Rekor Baru Lagi, Angka Kemiskinan Kota Padang Turun Jadi 4,48 Persen


Jumat, 10 Januari 2020 - 19:31:10 WIB
Rekor Baru Lagi, Angka Kemiskinan Kota Padang Turun Jadi 4,48 Persen Wali Kota Padang, Mahyeldi Ansharullah. Ist

PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Wali Kota Padang, Mahyeldi Ansharullah mengatakan, angka kemiskinan di Kota Padang pada tahun 2019 turun menjadi 4,48 %, dimana pada tahun 2018 berada pada besaran 4,70 % dan 4,76 % di tahun 2017, sesuai data yang telah dirilis Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Padang.

Informasi ini sekaligus menjawab target yang disampaikan pada rapat koordinasi Tim Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan Daerah (TKPKD) Kota Padang di Pangeran Beach Hotel pada akhir 2019 lalu.

Pemko Padang menargetkan angka kemiskinan turun menjadi 4,6 % di tahun 2019 dari 4,7 % di tahun 2018. Target tersebut bisa tercapai dengan cara menggunakan Basis Data Terpadu (BDT) sebagai data sasaran dalam pelaksanaan program penanggulangan kemiskinan, dan menyinergikan seluruh program pengentasan kemiskinan yang dilaksanakan pemerintah pusat, provinsi dan kabupaten/kota, serta mengoptimalkan peran TKPKD.

TKPKD Kota Padang merupakan wadah yang menaungi seluruh pihak yang terkait secara langsung atau tidak langsung dalam penanggulangan kemiskinan, baik yang berasal dari pemerintah daerah, instansi vertikal, perguruan tinggi, LSM, dan dunia usaha, dengan tujuan agar penanggulangan kemiskinan dilakukan dengan terintegrasi, terpadu dan sistematis, dengan melibatkan banyak pelaku dari proses perencanaan, pelaksanaan, hingga evaluasi pelaksanaan program.

TKPKD Kota Padang telah menunjukkan komitmen pengentasan kemiskinan di Kota Padang dengan menjalankan program penanggulangan kemiskinan yang telah dipetakan oleh Pemko Padang menjadi 4 bidang prioritas yaitu: pendidikan, kesehatan, infrastruktur dan pengembangan ekonomi kerakyatan.

Serta membagi masyarakat miskin atau rumah tangga miskin menjadi 3 kluster; daerah pesisir, daerah pertanian dan daerah perkotaan.

Tidak hanya penurunan persentase angka kemiskinan, Mahyeldi juga menyampaikan penurunan persentase angka pengangguran.

Pada tahun 2019, angka pengangguran di Kota Padang 8,76 %, jumlah ini menurun dibanding tahun 2018 yaitu 9,18 % dan tahun 2017 sebesar 9,44%.

Terkait hal itu, Wali Kota Padang menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh OPD dan pihak terkait yang telah bersinergi dalam program pengentasan kemiskinan, serta penurunan angka pengangguran di Kota Padang dan berharap kinerja tersebut dapat ditingkatkan untuk tahun berikutnya. (h/*)

 Sumber : Humas Kota Padang /  Editor : Milna

Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Senin, 13 Agustus 2018 - 20:33:29 WIB

    RS Aisiyah Padang Aksi Pemecahan Rekor MURI Operasi Bibir Sumbing

    RS  Aisiyah   Padang  Aksi Pemecahan  Rekor MURI  Operasi Bibir Sumbing PADANG, HARIANHALUAN.COM—Menyambut HUT Kemerdekaan RI ke-73, Rumah Sakit Umum Aisyiyah Padang ikut serta mencetak rekor Muri kategori operasi serentak bibir sumbing. Aksi sosial tersebut digelar bersama Persatuan Ahli Beda.
  • Senin, 11 September 2017 - 02:04:23 WIB

    Lomba Ikan Cupang Raih Rekor MURI

    PADANG, HALUAN--Museum Rekor Indonesia (MURI) menyerahkan piagam kepada panitia lomba ikan cupang hias internasional, di Hotel Imelda, Gadut, Padang, Sumatera Barat, Hari Minggu (10/9), sebagai rekor MURI yang baru den.
  • Rabu, 16 Desember 2015 - 04:21:50 WIB
    3.000 Investor Saham Terbanyak

    UPI Pecahkan Rekor Muri

    UPI Pecahkan Rekor Muri PADANG, HALUAN — Universitas Putra Indonesia YPTK Padang bekerja sama dengan Bursa Efek Indonesia (BEI) dari PT First Asia Capital berhasil menciptakan 3.200 investor saham baru di UPI YPTK Padang dalam waktu 2,5 bulan. Pen.
  • Rabu, 29 Juli 2015 - 19:51:16 WIB

    Padang Rekor Ungkap Kasus Peredaran Narkoba

    PADANG, HALUAN — Kota Padang, Payakumbuh dan Pasaman Barat menjadi titik rawan peredaran narkoba di Sumatera Barat (Sumbar) pada semester satu tahun 2015. Ternyata Kota Padang berhasil menjadi rekor nomo.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM