Pelindo yang menyiapkannya," ujar Nasrul Abit.

Terkait persoalan pengerukan, Nasrul meminta diambil alih oleh Balai Wilayah Sungai (BWS) Sumatera V. Sementara mengenai anggaran, pihaknya akan berkoordinasi dengan Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman (Kemenko Maritim).

"Jadi pengerukan itu akan dilakukan sepanjang 1,2 kg dari muara sampai jembatan gantung," ucap Nasrul Abit.

Oleh karena itu, Nasrul Abit menyarankan pada nelayan tradisional bersedia pindah ke Bungus. Lantaran, semua fasilitas menyangkut kesejahteraan nelayan telah dipersiapkan. Seperti, solar, pabrik es, doging terbaru, dan fasilitas lain sebagainya.

"Jadi bagi mereka yang pindah dari Muaro Padang ke Bungus kita siapkan perumahan. Kita minta semua dibangun 2020 oleh dinas PUPR supaya nelayan bisa pindah dan maritim center bisa segera dibangun," ulas Nasrul Abit.

Nasrul Abit berjanji akan memperjuangkan dan memperhatikan nasib nelayan yang terdampak pembangunan Muara Batang Arau Padang. Dia berharap nelayan bisa memahami kondisi perbaikan dalam rangka membenahi Muara Batang Arau Padang sebagai salah satu objek Kota Tua.

"Kota Tua kita dengan ada perbaikan insya Allah kota Padang bisa berkembang. Kita juga sudah ganti rugi (nelayan, red) di Gunung Padang tahun 1995," tukasnya. (h/milna)

 Editor : Milna

Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Sabtu, 08 Februari 2020 - 01:03:08 WIB

    PT. Pelindo II akan Menata Pelabuhan yang Dikelolanya

    PT. Pelindo II akan Menata Pelabuhan yang Dikelolanya PADANG, HARIANHALUAN.COM -- PT. Pelabuhan Indonesia II (Persero) Cabang Teluk Bayur atau PT. Pelindo II berencana akan melakukan penataan pelabuhan-pelabuhan yang dikelolanya. Hal ini dilakukan sebagai salah satu tugas pokok .
  • Kamis, 06 Februari 2020 - 23:43:03 WIB

    Rencana Disetujui, Teluk Tapang Bakal Jadi Pelabuhan Induk di Sumbar

    Rencana Disetujui, Teluk Tapang Bakal Jadi Pelabuhan Induk di Sumbar PADANG, HARIANHALUAN.COM -- General Manager PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) II Cabang Teluk Bayur, Wardoyo mengaku bahwa rencana integrasi Teluk Bayur telah disampaikan ke Pemprov Sumbar bersama Gubernur dan Wakil Gubernur, .
  • Sabtu, 06 Juli 2019 - 00:15:50 WIB

    Pemkab Pessel Ajukan Dokumen Pengembangan Pelabuhan Panasahan ke Pusat

    Pemkab Pessel Ajukan Dokumen Pengembangan Pelabuhan Panasahan ke Pusat PAINAN, HARIANHALUAN.COM - Rencana Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan, untuk melanjutkan pengembangan pelabuhan Panasahan Painan, Kacamatan IV Jurai, pada 2019 ini batal. Akibatnya pemerintah setempat mesti mereview kembali.
  • Kamis, 07 Februari 2019 - 16:40:35 WIB

    Pengembangan Pelabuhan Panasahan, Pessel Dapat Suntikan Dana Rp37 M dari Kemenhub

    Pengembangan Pelabuhan Panasahan, Pessel Dapat Suntikan Dana Rp37 M dari Kemenhub Kementerian Perhubungan pada 2019 ini bakal mengucurkan dana Rp37 miliar untuk pengembangan Pelabuhan Panasahan Kabupaten Pesisir Selatan. Ini merupakan alokasi dana tahap pertama untuk pengembangan dari dua tahap yang direnc.
  • Senin, 07 Januari 2019 - 13:37:39 WIB

    Pelanggan Teluk Bayur Apresiasi Sistem Kerja Pelabuhan

    Pelanggan Teluk Bayur Apresiasi Sistem Kerja Pelabuhan PADANG, HARIANHALUAN.COM – Dua pelanggan Pelabuhan Teluk Bayur, yakni PT Petrokopindo Cipta Selaras (PCS) dan PT Pelayaran Unggul Samudra Raya (PUSR) memberikan penghargaan kepada operator pelabuhan tersebut, dalam hal ini .
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM