1 dari 3 Pelaku Pembunuhan di Siberut Ditangkap


Jumat, 10 Januari 2020 - 19:20:43 WIB
1 dari 3 Pelaku Pembunuhan di Siberut Ditangkap Jumpa pers terkait penangkapan 1 dari 3 pelaku pembunuhan di Siberut.

MENTAWAI, HARIANHALUAN.COM - Setelah kurang lebih dua setengah tahun menjadi Daftar Pencarian Orang (DPO), Tak Ambek (60) satu dari tiga tersangka kasus pembunuhan yang terjadi di Dusun Saikoat, Desa Simatalu, Kecamatan Siberut Barat, pada kamis 28 September 2017 silam, akhirnya berhasil ditangkap polisi, Kamis (09/01) di Desa Simatalu.

Kapolres Mentawai AKBP Dodi Prawiranegara mengatakan dalam jumpa pers di Polres Mentawai, Jumat (10/01) penangkapan tersangka kasus pembunuhan terhadap Supian (60) warga Dusun Saikoat, Desa Simatalu, Kecamatan Siberut Barat tersebut, dilakukan berdasarkan laporan warga yang sempat melihat tersangka saat mengatakan anaknya ke sekolah.

"Setelah 2 tahun lebih akhirnya tersangka berhasil kita tangkap, saat itu dia turun dari hutan tempat persembunyiannya, lalu warga melihat tersangka sedang mengantarkan anaknya ke sekolah. Kemudian warga tadi melaporkannya ke Polsek terdekat, kemudian pihak Polsek mengamankan dan dibawa ke Polres," terangnya.

Ia menyebutkan bahwa masih ada 2 tersangka lainnya yang masih DPO yakni Parulian (33) dan Oiloten (36) yang masih bersembunyi di hutan. Keduanya tak lain adalah anak dari Tak Ambek. Kata Dodi, pelaku utama pembunuhan adalah Oiloten, sementara Tak Ambek ikut terlibat dalam penggalian tanah kuburan korban.

"Tersangka ikut membantu anaknya (pelaku atas nama Oiloten, red) menggali tanah untuk mengubur korban. Namun sebelum lari ke hutang para tersangka sempat melakukan ritual agar tidak dihantui arwah korban, kemudian akibat perbuatannya tersebut Tak Ambek dijerat pasal 340 jo pasal 338 jo pasal 55 KUHP Pidana," terang dodi.

Selanjutnya Dodi mengingatkan kedua DPO yang masih bersembunyi tersebut segera menyerahkan diri. Ia juga meminta kepada warga yang melihat tersangka, segera melaporkannya kepada Polsek. "Untuk keaman pelapor kita jamin, jadi silakan laporkan kepada kepolisian terkait keberadaan tersangka," timpalnya. (h/red)

Reporter : Redi /  Editor : Heldi

Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM